Kawaii Beauty Japan

Food

Jenis-Jenis Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Miss V

Ingin daerah Miss V selalu sehat? Tak hanya menjaga kebersihannya, kamu pun perlu mengonsumsi jenis makanan tertentu agar Miss V terjauh dari penyakit dan infeksi.

Santi Berlinawati

Makanan ternyata sangat berpengaruh bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Tak terkecuali bagi kesehatan daerah kewanitaanmu. Dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, kamu akan terhindar dari ketidaknyamanan akibat infeksi bakteri, infeksi jamur, kram, kekeringan dan masalah lain yang sering terjadi pada vagina atau yang juga sering disebut Miss V. Yuk simak makanan apa saja yang baik untuk Miss V-mu!

Untuk Menanggulangi Infeksi Saluran Kemih

Teh hijau untuk menanggulangi infeksi

Jus cranberry dipercaya mampu mengatasi infeksi saluran kemih. Cranberry memiliki kandungan yang dapat menghentikan infeksi yang disebabkan oleh bakteri yang menempel pada jaringan di dinding kandung kemih. Sayangnya jus cranberry memiliki kandungan gula yang tinggi, yang mungkin membuatmu tidak ingin mengonsumsinya setiap hari.

Sebagai gantinya, coba saja teh hijau. Hasil studi menunjukkan jika kandungan catechins di dalam seduhan teh hijau memiliki efek antimikroba yang sangat ampuh untuk menanggulangi infeksi saluran kemih. Dengan minum teh hijau, catechins akan melewati saluran kemih, mengurangi bakteri, sehingga menurunkan resiko infeksi. Minumlah 2 hingga 3 cangkir teh hijau setiap harinya.   

Untuk Mengatasi Kram

Omega 3 untuk mengatasi kram perut akibat menstruasi

Jika menstruasimu selalu diiringi dengan kram perut, perbanyaklah makan ikan. Kram selama menstruasi disebabkan oleh pelepasan senyawa inflamasi yang disebut dengan prostaglandin, yang membantu otot-otot rahim berkontraksi dan mengeluarkan darah menstruasi. Namun, dengan asam lemak omega 3 yang terkandung di dalam ikan, seperti salmon dan tuna, rasa tidak nyaman tersebut dapat segera dikurangi.   

Untuk Mencegah Infeksi Jamur

Yogurt untuk mencegah infeksi jamur pada Miss V

Miss V yang sehat merupakan tempat tinggal bagi berbagai macam lactobacillus, yaitu jenis bakteri baik yang menjaga keseimbangan kadar pH di daerah kewanitaanmu. Selain lactobacillus, jamur juga suka bersarang di sana, termasuk jamur candida. Pada kondisi normal, keasaman yang dihasilkan lactobacillus dapat mengendalikan pertumbuhan jamur sehingga tidak berlebihan. Namun, hal itu bisa terganggu karena penggunaan antibiotik, faktor menopause, diabetes, atau bahkan penggunaan alat KB atau terapi hormon. Akibatnya, kamu pun lebih riskan terkena infeksi jamur.

Untuk mencegahnya, konsumsilah makanan-makanan probiotik, seperti plain yogurt, asinan kubis, kimchi, tempe, atau miso. Probiotik dapat membantu keseimbangan bakteri di daerah kewanitaan, serta menjaga pH-nya agar selalu dalam kadar yang sehat.      

Untuk Mengurangi Kekeringan

Cara mengurangi kekeringan pada Miss V

Kekeringan pada vagina atau Miss V terjadi karena berkurangnya hormon estrogen yang disebabkan oleh menopause, melahirkan, menyusui, dan penggunaan obat-obatan alergi dan demam. Untuk menguranginya, makanlah lebih banyak makanan berbahan kedelai. Kedelai mengandung isoflavins yang bersifat menyerap air ke jaringan tubuhmu.

Untuk Aktivitas Ranjang

Kesehatan Miss V untuk keharmonisan bersama pasangan

Berdasarkan studi, apel ternyata sangat bagus untuk kehidupan seksual seorang wanita. Mengkonsumsi lebih dari 1 buah apel setiap hari dapat meningkatkan lubrikasi dan fungsi seksual dibandingkan mereka yang mengkonsumsinya kurang dari itu. Hal tersebut berkaitan dengan kandungan phloridzin yang meniru hormon seks estradiol wanita, serta polyphenol yang meningkatkan aliran darah ke jaringan di daerah vagina sehingga akan mempermudah orgasme.   

Mulai kini, jaga daerah kewanitaanmu dengan mengkonsumsi makanan yang tepat, yuk!

Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait