Foto Inilah 7 Penyakit yang Akan Muncul Akibat Kurang Tidur

Inilah 7 Penyakit yang Akan Muncul Akibat Kurang Tidur

Foto Meydiana Widyaningsih
Apakah kamu termasuk yang sering begadang atau kurang tidur karena kegiatan yang menumpuk? Jika kamu terbiasa begadang, berhati-hatilah dengan efek negatif yang muncul di kemudian hari!

Begadang sepertinya sudah menjadi kebiasaan masyarakat di era modern saat ini. Terlalu banyak aktivitas sampai banyaknya pekerjaan yang menumpuk membuat manusia terpaksa mengurangi waktu tidurnya hanya untuk sekedar menyelesaikan tuntutan hidup sehari-hari. Ada juga yang memang menghabiskan waktu malamnya hanya untuk sekedar bepergian keluar di kafe atau tempat kumpul bersama teman dan sahabat.

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui tentang bahaya yang akan muncul akibat kurang tidur. Pada dasarnya, tubuh kita sangat membutuhkan istirahat yang cukup setiap harinya. Masalah yang muncul akibat begadang pun bisa bermacam-macam, mulai dari gangguan kesehatan sampai penyakit yang mematikan pun turut mengancam tubuhmu jika kamu terlalu sering begadang.

7 Penyakit yang Timbul Akibat Kurang Tidur

Lalu, apa sajakah akibat kurang tidur yang menurunkan kondisi kesehatanmu, bahkan dapat menimbulkan penyakit? Simak selengkapnya di bawah ini, yuk!

Sakit Kepala dan Masuk Angin

Sakit kepala dan masuk angin akibat kurang tidur

Sakit kepala merupakan gejala umum yang sering terjadi jika kamu sering begadang dan kurang tidur. Jika kamu terlalu sering melakukannya bahkan bisa menjadi suatu gangguan kesehatan yang serius. Otak yang terlalu jarang beristirahat akan menyebabkan sel otak mudah rusak sehingga timbullah gangguan seperti pusing atau sakit kepala. Selain itu, tubuh juga jadi mudah terserang masuk angin karena angin malam yang masuk ketika masuk tersadar di tengah malam.

Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Sistem kekebalan tubuh melemah akibat kurang tidur

Begadang dan kurang tidur juga bisa menjadi salah satu alasan logis jika kamu mengalami pelemahan sistem kekebalan tubuh karena selain tubuh yang terlalu lelah, kesehatan mental juga akan terkena dampak buruk begadang akibat jarang sekali beristirahat. Jika hal ini terus terjadi, tubuhmu akan semakin rentan penyakit karena tubuh dan mental yang lemah membuat virus dan berbagai jenis infeksi penyakit menjadi semakin mudah menyerang.

Kesuburan Menjadi Terganggu

Kesuburan menjadi terganggu akibat kurang tidur

Bagi para wanita, terlalu sering begadang dan kurang tidur dapat mempengaruhi kesehatan reproduksi serta kesuburan kamu, lho! Tubuh yang mengalami kurang istirahat akan membuat kualitas sel telur ikut menurun dan mempengaruhi sekresi hormon yang memiliki peran pada sistem reproduksimu sehingga siklus menstruasi pun ikut terganggu.

Munculnya Gangguan Pada Kulit

Gangguan pada kulit dan mata panda akibat kurang tidur

Kurangnya waktu tidur di malam hari atau sering begadang ternyata cukup berdampak besar pada kesehatan dan kecantikan kulitmu. Jika kamu terlalu sering begadang dan kurang istirahat tidur maka kulitmu akan terlihat pucat dan kusam, munculnya garis-garis kerutan dan lingkar mata menghitam. Tentu saja hal ini mengganggu kecantikan dan penampilanmu bukan?

Insomnia

Insomnia akibat kurang tidur

Orang yang terbiasa begadang sudah pasti akan memiliki masalah dalam manajemen waktu tidur malamnya. Ketika seseorang sudah terbiasa tidur larut malam, maka jika dia ingin tidur atau istirahat lebih awal sudah tentu dia akan mengalami kesulitan tidur akibat kebiasaannya begadang dan kurang tidur. Jika hal seperti ini terus menerus terjadi maka akan menjadi insomnia berat.

Resiko Terkena Stroke dan Penyakit Jantung

Stroke dan penyakit jantung akibat kurang tidur

Begadang bisa menjadi salah satu pemicu munculnya berbagai penyakit fatal di dalam tubuhmu seperti penyakit jantung dan stroke. Jika tubuh kurang istirahat dan kurang tidur maka akan terjadi peradangan pada arteri jantung dan dapat menyumbat pembuluh darah karena terjadi penumpukan plak akibat peradangan tersebut. Tentu saja, hal ini akan membahayakan tubuhmu.

Memicu Timbulnya Penyakit Kanker

Kanker akibat kurang tidur

Begadang atau kurang tidur dapat mempengaruhi kinerja dari hormon melatonin dalam tubuh. Hormon melatonin memiliki fungsi penting dalam mengatur dan memelihara sistem jam biologis dalam tubuh. Jika hormon melatonin stabil dapat membantu tubuh menangkis berbagai penyakit berbahaya dan sel-sel pemicu kanker karena melatonin mampu mendorong peran antioksidan dalam tubuh dalam mencegah kerusakan DNA akibat zat karsinogen penyebab kanker. Nah, bisa terbayang kan, apa yang terjadi pada dirimu akibat kurang tidur?


Itulah berbagai macam gangguan kesehatan dan penyakit yang akan kamu rasakan akibat kurang tidur. Walaupun kamu sibuk karena banyaknya kegiatan dan pekerjaan yang harus diselesaikan, begadang bukanlah pilihan yang baik dalam menyelesaikan tugas harianmu. Cobalah untuk lebih pandai mengatur waktu kerja dan istirahatmu agar pekerjaanmu tetap terselesaikan dan tubuhmu tetap sehat.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani