Foto 6 Gerakan Untuk Redakan Nyeri Punggung Setelah Lelah Beraktivitas Seharian

6 Gerakan Untuk Redakan Nyeri Punggung Setelah Lelah Beraktivitas Seharian

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Nyeri punggung memang mengganggu aktivitas harian. Namun, jangan sampai nyeri punggung tersebut mengganggu aktivitasmu seharian. Gerakan mudah ini bisa membuatmu beraktivitas seharian.

Nyeri punggung bisa disebabkan oleh kecelakaan, seperti terjatuh, tabrakan atau karena aktivitas yang terus menerus dilakukan, seperti duduk di depan komputer berjam-jam atau berdiri dengan memakai high heels terlalu lama. Sebagaian besar orang, mengalami nyeri punggung karena melakukan aktivitas yang berat sepanjang hari. Mengalami nyeri punggung memang bisa membuat tidak nyaman dalam melakukan aktivitas sehari. Tapi tenang ladies, kamu bisa melakukan gerakan mudah ini untuk meredakan nyeri punggungnya.

Gerakan Seperti Wiper Mobil

Sumber: Daily Health Post

Berbaringlah telentang dengan kaki menempel di lantai dan lutut menekuk. Rentangkan kedua tangan, telapak mengarah ke atas. Jatuhkan kedua lutut ke samping kanan, sehingga perutmu akan sedikit memutar. Kemudian angkat lutut kiri kembali ke atas, kemudian ke samping kiri hingga kedua paha dalam posisi terbuka. Arahkan lutut kanan mengikuti lutut kiri. Gantilah arah, dan lakukan 10 kali untuk setiap sisi.

Sit Up 45 Derajat

Sit up 45 derajat

Sumber: Youtube

Berbaringlah telentang dengan lutut menekuk ke atas. Letakkan telapak tangan di atas paha bagian atas. Tarik nafas panjang hingga perut membesar, kemudian buang nafas dan tarik dagumu ke arah dada. Gunakan otot perutmu untuk mengangkat tubuh bagian atas, sambil geser tangan dari paha ke depan sampai ke lutut, sehingga bahumu akan terangkat dari lantai. Berhenti sejenak dan fokuslah pada kontraksi di bagian perutmu. Setelah itu kembali ke posisi semula dengan perlahan. Ulangi 15 kali.

Tarik Lutut Ke Dada

menarik lutut ke dada

Sumber: Vocal Tips

Berbaring telentang dengan kaki kanan lurus dan lutut kiri menekuk ke atas. Hirup nafas dalam-dalam hingga perut membesar, kemudian buang nafas dan kontraksikan otot perutmu. Tarik lutut kanan ke arah dada menggunakan tangan, dan arahkan hidung ke lutut kanan tersebut. Kontraksikan otot perut, seperti ketika ada orang yang akan memukul perutmu. Berhenti selama 2 detik, dan kembali ke posisi awal. Ulangi 10 kali, dan lakukan pada kaki satunya lagi.

Tangan Melingkar

Tangan melingkar

Sumber: Health

Berbaring telentang dengan lutut menekuk ke atas. Jatuhkan kedua lutut ke kanan, sehingga perut sedikit melintir (seperti awal gerakan 1). Rentangkan tangan kanan ke samping, dan angkat tangan kiri ke atas kepala. Kemudian gerakkan tangan kiri memutar berlawanan arah dengan jarum jam sampai membentuk lingkaran penuh mengelilingi tubuhmu. Hirup nafas dalam-dalam, dan rilekskan panggul dan punggung bawahmu. Lakukan 10 kali, dan ganti dengan sisi lainnya sebanyak 10 kali.

Stretching Otot Pinggul

Stretching otot pinggulSumber: Pinterest

Dari posisi berlutut, angkat kaki kirimu ke depan. Telapak kaki kiri di atas lantai dan kedua lutut membentuk sudut 90 derajat. Angkat lengan kanan hingga ke atas kepala, dan ambil nafas. Buang nafas dan tarik lenganmu semakin tinggi sampai kamu merasakan peregangan pada bagian depan pinggul kananmu. Tahan selama 10 kali pernafasan, dan lepaskan. Ganti dengan sisi yang lain.

Quad Stretch

Quad stretch

Sumber: Popsugar

Berbaringlah miring dengan lutut sedikit menekuk dan tangan kanan ke atas kepala. Letakkan kepala di atas lengan kananmu. Perlahan tarik tumit kirimu ke atas seperti akan menendang pantatmu. Tahan dengan tangan kirimu. Rilekskan kaki kirimu, sehingga lutut kirimu berada di atas lutut kananmu. Kontraksikan pantatmu, dan tahan posisi ini. Ambil nafas dalam-dalam sebanyak 10 kali. Lepaskan dan ganti sisi satunya.

Nah itu dia ladies, gerakan mudah untuk mengatasi nyeri punggungmu. Namun, jika nyeri punggungmu tidak kunjung sembuh sembuh juga sebaiknya kamu berkonsultasi dengan dokter, terutama jika penyebabnya adalah karena terjatuh.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani