Foto 4 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Wajah

4 Manfaat Kunyit Untuk Kecantikan Wajah

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Selain sebagai bahan obat-obatan tradisional, kunyit juga memiliki banyak sekali khasiat untuk menjaga kecantikan. Salah satunya adalah untuk mengatasi berbagai masalah pada wajah.

Kamu mungkin sering mendengar kunyit dipergunakan sebagai bahan lulur untuk mencerahkan kulit. Kunyit juga dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan. Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang bisa kamu peroleh dari kunyit untuk merawat kecantikan wajahmu, mulai dari masalah jerawat, penuaan, pigmentasi, kulit berminyak, dan masih banyak lagi. Yuk simak infonya lebih lanjut.

Meredakan jerawat

Meredakan jerawat dengan kunyit

Kunyit mengandung zat anti inflamasi sehingga bisa dipergunakan untuk mengurangi jerawat. Selain itu, kunyit juga merupakan bahan pengelupas ringan yang dapat mengurangi tanda-tanda penuaan sekaligus menjaga pori-pori kulit agar tetap bersih dengan menyeimbangkan produksi minyak.

Untuk menghilangkan jerawat menggunakan kunyit, campurkan sejumput kunyit yang sudah dihaluskan dan 1 sdm pisang matang yang sudah dihaluskan. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 5-10 menit. Bilas dengan air hangat. Resep ini benar-benar ampuh karena kunyit memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, serta antibakteri. Sementara itu pisang kaya akan potasium dan zat besi yang sangat baik untuk meredakan iritasi. Belum lagi enzim naturalnya yang juga efektif mengurangi jerawat.

Mengurangi Noda Gelap, Pigmentasi dan Melasma Di Wajah

Mengurangi noda hitam dengan kunyit

Kulit memiliki kandungan yang dapat menyeimbangkan warna, bahan herbal ini juga bisa menambah kecerahan dan tekstur kulit. Selain itu, antioksidannya juga sangat cocok untuk mengurangi efek negatif akibat pola makan yang tidak sehat, serta efek samping sinar matahari. Kedua faktor ini bisa menjadi penyebab hiperpigmentasi pada kulit dan kunyit sudah lama dipercaya mampu melindungi kulit dan membuatnya semakin bersinar.

Siapkan 1/8 sdt kunyit bubuk, 1 sdt gula merah, 1 sdt air tomat, ½ sdt air lemon, dan air teh hijau hangat. Aduk semua bahan menjadi satu hingga membentuk pasta. Gunakan pada wajah selama 12-15 menit, dan bersihkan dengan air. Dalam resep ini, kunyit mendukung fungsi antipigmentasi dari gula merah dan lemon, yang merupakan sumber alpha-hydroxy acids (glycolic acid and citric acid).  

Menghapus Garis-garis Halus, Keriput dan Tanda-tanda Penuaan Kulit Lainnya

Menghapus garis-garis halus

Sebagai antioksidan, kunyit menjaga dan memperbaiki kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas yang menumpuk. Misalnya saja paparan sinar matahari langsung yang berlebihan dapat mengakibatkan kerusakan radikal bebas yang terlihat dari garis-garis halus, keriput, dehidrasi dan noda matahari.

Kamu bisa mengkombinasikan ¼ sdt kunyit bubuk, 2 sdt anggur yang sudah dihaluskan, 1 sdt teh hitam dingin, 1 sdt brown sugar, dan rose water secukupnya. Campurkan hingga rata dan aplikasikan pada kulit wajah kecuali area mata. Cuci setelah 15 menit. Selain kunyit, sumber antioksidan dari resep ini adalah anggur dan teh yang akan memperbaiki kulitmu dan mengurangi tanda-tanda penuaan dengan melindunginya dari radikal bebas.    

Mendetoks Kulit

Mendetoks kulit menggunakan kunyit

Kunyit mengatur produksi minyak, mengurangi inflamasi, serta menyembuhkan bekas luka, terutama bekas luka karena jerawat. Untuk membuat masker detoks dari kunyit, gunakan kunyit bubuk secukupnya, 1 sdm buncis halus, dan 1 sdm air. Campur dan pastikan kalau kamu memasukkan kunyit dalam jumlah yang cukup hingga warna adonan kuning. Kemudian oleskan pada wajah, biarkan mengering dan bilas. Kamu bisa menyimpan sisanya di dalam kulkas hingga seminggu. Buncis adalah bahan detoks yang sangat bagus, yang mampu mengeluarkan racun, menetralisir radikal bebas, menyembuhkan kerusakan akibat sinar matahari, dan menyegarkan kulitmu.

Jadi, sekarang ketika kamu memilih masalah kulit segeralah ambil kunyit. Mudah dan praktis kan, ladies? Selamat mencobanya.

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini