Kawaii Beauty Japan

Japan

Si ‘Klotak Klotak’ Geta: Sandal Jepit Khas Jepang

Taukah kamu apa itu bakiak ala Jepang? Yuk simak bahasan tentang Geta, bakiak ala Jepang di artikel ini!

Istiarina Putri

Apa kalian tahu sandal tradisional Jepang yang terbuat dari kayu? Ya, nama sandal tersebut adalah Geta. Sandal yang kerap kali mengeluarkan suara ‘klotak klotak’ ketika digunakan ini adalah sandal tradisional Jepang yang sudah ada dari tahun 1970.

Alasan Memakai Geta

Alasan wanita-wanita Jepang jaman dahulu mengenakan sandal ini adalah untuk mempermudah mereka yang ke mana-mana harus menggunakan kimono. Karena kimono sering kali menggantung dekat mata kaki. Di jaman dulu, jarang sekali ada jalan yang disemen bukan? Akan sangat merepotkan kalau ketika jalan, kimono terkena cipratan-cipratan noda lumpur dan sebagainya. Akhirnya diciptakanlah sandal bernama Geta ini.

Geta sangat sulit dibawa berjalan. Membutuhkan banyak latihan sebelum akhirnya para wanita Jepang muda dapat berjalan dengan menggunakannya.

Terbuat Dari Apa Sih Si Geta ini?

Geta terbuat dari satu balok kayu yang padat dan dua balok kayu lebih kecil yang berdiri melintang di bawah balok utama. Biasanya, digunakan plat logam pada sisi balok yang menyentuh tanah secara langsung. Hal ini dapat menambah ketahanan Geta sehingga awet digunakan. Di bagian atas sandal, terdapat tali dari kain yang membentuk huruf V untuk memasukkan jemari kita.

Kalau kamu main-main ke Jepang, coba cari ke tempat penyewaan kostum dulu karena di situ pasti terdapat geta, plus kamu bisa minta difoto di tempat.

 

 

Tagged in:
Istiarina Putri
Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.
Share this article

Artikel Terkait