Foto Inilah Fakta Bagaimana Sinar UVA dan UVB Menyebabkan Kanker Kulit

Inilah Fakta Bagaimana Sinar UVA dan UVB Menyebabkan Kanker Kulit

Foto Marga Apsari
Sinar UVA dan UVB merupakan salah satu faktor penyebab kanker kulit. Cari tahu fakta selengkapnya di sini yuk!

Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker berbahaya yang dapat menyebar ke organ lain dalam tubuh. Kemunculan tahi lalat baru atau perubahan pada tahi lalat yang sudah ada biasanya bisa menjadi pertanda atau gejala kanker kulit. Kanker kulit dapat terjadi di seluruh tubuh, tapi umumnya kanker kulit muncul di wajah, tangan, punggung, dan kaki.

Mungkin kamu sudah sering dengar bahwa sinar UVA dan UVB dapat menyebabkan kanker kulit. Namun, apakah kamu tahu bagaimana radiasi sinar ultraviolet tersebut bisa menjadi penyebabnya? Simak penjelasan selengkapnya di artikel ini yuk, ladies!

Proses Bagaimana Sinar UVA dan UVB Dapat Menyebabkan Kanker Kulit

Radiasi sinar ultraviolet merpakan bagian dari spektrum elektromagnetik dari matahari yang mampu menjangkau bumi. Sinar ultraviolet terdiri dari 3 jenis, yaitu UVA, UVB dan UVC. Di antara ketiga jenis sinar ultraviolet tersebut, sinar UVC adalah yang paling berbahaya bagi kulit, tetapi masih dapat terhalang oleh lapisan ozon. Sementara sinar UVA dan UVB dapat menembus lapisan ozon dan menyebabkan penuaan dini, kerusakan mata seperti katarak, kanker kulit, dan merusak sistem kekebalan tubuh.

Sinar UVA dan UVB ini juga mampu menghancurkan DNA pada sel-sel kulit, serta memicu terjadinya mutasi gen yang membuat sel-sel tersebut berubah menjadi sel kanker kulit. 

Sinar UVA dapat merusak sel-sel kulit yang disebut keratinocytes pada lapisan terluar kulit, yaitu epidermis, di mana banyaknya kanker kulit terjadi. Sinar matahari pada pukul 10 pagi sampai 4 sore merupakan saat-saat paling beresiko menyebabkan kanker kulit. Sementara sinar UVB memicu terjadi kemerahan pada kulit, merusak lapisan epidermis lebih dalam dan menmbuat warna kulit menjadi kecokelatan. 

Untuk menghindari ganasnya radiasi sinar ultraviolet, kamu bisa menggunakan sunblock atau tabir surya ketika beraktivitas di luar ruangan. Kamu bisa menggunakan Astalift UV Protector SPF 35 PA+++ untuk membantu melindungi kulitmu dari serangan radiasi sinar UVA dan UVB. Gunakanlah sunblock 15-30 menit sebelum terpapar sinar matahari di luar ruangan, agar sunblock benar-benar meresap ke dalam kulit.

Gunakan sunblock untuk menghindari kanker kulit

 

Astalift UV Protector SPF 35 PA +++ - Rp 630,000

Namun, kebanyakan orang hanya berfokus pada tangan, kaki dan wajah saja, sehingga melupakan bagian-bagian tubuh yang tak kalah penting.

Jangan Lupakan 6 Bagian Tubuh Ini Saat Pakai Sunblock!

Ladies, jangan melindungi tubuh setengah-tengah, karena dampak sinar UVA dan UVB dapat berakibat ke berbagai bagian tubuh dan menyebabkan kanker kulit. Maka dari itu, jangan lupakan 6 bagian tubuh yang tak kalah penting dari tangan, kaki dan wajah:

1. Kulit Kepala

Memakai sunblock di kulit kepala mungkin terdengar aneh. Banyak juga orang yang menganggap bahwa kulit kepala sudah terlindungi rambut sehingga tak perlu diberi sunblock. Namun, jika kamu tidak mengenakan sunblock atau topi saat berada di luar ruangan dengan cuaca yang panas dan dalam waktu yang alma, kulit kepala dapat terasa begitu perih!

Selain itu, kanker kulit juga bisa ditemukan di kulit kepal. Maka dari itu, kamu perlu mengaplikasikan sunblock khusus kulit kepala atau yang berbentuk spray.

2. Telinga

Telinga juga merupakan salah satu bagian tubuh yang sering tidak diperhatikan oleh orang-orang, padahal kanker kulit tak jarang ditemukan pada bagian tersebut. Jangan lupakan area telinga saat memakai sunblock, terutama apabila rambutmu pendek.

3. Leher

Leher memang seringkali menjadi bagian yang lupa diberi perawatan. Akibatnya, seringkali timbul garis halus atau keriput pada leher. 

4. Bibir

Bibir merupakan bagian tubuh yang perlu diberi perlindungan ekstra dari sinar matahari. Melapisinya dengan lipstikpun terkadang tak dapat melindungi bibir dari bahaya sinar UV. Maka dari itu, sangat penting untuk menggunakan lip balm yang memiliki kandungan SPF (Sun Protector Factor) seperti MooGoo SPF 15 Lip Balm.

Lindungi bibirmu dari kanker kulit dengan lip balm ber-SPF

MooGoo SPF 15 Lip Balm - Rp 60,500

5. Telapak Tangan

Kebanyakan orang berpikir tak perlu mengaplikasikan sunblock di telapak tangan, karena ada sisa-sisa sunblock yang dilapisi di bagian lain yang masih menempel. Faktanya, terkadang sisa-sisa sunblock itu tak cukup untuk melindungi telapak tangan dari efek buruk sinar UV.

6. Telapak Kaki Bagian Atas

Selain kaki, jangan lupakan telapak bagian atasnya ya, ladies! Area tersebut merupakan salah satu sarang tumbuhnya kanker kulit.

Artikel Selanjutnya

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani