Foto Hentikan Konsumsi 5 Makanan Ini Kalau Kamu Tidak Ingin Kulit Wajah Cepat Tua

Hentikan Konsumsi 5 Makanan Ini Kalau Kamu Tidak Ingin Kulit Wajah Cepat Tua

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Tak hanya sinar matahari dan polusi, makanan ternyata juga berpengaruh pada keremajaan kulit kita. Untuk menjaga kulit wajah agar senantiasa muda, sebaiknya kamu batasi konsumsi 5 makanan ini.

Apa yang kamu makan akan terlihat dari kulit wajahmu. Bahan-bahan makanan tertentu, seperti gula, akan menempel pada protein di dalam tubuh kita, sehingga menghasilkan produk akhir glikasi atau yang sering disebut juga dengan AGEs (advanced glycation end products). Proses yang dikenal dengan nama glikasi ini dapat merusak kolagen dan elastin, yang nantinya akan menyebabkan keriput dan penuaan pada kulit. Agar kulitmu terjauh dari penuaan, yuk segera hentikan konsumsi 5 jenis makanan ini. 

Soda

Soda membuat penuaan diniSoda merupakan salah satu sumber utama yang berkontribusi dalam menambah konsumsi gula. Gula yang terkandung di dalam soda adalah gula murni, yang lebih cepat mencapai aliran darah dan menyebabkan lonjakan gula darah dan mempercepat proses glikasi. Selain soda, jauhi juga minuman diet karena jenis minuman ini memiliki kandungan kafein yang tinggi, yang akan membuat kulit terlihat tua karena terdehidrasi.  

Olahan Susu

Olahan susu membuat cepat tua

Sebuah studi yang dilakukan di Swedia menunjukkan bahwa mereka yang banyak mengkonsumsi makanan olahan susu, termasuk mentega dan margarin, memiliki keriput yang lebih banyak dibandingkan mereka yang lebih banyak mengkonsumsi makanan berbasis tumbuh-tumbuhan. Susu memiliki kandungan laktosa yang tinggi. Banyak orang yang tidak menyadari bahwa laktosa juga merupakan salah satu jenis gula, yang dapat mempercepat proses penuaan kulit.

Daging Panggang

Daging panggang membuat cepat tua

Beberapa cara memasak ternyata juga dapat merusak kulit kita. Cara memasak dengan memanggang, menggoreng dan membakar akan meningkatkan resiko penuaan dibandingkan metode memasak dengan merebus dan mengukus. Namun, bukan berarti juga kamu tidak boleh sama sekali menikmati daging panggang. Kamu bisa meminimalisir efek penuaannya dengan merendamnya terlebih dahulu bersama bumbu-bumbuan, seperti rosemary, yang memiliki kandungan antioksidan untuk memelihara keremajaan kulit. Hindari juga memanggang daging terlalu matang.

Bir

Bir

Kamu pasti sudah tahu jika terlalu banyak mengkonsumsi alkohol tidaklah bagus untuk tubuh, begitu pula bagi kesehatan kulit. Bahkan ada sebuah studi yang dilakukan terhadap saudara kembar yang menunjukkan bahwa mereka yang tidak mengkonsumsi alkohol terlihat jauh lebih muda dibandingkan saudara kembarnya yang mengkonsumsi alkohol. Alkohol memiliki efek buruk bagi kulit karena minuman ini dapat menghilangkan nutrisi yang sangat diperlukan untuk membentuk kolagen dan elastin, termasuk vitamin A. Bir ternyata adalah jenis minuman beralkohol yang paling buruk bagi kulit karena minuman ini mengandung maltose yang juga meningkatkan proses glikasi.

Makanan Berwarna Putih

Roti membuat cepat tua

Kentang putih, roti putih atau pasta putih merupakan karbohidrat olahan yang mudah sekali rusak di dalam usus. Hal ini akan menimbulkan lonjakan gula di dalam aliran darah, yang akan memicu proses glikasi. Pilihlah roti atau pasta dari gandum utuh yang kaya akan antioksidan, seperti selenium yang mampu membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat pengaruh lingkungan, serta meningkatkan pembentukan elastin dan kolagen.  

Nah ladies, jangan sembarangan makan-makanan di atas ya, kalau kamu tidak mau cepat tua. Mau kulit tetap awet muda? Mulai sekarang perhatikanlah apa-apa yang kamu konsumsi.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini