Foto Kenali 4 Gejala Awal Kanker Serviks Ini! Jangan Sampai Terlambat!

Kenali 4 Gejala Awal Kanker Serviks Ini! Jangan Sampai Terlambat!

Foto Wikan Saputri
Wikan Saputri
Contributor
Jangan sampai terlambat, ladies! Inilah gejala awal kanker serviks yang wajib kamu ketahui!

Dari seluruh kasus penyakit kanker di Indonesia, lebih dari 50% di antaranya merupakan kasus kanker serviks atau kanker leher rahim. Ini menjadi bukti bahwa penyakit ini merupakan salah satu penyakit penyebab kematian paling besar di Indonesia. Oleh karena itu alangkah lebih baik jika kita mengetahui informasi tentang kanker srviks ini sedini mungkin.

Selain sebagai proses pencegahan, hal ini penting diketahui agar penderita yang mengalami gejala kanker serviks ini dapat langsung menghubungi dokter untuk mendapatkan perawatan awal bagi penderita kanker serviks karena jika sudah memasuki tingkat akut, kanker jenis ini sangat sulit untuk disembuhkan.

Penyebab Kanker Serviks

Seperti penyakit lain, kanker serviks juga memiliki pemicu timbulnya penyakit mematikan ini. Pemicunya adalah virus yang dapat menyerang siapa saja. Virus ini biasa disebut dengan istilah HPV (Human Papilloma Virus) yang meyerang bagian intim wanita. Biasanya, virus ini ditandai dengan munculnya kutil kecil pada mulut rahim, jika daya tahan tubuh baik dan kuat, kutil ini akan sembuh dengan sendirinya. Namun, yang berbahaya hanya ada pada jenis virus HPV tipe 16 dan 18 yang tidak dapat sembuh dengan sendirinya. Virus ini sangat cepat menular dari individu satu ke yang lain dengan perantara cairan maupun sentuhan kulit saja.

Gejala Awal Kanker Serviks yang Perlu Kamu Ketahui

Jika kamu mengalami salah satu dari 4 gejala kanker serviks berikut ini, ada baiknya kamu segera memeriksakan dirimu ke dokter. Berikut ini adalah 4 gejala kanker serviks:

1. Pendarahan yang Tidak Normal Pada Organ Kewanitaan 

Hal ini berbeda dengan darah haid yang muncul saat datang bulan. Tentu saja kamu akan tahu apakah itu darah haid atau bukan dengan cara mengingat frekuensi pendarahan yang terjadi. Apakah lebih dari 2 kali dalam sebulan? Jika iya, segera periksakan ke dokter ahli untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Nyeri Pada Bagian Pinggul

Gejala kanker serviks selanjutnya adalah munculnya rasa nyeri pada bagian pinggul secara terus-menerus. Rasa nyeri ini muncul dengan sebab yang tidak diketahui. Hal ini bisa menjadi gejala awal kanker serviks yang harus kamu waspadai, ladies!

3. Keputihan yang Tidak Normal

Apabila kamu mengalami keputihan melebihi normal pun, sebaiknya segera diperiksakan ke dokter ahli, ladies! Apalagi jika keputihan tersebut sudah berwarna dan berbau tak sedap.

4. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat Drastis 

Apakah kamu belakangan ini lebih sering buang air kecil daripada biasanya, padahal kamu mengonsumsi air putih dengan jumlah normal seperti biasanya ?Jika ya, sebaiknya kamu segera diperiksakan ke dokter, karena hal ini juga merupakan salah satu gejala awal kanker serviks!


Nah, itulah gejala awal kanker serviks yang wajib kamu tahu, ladies! Jika padamu terdapat salah satu di antara 4 gejala di atas, segera saja periksakan dirimu ke dokter kepercayaanmu untuk mendapatkan perawatan dini jika memang terdapat potensi kanker serviks.

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani