Kawaii Beauty Japan

Health

Dampak Buruk Rokok Bagi Kulitmu

Merokok sudah jelas tidak baik bagi kesehatan. Selain bagi kesehatan diri sendiri, hal ini juga membahayakan kesehatan orang lain. Lebih bahayanya lagi, rokok juga buruk untuk kecantikan kulitmu!

Istiarina Putri

Apakah kamu seorang perokok? Ya, seperti yang sudah kamu ketahui bahwa rokok memang dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kesehatan. Tapi apakah kamu tahu kalau rokok bisa memberikan dampak buruk bagi kulitmu? Mengapa bisa?

 

Apa Saja sih Dampak Buruk Rokok bagi Kulitmu?

Menua Lebih Cepat

Saat merokok, pembuluh darah pada lapisan atas kulit akan menjadi lebih sempit, sehingga akan menyebabkan pasokan darah ke kulit berkurang, dan mengakibatkan persediaan oksigen menurun.

Dengan begitu, kulit akan kehilangan rona sehatnya serta menjadi kuning kelabu, dan membuat wajahmu menjadi ‘smoker face’. Bagaimana ciri seseorang dengan ‘smoker face’?

BACA JUGA: Tips Perawatan Wajah Kusam Paling Efektif

Wajah seorang perokok keras, cenderung terlihat lebih tua dengan garis atau kerutan pada wajah serta garis – garis pipi yang dalam dan dengan warna abu – abu pudar dengan bintik – bintik keunguan.

Di dalam asap rokok juga terkandung campuran bahan kimia yang mematikan seperti karbon monoksida, amoniak, hidrogen sianida, nikotin, asam karbol, arsenik, dan kadmium yang memberi efek buruk pada kulit. Bahan – bahan inilah yang kemudian diserap oleh hemoglobin sehingga menyebabkan kekurangan oksigen serta akumulasi racun pada tubuh.

Selain efek yang telah disebutkan diatas, rokok juga memiliki efek buruk lainnya pada kulit cantikmu, seperti penipisan kulit, penuaan dini karena menghilangnya kandungan Vitamin C dalam tubuh (sekitar 35mg untuk setiap asap rokok), menurunkan jumlah kolagen pada kulit, dan mempercepat pengeriputan kulit, karena rokok bisa merusak serat elastin yang membuat kulit elastis.

BACA JUGA: Cara Menghindari Penuaan Dini Leher dan Dada

Jadi, tidak heran dong jika seorang perokok memiliki kulit yang tidak sehat? Begitu banyak efek buruk yang disebabkan rokok bagi kulitmu, tentunya kamu tidak menginginkan itu terjadi pada kulitmu bukan? Jika iya, segeralah katakan selamat tinggal pada rokok.

BACA JUGA: 

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait