Foto 8 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Cara Mencegahnya

8 Cara Menghilangkan Stretch Mark Secara Alami dan Cara Mencegahnya

Foto Inka Rahmawati
Inka Rahmawati
Contributor
Tidak hanya terjadi pada ibu hamil, ternyata penurunan berat badan yang terlalu mencolok juga bisa menyebabkan stretch mark lho, ladies. Yuk simak info lengkapnya disini!

Stretch mark merupakan guratan yang berupa guratan-guratan putih yang memanjang dengan pola yang tidak beraturan. Stretch mark terjadi karena peregangan kulit yang mengakibatkan jaringan elastis pada bawah kulit robek biasanya terjadi karena penurunan berat badan yang drastis seperti pada ibu hamil ataupun orang yang sedang diet. Yuk, simak cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan stretch mark secara alami dan efektif.

Perbanyak Konsumsi Air Putih

Minum air putih yang banyak

Minum banyak air putih memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah untuk menghilangkan stretch mark. Mengonsumsi air putih lebih banyak dapat menjaga tingkat elastisitas kulit. Usahakan minimal setiap hari konsumsi 8- 10 gelas secara rutin agar elastisitas dan kelembaban kulitmu lebih terjaga secara alami.

Minyak Jarak

Minyak jarak untuk menghilangkan stretch mark

Kandungan kolagen dan nutrisi mineral dalam minyak jarak sangat bermanfaat untuk mengobati stretch mark. Caranya cukup oleskan minyak tersebut secara merata pada bagian stretch mark selama 30 menit setiap hari.

Putih Telur

Putih telur

Putih telur yang memiliki kandungan protein tinggi sangat bermanfaat untuk menghilangkan stretch mark. Ambil telur, lalu kocok sampai mengeluarkan busa atau buih. Oleskan putih telur tersebut secara merata pada bagian stretch mark selama kurang lebih 30 menit, setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Kentang

Kentang

Cara mengatasi stretch mark dengan kentang cukup mengirisnya tebal atau membuatnya sebagai masker dan mengoleskan secara merata pada bagian stretch mark secara rutin hingga stretch mark hilang. Kamu bisa rutin mengoleskannya sebelum tidur di malam hari.

Lidah Buaya atau Aloe Vera

Lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin E, C, dan A yang bisa membantu mengobati stretch mark secara alami. Caranya cukup dengan mengoleskan gel lidah buaya secara merata pada bagian stretch mark, beri pijatan lembut selama 10 menit dan diamkan selama 45 menitan. Kemudian bilas dengan menggunakan air dingin sampai bersih.

Lemon

Lemon

Cara menghilangkan stretch mark dengan lemon:

- Belah 1 buah lemon yang masih segar,

- Oleskan belahan lemon tersebut pada bagian stretch mark secara merata,

- Diamkan sampai mengering dan meresap, kurang lebih 30 menit,

- Setelah itu bilas dengan menggunakan air hangat.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun

Cara menghilangkan stretch mark dengan minyak zaitun:

- Siapkan minyak zaitun secukupnya,

- Oleskan minyak tersebut selama 30 menit setelah mandi,

- Beri pijatan lembut pada stretch mark agar meresap,

- Terakhir bilas dengan menggunakan air hangat sampai bersih.

Gula

Gula

Gula dapat kamu jadikan sebagai scrub alami untuk mengatasi stretch mark. Agar hasilnya semakin maksimal, campurkan gula dengan madu dan gosokan secara perlahan pada bagian stretch mark setelah mandi.

Cara Menghilangkan Stretch Mark Agar Tidak Datang Kembali

Setelah stretch mark hilang, kamu harus tetap menjaga dan merawat kulitmu agar strech mark tidak muncul kembali. Berikut beberapa cara mencegah stretch mark yang dapat kamu lakukan:

- Tidak mengonsumsi obat-obatan kortikosteroid dalam jangka panjang,

- Kontrol berat badan, jangan biarkan naik atau turun secara drastis,

- Hindari pertumbuhan otot secara berlebihan pada bagian tubuh,

- Ketika hamil, gunakan stagen pada bagian bawah perut untuk menyokong janin dan mencegah munculnya stretch mark pada bagian perut,

- Terapkan program diet sehat, konsumsi makanan bergizi, dan olahraga secara teratur setiap harinya.

Nah, itu dia ladies, cara menghilangkan stretch mark-mu secara alami dan efektif. Hal yang paling penting adalah ketika stretch mark-mu sudah hilang, tetap jaga kulitmu agar stretch mark tidak datag kembali. Semoga bermanfaat, ladies.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Inka Rahmawati

Inka Rahmawati

Enjoy life, be grateful and learn to give :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini