Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

6 Cara Mengusir Lalat dengan Mudah

Lalat memang sangat menyebalkan. Hewan mungil ini bisa menjadi sumber berbagai macam penyakit jika sampai mengontaminasi makanan atau minumanmu. Segera usir dengan cara berikut ini!

Santi Berlinawati

Tak hanya menjadi ancaman bagi kebersihan makanan dan minuman yang kita konsumsi, lalat juga susah sekali untuk dihilangkan. Pasti menjengkelkan mendapati smoothie yang baru saja selesai kita buat sudah dihinggapi lalat. Mau dibuang sayang, mau diminum juga takut terkena penyakit. Namun, tak perlu risau lagi karena kamu bisa membuat lalat-lalat itu menghilang dengan cara alami ini yang mudah sekali kamu ikuti.

Usir Lalat dengan Cuka Apel

Cuka apel

Untuk mengusir lalat dengan cuka apel, masukkan cuka apel ke dalam botol. Tak perlu sampai penuh. Biarkan terbuka tanpa tutup botol. Tutupi dengan plastik dan ikat menggunakan karet. Buatlah lubang kecil sebagai jebakan bagi lalat agar mau masuk ke dalam botol. Lalat akan tergoda dengan aroma cuka apel yang tajam dan mereka akan masuk ke dalam botol melalui lubang tersebut. Nantinya begitu lalat itu masuk, mereka tidak akan bisa keluar.

Usir Lalat dengan Cuka dan Sabun Cuci Piring

Sabun cuci piring

Cara lain yang cukup efektif untuk mengatasi kehadiran lalat yang sangat mengganggu adalah menggunakan cuka dan sabun cuci piring. Siapkan semangkuk cuka dan tambahkan tiga tetes sabun cuci piring ke dalamnya. Biarkan mangkuk berisi campuran cuka dan sabun itu terbuka. Sabun cuci piring akan membuat permukaan cuka lebih lunak, sehingga lalat akan tenggelam begitu mendarat di atasnya.

Usir Lalat dengan Corong Kertas dan Buah

Corong kertas dan buah

Sumber: Wikihow

Masukkan sedikit cuka dan sepotong buah yang sangat matang di dalam toples. Kemudian siapkan selembar kertas dan bentuk menjadi corong. Tempatkan corong kertas tersebut di atas toples dengan ujung runcingnya yang sedikit terbuka masuk ke dalam toples. Lalat-lalat akan tertarik dengan buah yang ada di dalam toples dan masuk melalui corong kertas itu. Ketika lalat itu sudah masuk, mereka pun tidak akan bisa keluar lagi.

Usir Lalat dengan Anggur Merah

Mengusir lalat dengan anggur merah

Seperti halnya cuka, lalat juga amat menyukai aroma anggur merah. Gunakan saja sedikit anggur merah, dan tinggalkan di dalam botolnya. Botol anggur merah yang memiliki leher sempit akan membuat lalat kesulitan untuk keluar. Mereka akan terjebak di dalamnya begitu masuk ke dalam botol. 

Usir Lalat dengan Susu, Gula, dan Merica

Pakai gula

Campurkan 1 liter susu, 4 ons gula, dan 2 ons merica bubuk di dalam panci. Rebus hingga mendidih selama 10 menit. Setelah itu, tuangkan ke dalam wadah. Lalat-lalat akan mendekati campuran susu tersebut, dan langsung tenggelam.

Usir Lalat dengan Minyak Lavender

Minyak lavender

Siapkan ½ hingga 1 cangkir minyak lavender, kemudian celupkan sehelai kain atau spons cuci ke dalamnya. Setelah itu, taruh kain atau spon tersebut ke dalam kaleng, tutup, dan biarkan selama 24 jam. Setelah 24 jam, buka penutup dan letakkan di tempat yang banyak lalatnya. Mereka pun akan terjebak di dalam kaleng tersebut. Kamu masih bisa menggunakannya lagi dengan menyimpan kaleng tersebut bersama dengan penutupnya agar aroma minyak lavender kembali kuat.

Bagaimana, ladies? Cara mengusir lalat tersebut sangat mudah dan efektif kan? Bahan-bahannya pun mudah didapatkan. Selamat mencoba!

 

Tagged in:
Santi Berlinawati
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy