Foto Hati-hati! Jika Kamu Merasakan Gejala ini Bisa Jadi Kamu Kekurangan Zat Besi!

Hati-hati! Jika Kamu Merasakan Gejala ini Bisa Jadi Kamu Kekurangan Zat Besi!

Foto Meydiana Widyaningsih
Tubuh mudah lelah dan kepala pusing? Jika kamu mengalami beberapa gejala kesehatan seperti ini, jangan-jangan kamu kekurangan zat besi, ladies!

Apakah akhir-akhir ini kamu sering merasa mudah sekali lelah, pusing dan mudah gelisah? Itu bisa jadi salah satu gejala bahwa kamu kekurangan zat besi. Pada umumnya, kondisi kekurangan zat besi lebih sering dialami oleh wanita terutama ketika wanita sedang mengalami menstruasi, hamil dan menyusui.

Seperti yang mungkin sudah kamu ketahui bahwa zat besi memiliki peran yang sangat penting dalam tubuh yaitu berfungsi untuk membawa oksigen ke dalam aliran darah. Selain itu, zat besi juga berperan sebagai pembentuk hemoglobin darah. Karena itu, fatal sekali akibatnya jika kamu sampai kekurangan zat besi dan tidak mengetahui gejala-gejala awal yang muncul ketika kamu menderita kekurangan zat besi.

5 Tanda Bahwa Kamu Kekurangan Zat Besi

Lalu, apa sajakah gejala kesehatan yang menandakan bahwa kamu mengalami kekurangan zat besi? Berikut uraiannya.

Tubuh Mudah Lesu dan Lelah

Tubuh mudah lesu dan lelah merupakan salah satu tanda kekurangan zat besi

Apakah kamu merasa tubuhmu menjadi mudah sekali lelah padahal tidak terlalu melakukan banyak aktivitas? Wah, bisa jadi kamu kekurangan zat besi! Tubuh akan merasa lebih mudah lesu jika kamu kekurangan zat besi sekalipun kamu sudah beristirahat dan tidur yang cukup. Kekurangan zat besi dalam tubuh juga membuat dirimu menjadi lebih mudah mengantuk karena pasokan oksigen ke otak menurun.

Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan salah satu gejala kekurangan zat besi

Kalau kamu sering mengalami rambut rontok padahal kamu tidak pernah mengalami sebelumnya, maka bisa jadi itu adalah sebuah tanda bahwa kamu mengalami kekurangan zat besi. Zat besi juga memiliki peran dalam proses pertumbuhan dan kesehatan rambut. Jadi, jika kamu kekurangan zat besi maka rambut juga akan lebih mudah rontok.

Kulit Terlihat Pucat

Kulit terlihat pucat bisa jadi pertanda kekurangan zat besi

Salah satu gejala kekurangan zat besi yang sangat mudah terlihat adalah warna kulit yang berubah menjadi lebih pucat terutama pada kulit wajah. Kurangnya zat besi menyebabkan tubuh kekurangan pasokan darah yang mengakibatkan turunnya kadar hemoglobin dalam tubuh sehingga membuat tubuh yang dialiri darah menjadi lebih pucat. Selain itu, mata akan menjadi lebih sering berkunang-kunang dan kehilangan fokus akibat kurangnya daya oksigen dalam mengikat darah.

Kaki dan Tubuh Sering Gemetar

Salah satu gejala kekurangan zat besi lainnya adalah kaki dan tubuh sering gemetar

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa tubuh yang mengalami kekurangan zat besi akan merasakan gangguan pada sistem peredaran darahnya. Hal ini akan lebih mudah dirasakan pada sistem peredaran darah yang ada pada bagian kaki. Hal ini akan menyebabkan tubuh terutama di bagian kaki akan lebih sering mengalami gemetar.

Sering Mengalami Sesak Napas

Sering sesak napas juga merupakan gejala kekurangan zat besi

Wanita yang kekurangan zat besi sudah pasti energi dan tenaga yang dimiliki pun akan berkurang secara perlahan. Hal ini akanmembuatmu menjadi malas bergerak dan beraktivitas. Kalaupun kamu melakukan kegiatan pasti napasmu akan cepat terengah-engah dan sesak.

Kekurangan zat besi yang paling parah adalah timbulnya anemia atau kurangnya kadar sel darah merah dalam tubuh dan tentu saja hal ini akan membahayakan kesehatanmu.


Jadi, apakah kamu sedang mengalami gejala-gejala diatas? Cegahlah gangguan kesehatan akibat kurangnya zat besi dengan rajin mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi agar kamu terhindar dari masalah kesehatan dan tubuh selalu bugar.

Tags:

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani