Foto Tips Hidup Sehat Selama Bulan Ramadan

Tips Hidup Sehat Selama Bulan Ramadan

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Bulan Ramadan sedang berlangsung, ladies! Segera susun strategi untuk menjaga pola hidup sehat saat berpuasa dengan tips berikut!

Pola hidup sehat harus selalu kita perhatikan, tidak hanya saat hari-hari biasa, pada bulan ramadhan pun pola hidup sehat ini harus tetap kita jaga agar pada bulan yang penuh berkah ini kita tidak mengurangi produktifitas karena faktor cepat lelah. Hal ini tentu saja dapat kamu cegah dengan menerapkan pola hidup sehat pada bulan ramadhan yang akan kita bahas berikut ini.

Tips Hidup Sehat Selama Bulan Ramadan

Mau tahu bagaimana cara menjaga pola hidup sehat di bulan Ramadan? Berikut info selengkapnya mengenai tips hidup sehat selama bulan Ramadan!

1. Sahur dan Berbuka dengan Menu yang Sehat

Tips hidup sehat selama bulan Ramadan

Makanan pada saat sahur dan berbuka tentu saja sangat berpengaruh pada kesehatan tubuh kita di bulan Ramadan, ladies! Maka dari itu, perlu dibuat daftar menu sahur dan berbuka yang memasukkan makanan sehat di dalamnya, termasuk buah dan sayur. Jangan sesekali mengonsumsi junk food pada saat sahur maupun berbuka karena hal ini dapat menimbun lemak jahat dalam tubuhmu.

Selain itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi es saat berbuka puasa karena dapat menyebabkan semakin lambatnya sirkulasi darah dan proses pencernaan. Hal inilah yang membuat banyak orang yang merasa pusing setelah mengonsumsi es pada saat berbuka.

2. Perbanyak Minum Air Putih Pada Malam Hari

Tips hidup sehat di bulan Ramadan

Tak bisa dipungkiri, kebutuhan air dalam tubuh kita memang sangat penting. Apalagi saat kita berpuasa, tubuh kita tentu saja terancam dengan bahaya dehidrasi karena air yang kita konsumsi kurang dari batas minimal, yaitu 8 gelas per hari.

Maka dari itu, untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap sehat pada bulan ramadhan, sangat penting bagi kamu untuk memperbanyak konsumsi air pada malam hari dengan batas minimal tersebut agar kebutuhan air dalam tubuh terpenuhi. Hindari minuman energi yang yang mengandung soda, ganti dengan air kelapa yang memang memiliki manfaat untuk menggembalikan stamina tubuhmu.

3. Mengonsumsi Vitamin dari Buah dan Sayur

Tips hidup sehat di bulan Ramadan

Kondisi tubuh pada bulan ramadhan memang sangat rentan penyakit karena menurunnya daya tahan tubuh kita saat berpuasa, tapi hal ini dapat kita hindari dengan mengonsumsi cukup vitamin pada saat sahur dan berbuka. Vitamin yang paling baik terdapat pada sayur dan buah-buahan, maka dari itu usahakan untuk selalu mengonsumsi sayur dan buah pada saat sahur maupun berbuka. Mengonsumsi buah dan sayur dapat menambah energimu saat berpuasa sehingga kamu tidak mudah lelah dan produktifitas tetap terjaga.

4. Cukup Tidur

Tips hidup sehat di bulan Ramadan

Mengatur pola tidur pada bulan ramadhan memang sangat penting, mengingat banyaknya aktifitas tambahan yang harus kita lakukan pada malam hari, seperti bangun untuk makan sahur, dan sebagainya. Hal ini berpotensi mengurangi waktu tidurmu dan menyebabkan tubuh cepat lelah pada siang hari. Maka dari itu sangat penting untuk mengatur pola tidur ini, usahakan untuk selalu tidur pada siang hari agar tubuh lebih segar. Jangan tidur setelah makan sahur karena hal ini dapat memperlambat proses metabolisme tubuh.

5. Tetap Rutin Berolahraga

Tips hidup sehat di bulan Ramadan

Olahraga sangat penting untuk menjaga stamina dan kesehatan tubuh kita. Meskipun pada saat kita berpuasa sering merasa malas untuk berolahraga, tapi sesungguhnya dengan melakukan olahraga ini kita dapat menyegarkan tubuh, melancarkan sirkulasi oksigen dalam tubuh, dan melancarkan proses metabolisme. So, jangan malas untuk berolahraga di bulan Ramadhan ya, ladies!


Nah, itulah 5 tips menjaga pola hidup sehat di bulan Ramadan yang dapat menghindarkanmu dari rasa cepat lelah dan kurangnya produktifitas. Semoga bermanfaat.

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini