Kawaii Beauty Japan

Makeup

8 Kesalahan dalam Penggunaan Foundation yang Sering Kamu Lakukan

Siapa sih yang tak sering menggunakan foundation? Namun, apa kamu yakin tidak melakukan kesalahan ini dalam menggunakan foundation?

Hikma Adriani

Foundation memiliki fungsi utama untuk menyamarkan bintik hitam di wajah ini, pasti sudah familiar kamu gunakan untuk kegiatan sehari-hari. Menemukan foundation yang tepat kadang tidak semudah kedengarannya, begitupun saat mengaplikasikannya ke wajah. Meski kamu sudah merasa handal dalam make up, kamu mungkin masih melakukan beberapa kesalahan umum berikut saat menggunakan foundation. Berikut adalah kesalahan dalam pemakaian foundation yang sering dilakukan pada wanita.

Mengetes Foundation di Bawah Pencahayaan yang Salah

Mengetes foundation

Pencahayaan adalah faktor yang sangat penting saat mengetes warna foundation. Cobalah mengetes foundation di kulit, lalu setelah 15 menit, pergi ke bawah cahaya matahari untuk melihat warna aslinya. Foundation cenderung mengoksidasi saat terkena panas alami dari kulitmu setelah beberapa menit, jadi penting untuk menunggu sampai foundation-nya benar-benar teroksidasi, lalu lihatlah di bawah cahaya terang. 

Memilih Tekstur Foundation yang Salah

Salah memilih tekstur foundation

Jika kamu memiliki kulit kering, matte foundation akan membuat kulit terlihat semakin kering, sementara kamu yang kulitnya berminyak malah memilih foundation tabur, padahal sebetulnya foundation berbahan dasar air lah yang seharusnya dipilih.

Menggunakan Foundation yang Warnanya Terlalu Terang

Penggunaan foundation yang salah

Jika kamu memiliki kulit putih, bukan berarti kamu harus memilih foundation dengan shade yang paling terang. Jika kamu memilih di antara dua shade yang berbeda, selalu pilih yang warnanya sedikit lebih gelap, karena warnanya akan menyatu sempurna dengan kulit wajahmu. 

Mencoba Mendapatkan Kulit Wajah Kecoklatan dengan Foundation

Mendapatkan kulit wajah yang kecoklatan

Memang, shade foundation yang cocok adalah yang warnanya sedikit lebih gelap. Namun, itu bukan berarti kamu bisa mendapatkan tampilan tan dengan foundation. Selalu gunakan foundation yang sesuai dengan tone wajah. Jika ingin mendapatkan tampilan tan, gunakan bronzer setelahnya. 

Menggunakan Formula yang Salah

Penggunaan formula yang salah

Foundation dengan coverage yang berat dan full memang baik untuk menutupi berbagai kekurangan pada wajah, tapi sulit sekali untuk membuatnya terlihat pas. Jadi, selalu pilih foundation dengan medium coverage. Jika ingin menutupi kekurangan pada kulit wajah yang tidak mampu ditutupi medium coverage foundation, kamu bisa gunakan concealer hanya di area-area yang bermasalah, lalu aplikasikan foundation ringan dengan menggunakan sikat lembut yang besar untuk memastikan concealer dan foundation-nya menyatu sempurna. 

Tidak Meratakan Foundation

Meratakan foundation

Banyak dari kita yang menggunakan jari untuk meratakan foundation, dan cara ini meninggalkan garis-garis yang terlihat tidak natural di wajah. Selain itu, warnanya juga jadi tidak menyatu dengan warna kulit wajah, sehingga hasilnya bisa belang. Jadi, selalu ratakan foundation dengan spons yang tidak ada pinggirannya (spons berbentuk telur), karena spons ini akan meratakan warna sehingga hasilnya lebih natural.

Lupa Mengaplikasikan Foundation di Leher

Mengaplikasikan foundation ke leher

Salah satu dari kesalahan fatal yang sering kita lakukan saat menggunakan foundation adalah tidak mengaplikasikannya di garis leher, sehingga wajah dan leher terlihat belang dengan dua warna kulit yang berbeda. 

Menambahkan Bedak Tabur sebagai Makeup Set

Menggunakan bedak tabur

Ketika kamu mengetes foundation dan mencobanya di wajah, jangan menambahkan bedak tabur lagi. Hampir semua modern foundation sekarang ini tidak perlu lagi ditaburi bedak sebagai "pengunci" make up. Kebiasaan menambahkan bedak ini akan sangat buruk jika kamu menggunakan mineral foundation yang menampilkan hasil bersinar. Bedak akan mengurangi efek sinarnya. 

Tidak Menggunakan Foundation Sama Sekali

Tidak menggunakan foundation

Banyak dari kita yang merasa concealer saja sudah cukup, ditambah sedikit bedak tabur, untuk mendapatkan hasil natural. Namun, bukan seperti itu caranya untuk mendapatkan make up natural. Tidak memakai foundation sebagai dasar akan membuat kulit terlihat pucat, atau malah keabu-abuan. 

Nah, itu dia kesalahan dalam penggunaan foundation yang bisa jadi seringkali kamu lakukan. Sekarang, kamu bisa menggunakan foundation dengan tepat sehingga pemakaiannya pun bisa tahan lama di wajahmu. Semoga bermanfaat, ladies.

 

Tagged in:
Hikma Adriani
Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.
Share this article

Artikel Terkait