Foto Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Medis dan Alami

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Medis dan Alami

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Stretch mark mengganggu? Yuk, lakukan cara-cara berikut ladies! Dan katakan, “bye-bye” pada stretch mark-mu.

Stretch mark adalah sebuah guratan-guratan putih kemerah-merahan pada bagian tubuh yang memiliki ukuran bervariasi. Munculnya stretch mark disebabkan karena peregangan yang melewati batas elastisitas kulit.

Banyak orang yang menyangka bahwa stretch mark hanya bisa muncul pada ibu hamil. Padahal sebenarnya stretch mark juga bisa muncul pada tubuh siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja, sampai dengan orang dewasa.

Penyebab Munculnya Stretch Mark

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya stretch mark, antara lain:

  • Perenggangan kulit secara berlebihan,
  • Konsumsi obat-obatan yang mengandung steroid tinggi yang dapat berpotensi merusak kolagen kulit, sehingga menyebabkan munculnya stretch mark,
  • Kurang nutrisi, terutama vitamin A, E, dan C,
  • Penurunan berat badan yang sangat drastis,
  • Konsumsi makanan-makanan berkalori dan berlemak tinggi secara berlebihan,
  • Akibat luka yang membuat sel kulit tidak mampu tumbuh atau mati.

Apakah stretch mark dapat hilang dengan sendirinya?

Secara tidak langsung, olahraga adalah salah cara menghilangkan stretch mark yang cukup mujarab. Saat berolahraga, kulit akan lebih mengencang secara alami, sehingga guratan-guratan itupun bisa hilang dengan perlahan ketika melakukan olahraga secara teratur. Mengurangi makanan berlemak dan berkalori tinggi, mengubah gaya hidup sehat, menghindari rokok dan memenuhi asupan gizi sangat membantu untuk mengoptimalkan proses menghilangkan stretch mark.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Medis

Pengobatan secara medis yang dapat dilakukan untuk menghilangkan strech mark antara lain:

1. Krim dan Salep

Cara menghilangkan stretch mark dengan krim

Di apotik telah ada banyak sekali obat stretch mark yang dijual dengan berbagai merek. Penggunaan krim ini sebaiknya tidak dilakukan pada saat hamil atau menyusui karena biasanya krim bersifat untuk menstimulasi pertumbuhan kolagen kulit yang membuatnya menjadi lebih sehat.

2. Terapi Laser

Memang cara menghilangkan stretch mark dengan laser itu sangatlah cepat dan mudah, bahkan dalam hitungan detik saja. Cara kerja dari laser adalah dengan menyinari bagian yang terdapat stretch mark dengan sinar laser yang kemudian diserap oleh pembuluh darah yang membuatnya berubah warna menjadi putih. Sebenarnya cara ini bukan menghilangkan, tapi membuatnya menjadi tidak tampak saja.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami

Ingin menghilangkan stretch mark secara alami? Mungkin ini bisa membantumu, ladies!

1. Kopi

Cara menghilangkan stretch mark secara alami dengan kopi

Untuk hasil yang maksimal menghilangkan stretch mark, gunakan kopi yang masih alami dan haluskan. Campur kopi dengan air hangat sampai membentuk pasta, lalu oleskan secara rutin pada bagian stretch mark.

2. Bubuk Cokelat

Masker cokelat pada dasarnya mengandung kolagen cukup tinggi yang sangat bermanfaat untuk mengatasi stretch mark. Buat pasta/krim dari bubuk coklat tawar. Jangan terlalu cair atau pekat ya, ladies. Oleskan pasta coklat pada bagian kulit yang bermasalah, diamkan selama 15-30 menit, setelah itu bilas sampai bersih. Lakukan cara ini setelah mandi secara rutin minimal 2 kali sehari selama 2 bulan berturut-turut.

3. Cocoa Butter

Gunakan cocoa butter untuk menghilangkan stretch mark dengan cara mengoleskannya sebelum tidur dan setelah bangun tidur minimal 2 kali sehari.

Cara Menghindari Stretch Mark Setelah Melahirkan

Cara menghindari stretch mark usai melahirkan

Ingin setelah melahirkan tidak terjadi stretch mark pada perut? Cobalah cara-cara dibawah ini, ladies:

1. Jaga Elastisitas Kulit Tubuh

Mengonsumsi buah dan sayur yang mengandung vitamin E serta memperbanyak konsumsi air putih untuk menjaga elastisitas kulit.

2. Usahakan Kulit Tubuh Tetap Lembap

Untuk menjaga agar kulit tetap lembab gunakanlah minyak zaitun atau baby oil atau lotion khusus untuk kulit atau juga bisa menggunakan krim khusus untuk perawatan stretch mark saat hamil yang dijual dipasaran.

3. Hindari Menggaruk Perut

Saat kehamilan biasanya perut akan sering terasa gatal, sebaiknya hindarilah menggaruk perut karena akan menyebabkan terjadinya stretch mark. Luka bekas garukan pada perut Ibu hamil akan membekas dan cenderung susah dihilangkan.

Tags:

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini