Kawaii Beauty Japan

Skin Care

Dapatkan Wajah Bebas Minyak dengan Tips Cantik yang Jitu Ini!

Make up mu sering berantakan karena wajah berminyak? Simak yuk tips KBJ untuk wajah berminyakmu!

Istiarina Putri

Memiliki kulit wajah yang berminyak memang menyebalkan. Kulit berminyak pada dasarnya disebabkan oleh faktor keturunan dan/atau sekresi sebum  berlebih yang diproduksi oleh kelenjar minyak. Kulit berminyak yang disebabkan faktor genetis atau keturunan memang agak sulit diatasi. Tapi jangan berkecil hati dulu kawaii-ladies, kamu bisa mengatasinya dengan bedak tabur lho! Nah, jika kamu masih penasaran bagaimana sih cara merawat kulit untuk menanggulangi wajah yang berminyak, yuk simak langkah mudah berikut ini untuk mendapatkan wajah bebas minyak!

Langkah-langkah untuk Mencapai Wajah Bebas Minyak

Bersihkan Wajah Setiap Hari Secara Teratur

Cucilah wajahmu setiap hari secara teratur. Selain itu, ingatlah untuk tidak mencucinya lebih dari dua kali sehari.Untuk memaksimalkannya, bilas busacleanser dengan air hangat, lalu cuci wajahmu dengan air dingin.  Ingat! Pilihlah pembersih wajah yang bertekstur lembut khusus kulit berminyak, dan hindari yang berbahan dasar alkohol ya ladies.

Pijat Wajahmu!

Selain membersihkan wajah, jangan lupa untuk memijat wajah perlahan. Pusatkan pijatanmu di area sekitar T-zone (dahi, hidung, pipi, dagu).

Jangan Lupakan Pelembab!

Kulit berminyak akan mempoduksi cairan lubrikan guna menjaga kelembapan kulit. Untuk memaksimalkannya kamu perlu menggunakan pelembab. Pilihlahpelembab yang memang khusus untuk kulit berminyak. Hal ini biasanya ditandai dengan tulisan “water-based” alias berbahan dasar air pada kemasan.

Jaga Pola Makan

Untuk mengurangi jumlah kandungan minyak pada wajah, perhatikan serta aturlah asupan nutrisimu. Tubuh kamu akan menggunakan lemak yang masuk untuk memproduksi minyak pada kulit dan hormon. Saat hormonmu berada di level yang tinggi, maka kandungan minyak pada kulit juga akan meningkat.

Cobalah untuk mengurangi konsumsi makanan yang mengandung banyak minyak, seperti gorengan. Selain itu, perbanyak konsumsi sayuran. Jangan lupa juga untuk belajar manajemen stres karena juga bisa memicu poduksi minyak wajah berlebih.

Selain makanan, minumlah air putih minimal 1,2 Liter setiap hari untuk menjaga kestabilan metabolisme tubuhmu agar selalu fit. Hal ini tentu membantu mengurangi jumlah kandungan minyak pada kulit wajahmu.

Perhatikan Make Up

Sebagai wanita tentunya kamu menggunakan makeup untuk menghadapi kegiatan sehari-hari. Pilihlah makeup yang tidak akan menyumbat pori – pori wajah dan bebas kandungan minyak. Yang paling penting, jangan lupa untuk membersihkan makeup-mu setelah beraktivitas.

Kulit wajah yang berminyak juga bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya jerawat. Apalagi jika kamu tidak rajin merawat dan memperhatikan produk kecantikan yang kamu gunakan. Ayo ladies, jadi jangan malas ya untuk membersihkan wajahmu dari debu dan makeup yang menempel. Selamat mencoba!

Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait