Foto Mau Cegah Kanker Payudara? Yuk Makan Sup Miso!

Mau Cegah Kanker Payudara? Yuk Makan Sup Miso!

Ternyata miso sup ala jepang adalah salah satu makanan pencegah kanker payudara loh! berikut fakta lengkap tentang sup miso.

Siapa sih yang tidak mengenal Sup Miso? Para penggemar kuliner Jepang pasti mengetahui betapa sedapnya sup khas Jepang ini. Sup Miso merupakan salah satu fondasi pola makan Jepang tradisional. Selain itu, Miso juga dikenal sebagai salah satu alasan mengapa banyak orang Jepang hidup lebih lama. Dewasa ini, penelitian membuktikan adanya relasi antara konsumsi Sup Miso dengan menurunnya risiko kanker perut dan payudara.

Miso: Si Sedap Pelawan Kanker

Tingkat kanker di Jepang adalah rendah dibandingkan dengan negara-negara barat. Akan tetapi, ternyata Jepang memiliki tingkat kanker perut yang tinggi akibat tingginya kadar sodium (garam) dalam pola makan disana. Meskipun begitu, ternyata penelitian menyarankan bahwa Miso; sup yang berasal dari pasta kedelai yang difermentasi, ternyata mampu menetralkan dampak buruk dari konsumsi sodium yang berlebihan dan merokok.

Studi yang dilakukan oleh Pusat Kanker Nasional Jepang menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi Sup Miso sehari-hari secara teratur memiliki risiko lebih rendah untuk meninggal akibat kanker perut. Hal ini terutama bagi para pria. Studi yang dilakukan selama tiga belas tahun dan melibatkan lebih dari 265.000 pria dan wanita di atas usia 40 tahun menemukan fakta yang cukup mencengangkan. Ditemukan bahwa orang yang mengonsumsi Sup Miso secara teratur memiliki risiko 33% lebih rendah untuk mengidap kanker perut dibanding mereka yang tidak mengonsumsi Miso.

Lebih lanjut lagi, para perokok yang mengonsumsi Miso secara teratur ternyata juga memiliki risiko lebih rendah untuk meninggal akibat kanker perut dari non-perokok yang tidak mengonsumsi Miso. Selain itu, diketahui bahwa konsumsi garam yang tinggi ternyata ada hubungannya dengan tekanan darah yang tinggi. Wah, padahal Miso juga mengandung garam lho, kawaii-ladies! Akan tetapi, ternyata studi yang dilakukan oleh Universitas Wanita Kyoritsu di Tokyo oleh dr. Yoshio Uehara menganjurkan bahwa sodium dalam pasta Miso tidak memiliki dampak yang sama terhadap tekanan darah dengan konsumsi sodium tanpa Miso.

Studi tersebut membandingkan tikus-tikus yang diberikan garam dan tikus lainnya diberi Miso dengan jumlah garam yang sama. Tikus yang mengonsumsi garam dalam bentuk Miso tidak menunjukkan tekanan darah yang meningkat. Hal ini tentu menunjukkan bahwa sodium yang terkandung dalam pasta Miso tidak memiliki dampak buruk yang sama terhadap tekanan darah dibandingkan dengan sodium yang disajikan tanpa Miso.

Selain kanker perut, Miso pun jug sering dikaitkan dengan rendahnya risiko kanker payudara.  Hal tersebut ditemukan dalam suatu penelitian yang dilakukan Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan Jepang terhadap lebih dari 20.000 wanita berusia 40-59 tahun selama 10 tahun. Ditemukan bahwa wanita yang mengonsumsi dua mangkuk sup Miso setiap hari memiliki risiko 26% lebih rendah untuk mengidap kanker paudara. Lebih jauh lagi, mereka yang mengonsumsi 3 mangkuk memiliki risiko terkena kanker payudara hingga 40% lebih rendah dibanding wanita lainnya.

Ternyata sup Miso begitu kaya manfaat karena mengandung isoflavin; senyawa yang dikenal mampu mencegah perkembangan kanker payudara.

Nah, sudahkah kamu mengonsumsi sup Miso hari ini?

 

 

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini