Foto Cara Mengatasi Jerawat dengan 5 Toner Wajah Alami

Cara Mengatasi Jerawat dengan 5 Toner Wajah Alami

Foto Marga Apsari
Ingin mengatasi jerawat tapi takut alergi dengan bahan kimia? Yuk, cek cara mengatasinya dengan toner wajah alami berkut ini!

Menggunakan toner merupakan salah satu ritual perawatan kulit yang sangat penting, ladies! Dari sekian banyak rangkaian perawatan kulit, tidak sedikit wanita yang masih kurang memahami manfaat dari menggunakan toner. Umumnya, toner merupakan cairan berbasis air dengan konsistensi seperti cuka. Toner juga dilengkapi dengan bahan-bahan aktif untuk membantu mengatasi masalah kulit.

Manfaat toner antara lain adalah untuk menenangkan, memperbaiki dan menghaluskan kulit dengan mengurangi bintik hitam, serta meminimalisir kemerahan dan peradangan. Toner juga bisa membantu mempersiapkan kulit sebelum memakai serum dan perawatan lainnya. Dengan demikian, pemakaian skin care lainnya tersebut akan lebih terserap dan dapat bekerja lebih optimal.

Karena manfaatnya untuk menyerap kotoran serta mengontrol minyak dalam pori-pori, toner sangat dianjurkan untuk dipakai bagi pemilik kulit berimyak dan berjerawat. Namun, kebanyakn toner yang dijual di pasaran membuat jerawat terasa perih akibat kandungan bahan kimia. Untuk menghindari alergi dan rasa tidak nyaman tersebut, kamu dapat menggunakan toner dari bahan alami untuk mengatasi jerawatmu, ladies!

Cara Mengatasi Jerawat dengan 5 Toner Wajah Alami

Berikut ini adalah cara mengatasi jerawat dengan 5 toner wajah alami yang bisa kamu coba di rumah:

1. Cuka Apel

Cara mengatasi jerawat dengan cuka apel

Cuka apel sangat dikenal sebagai salah satu bahan pengobatan alami untuk berbagai masalah kecantikan. Kandungan pH dalam cuka apel dapat membantu menyeimbangkan pH pada kulit wajah serta membunuh bakteri penyebab jerawat. Cara mengatasi jerawat dengan toner cuka apel adalah dengan mengusapkannya langsung pada kulit wajah menggunakan kapas. Apabila kulitmu termasuk yang sensitif, kamu bisa menambahkan air dengan perbandingan 1:1 atau lebih. Hal ini dikarenakan keasamannya yang cukup tinggi membuat cuka apel rentan membuat kulit sensitif menjadi iritasi.

2. Teh Hijau

Cara mengatasi jerawat dengan teh hijau

Teh hijau banyak dikenal karena kandungan antioksidannya yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Tidak hanya bagus untuk merawat kulit kering, kandungan antioksidan pada teh hijau juga dapat membantu mengatasi jerawat yang mengganggu. Senyawa katekin pada teh hijau juga dapat mencerahkan kulit serta menghilangkan flek hitam atau bekas jerawat. Cara mengatasi jerawat dengan toner teh hijau adalah dengan menyeduh daunnya dengan air panas, lalu biarkan dingin. Selanjutnya, tambahkan satu sendok makan ekstrak witch hazel yang bisa kamu dapatkan di toko obat organik, lalu kocok hingga merata dan simpan di botol. Oleskan toner menggunakan kapas ke wajahmu setelah membersihkan wajah.

3. Mentimun

Cara mengatasi jerawat dengan mentimun

Kandungan air pada mentimun sangat banyak, sehingga cocok untuk mengatasi kulit berjerawat yang sensitif. Kandungan asam askorbat pada mentimun juga membuatnya efektif untuk mengatasi peradangan akibat jerawat. Cara mengatasi jerawat dengan toner mentimun adalah dengan menghaluskannya, lalu saring dan gunakan airnya. Kamu bisa menamabahkan jus lemon untuk hasil yang lebih optimal.

4. Lemon

Cara mengatasi jerawat dengan lemon

Buah dengan kandungan vitamin C yang sangat tinggi membuat lemon baik untuk mengatasi masalah kulit berminyak dan berjerawat. Tidak hanya itu, lemon juga dapat membantumu menghilangkan flek hitam, mengangkat sel kulit mati, serta mencerahkan wajah. Cara mengatasi jerawat dengan toner lemon adalah dengan mencampur beberapa perasan lemon dengan air putih. Lalu, aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan dengan menggunakan kapas.

5. Garam Himalaya

Cara mengatasi jerawat dengan garam himalaya

Garam Himalaya memiliki kandungan 84 mineral alami yang sangat penitng untuk kesehatan dan kecantikan. Dalam hal kecantikan, garam Himalaya dapat membantu mengatasi masalah jerawat karena kandungan antiseptiknya. Tidak hanya itu, garam Himalaya juga dapat dijadikan bahan eksfoliasi alami untuk mengangkat sel kulit mati. Cara mengatasi jerawat menggunakan garam Himalaya ini adalah dengan melarutkannya dalam air hangat, kemudian gunakan setiap pagi dan malam hari setelah membersihkan wajah.


Nah, toner alami manakah yang menjadi pilihanmu, ladies? Apapun pilihan toner alamimu, pastikan kamu menggunakannya secara rutin agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba!

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini