Foto Tips Make Up Mata agar Terlihat Lebih Besar

Tips Make Up Mata agar Terlihat Lebih Besar

Matamu sipit? Yuk pelajari tips ini untuk membuat matamu terlihat lebih besar!

Setiap orang tentunya memiliki bentuk mata yang berbeda-beda, hal ini biasanya disebabkan karena keturunan (genetis). Nah, untuk kamu yang memiliki bentuk mata lebar atau sedang mungkin tidak menjadi masalah, tapi bagaimana dengan bentuk mata yang kecil dan sipit? Tenang, kamu nggak perlu minder kok karena ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk membuat matamu terlihat lebih besar.

BACA JUGA: Mau Tampil Cantik dan Flawless ala Perempuan Jepang? Cek Tips Make Up Jitu Ini!

Para wanita di Jepang umumnya memiliki bentuk mata yang kecil atau sipit. Akan tetapi, coba kamu perhatikan deh mereka seperti memiliki mata yang lebar dan indah bukan? Kamu juga bisa memiliki tampilan mata lebih besar dengan langkah-langkah berikut ini:

1. Sebelum Make Up Mata, Pakai Lensa Kontak atau Softlens

Menggunakan softlens adalah salah satu cara untuk membuat matamu terihat lebih besar. Sekarang ini sudah banyak sekali softlens yang menawarkan berbagai macam warna, motif dan model. Untuk kamu yang ingin memberikan efek mata besar, kamu bisa memilih softlens dengan diameter yang lebih besar. Jika kamu memiliki bentuk mata yang kecil, tidak disarankan menggunakan softlens dengan diameter yang terlalu besar, karena akan membuat kamu merasa tidak nyaman.

Oleh karena itu, kamu bisa memilih softlens berdiameter sedang dengan motif lingkaran atau ring pada bagian luar kemudian sempurnakan dengan make upmata. Untuk memilih softlens yang nyaman, jangan lupa perhatikan tanggal kadaluwarsa dan tingkat kadar airnya. Semakin tipis softlens dan rendah kadar airnya, maka akan semakin nyaman saat digunakan. Jangan lupa untuk selalu memakai softlens sebelum memulai langkah make upmu ya!

BACA JUGA: Tips Memakai Softlens dengan Benar

2. Pulaskan Eyeshadow 

Setelah menggunakan softlens, saatnya kamu menyapukan eyeshadow ke kelopak mata agar efek mata lebih besar semakin terlihat. Triknya adalah dengan memulaskan eyeshadow dengan warna terang di sudut dalam mata, putih atau silver misalnya. Mengapa? Karena warna terang pada sudut dalam mata akan memberikan ilusi mata lebih lebar dan lebih segar. Setelah itu, bubuhkan eyeshadow dengan warna lebih gelap pada seluruh kelopak mata seperti coklat tembaga atau nude dengan efek shimmering sehingga mata terlihat lebih dalam dan tajam. Finishing terakhir ini akan memberikan efek kelopak mata yang terlihat lebih jelas.

Tips: untuk kamu yang memang tidak memiliki kelopak atau monolid, jangan lupa tempelkan scotch tape sebelum memulaskan eyeshadow untuk ‘membuat’ kelopak

BACA JUGA: 7 Produk Kecantikan Jepang yang Disukai Wanita

3. Goreskan Eyeliner Agar Mata Terlihat Lebih ‘Hidup’

Jika alis adalah bingkai wajah, maka eyeliner merupakan bingkai mata. Tampilan mata yang lebih segar juga bergantung pada intensitas dan garis eyeliner yang diaplikasikan. Oleh karena itu, kamu harus memperhatikan warna, ketebalan, dan lekuk eyeliner. Hal ini penting karena perbedaan ketiga hal tersebut juga bisa memberikan efek yang berbeda. Untuk memberikan efek mata lebih besar, bentuklah eyeliner lebih tipis pada kelopak mata atas bagian dalam, kemudian menebal pada bagian sudut luar kelopak matamu. Bentuk eyeliner ini akan membentuk mata kecilmu menjadi terlihat lebih lebar. Setelah itu, gariskan juga eyeliner pada bagian bawah kelopak mata dimulai dai sudut luar menyambung dari eyeliner atas. Aplikasikan hingga batas pupil atau hanya setengah kelopak saja. Hal ini guna memberikan kesan mata yang lebih besar dan tegas tanpa memberikan kesan mata yang tajam atau fierce. Setelah itu, kamu juga bisa memberikan efek lebih dengan mengaplikasikan eyeliner warna putih diwaterline bawah mata.

Tips: Jika matamu sayu atau cenderung turun di sudut luar, aplikasikan gaya eyeliner cat eye; yaitu menukik di sudut luar agar mata lebih segar dan tidak terlihat mengantuk

4. Wink-Wink; Gunakan Bulu Mata Palsu untuk Efek Dramatis

Bulu mata palsu merupakan salah satu tools make up favorit para wanita di Jepang. Faktanya, hamper seluruh wanita di Jepang menggunakan bulu mata untuk menyempurnakan make up sehari-hari mereka. Jika kamu berkunjung ke Jepang, maka kamu dapat menemukan berbagai bentuk bulu mata palsu dengan tingkat ketebalan yang berbeda-beda.

Bulu mata pun umumnya memiliki fungsi yang berbeda-beda dan diperuntukkan untuk bentuk mata yang berbeda. Bulu mata dengan desain soft criss-cross(saling silang) misalnya, memberikan kesan lembut dan natural karena susunanny serupa dengan pertumbuhan bulu mata alami kita.

Selain itu, salah satu ciri khas make up mata ala Jepang adalah penggunaan bulu mata di atas dan bawah kelopak. Penggunaan bulu mata palsu di atas dan bawah ini akan memberikan efek dramatis pada mata sehingga lebih dolly.Setelah itu, akhiri langkah make up matamu dengan menjepit bulu mata agar bulu mata alami dan palsu menyatu dan tidak terlihat ‘fake’.

Akan tetapi, jika kamu merasa bulu mata palsu itu too much atau tidak menyukai pemakaiannya, kamu bisa menggunakan maskara. Untuk kamu yang berbulu mata sedikit dan tipis, sebaiknya pilih maskara dengan efek volume. Sementara itu, untuk kamu yang berbulu mata sedang, sebaiknya pilih yang memanjangkan, agar lebih lentik. Jangan lupa untuk menjepit bulu mata terlebih dahulu sebelum mengaplikasikan maskara agar hasil akhir bulu mata lebih lentik ya!

BACA JUGA: Buat Sendiri Maskaramu!

 

 

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Tampil Cantik dan Fresh  bersama Brand Lokal Emina Cosmetics

Tampil Cantik dan Fresh bersama Brand Lokal Emina Cosmetics

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
FEEL THE COLOR: Wardah ajak Wanita Indonesia untuk Bereksperimen

FEEL THE COLOR: Wardah ajak Wanita Indonesia untuk Bereksperimen

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tutorial Makeup Wajah Bergaya Retro Seperti Zendaya

Tutorial Makeup Wajah Bergaya Retro Seperti Zendaya

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Makeup 101: Panduan Membeli Palette Eyeshadow Asli dan Murah

Makeup 101: Panduan Membeli Palette Eyeshadow Asli dan Murah

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Tidak Perlu ke Salon, Tutorial Cantik untuk  Wisuda

Tidak Perlu ke Salon, Tutorial Cantik untuk Wisuda

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
One Brand Tutorial untuk Cantik di Siang dan Malam Hari

One Brand Tutorial untuk Cantik di Siang dan Malam Hari

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Trik Menutupi Lingkaran Hitam Mata dengan Concealer

Trik Menutupi Lingkaran Hitam Mata dengan Concealer

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
2 Trik Makeup Wajah Flawless untuk Selfie Sempurna di Instagram

2 Trik Makeup Wajah Flawless untuk Selfie Sempurna di Instagram

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani