Foto Cara Melindungi Seluruh Bagian Tubuh dari Sinar Matahari

Cara Melindungi Seluruh Bagian Tubuh dari Sinar Matahari

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Ancaman sinar UV matahari selalu mengintai kita. Oleh sebab itulah ladies, kamu harus lebih sadar akan pentingnya melindungi tubuh dari sinar matahari. Lakukan dengan cara berikut ini.

Ladies, tahukah kamu jika menggunakan tabir surya saja ternyata tidak cukup untuk menjaga kulit kita dari efek buruk sinar UV matahari? Ternyata, kita juga harus mengaplikasikannya lagi setiap 2 jam sekali. Tidak hanya kulit, bagian-bagian tubuhmu yang lainnya pun juga bisa terancam dari bahaya paparan sinar matahari, termasuk rambut, mata, tangan dan kuku. Bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak cara melindungi seluruh tubuhmu dari sinar matahari

Rambut

Memakai topi

Pernah memperhatikan bagaimana rambutmu menjadi kering di musim kemarau? Hal tersebut terjadi karena sinar matahari membakar rambutmu. Jika rambutmu diwarnai sinar matahari juga bisa mengubah warna rambutmu. Untuk melindungi rambutmu dari kekeringan, warna yang berubah, serta kerusakan lainnya, gunakanlah produk perawatan rambut yang mengandung UV protection. Misalnya saja hair balm yang berfungsi melembapkan, menjaga rambut dari sinar UV matahari, serta mempertahankan kilau rambut. Kamu juga bisa mengenakan topi agar dapat melindungi rambutmu secara praktis.

Mata

Menggunakan kacamata hitam

Paparan sinar matahari tak hanya berbahaya bagi kulit, namun juga bisa mempengaruhi kesehatan mata. Menurut The Skin Cancer Foundation, sinar matahari bisa memicu gangguan penglihatan, katarak, degenerasi macular, hingga kanker mata dan kelopak mata. Untungnya, kamu bisa mencegahnya dengan memakai krim mata yang mengandung SPF. Krim tersebut juga akan menghilangkan lingkaran hitam pada matamu. Gunakan juga sunglasses ketika berada di luar ruangan.

Bibir

Lipbalm Moogoo

Sumber: NADEKO

Kulit di bagian bibir sangatlah tipis, sehingga mudah terbakar. Lambat laun, bibir yang terus menerus terkena sengatan sinar matahari akan semakin keriput dan kehilangan kolagennya. Tapi tak perlu khawatir, karena ada berbagai macam produk lip balm yang mengandung SPF. Pilih yang mengandung SPF broad spectrum agar perlindungan yang diberikan lebih maksimal.

Wajah

Astalift untuk wajah

Sumber: NADEKO

Kalau saat ini kamu belum rutin memakai SPF setiap hari, mulailah dari sekarang. Menggunakan SPF adalah hal paling penting yang harus kamu lakukan terhadap kulitmu. SPF akan membantu mencegah kanker dan memperlambat munculnya tanda-tanda penuaan. Rutin memakai SPF merupakan bentuk investasi jangka panjang bagi kecantikan kulitmu. Kamu bisa menggunakan pelembab atau primer yang mengandung tabir surya sebagai dasar makeup-mu

Tangan

Lotion untuk tangan

Tangan juga merupakan bagian yang sering terekspos sinar matahari. Kalau kamu gemar manicure, lampu UV yang dipakai untuk perawatan tersebut juga memiliki efek yang sama dengan sinar matahari. Oleh karenanya, pakailah hand cream dengan kandungan broad spectrum SPF, akan mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit tangan. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan UV topcoat untuk melindungi kuku serta mempertahankan warna cat kukumu.  

Tubuh

Menggunakan lotion untuk tubuh

Untuk tubuhmu, aplikasikan setidaknya SPF 15 setiap hari atau pilihlah SPF 30 kalau kamu akan berada di bawah terik matahari dalam waktu yang lama. Jangan terlalu tipis menggunakannya dan perbarui lagi setiap 2 jam sekali. 

Nah itu dia ladies, cara melindungi diri seluruh bagian tubuhmu dari sinar matahari. Sekarang kamu tidak perlu takut lagi dengan sinar matahari kan?

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini