Foto Makanan Tahun Baru Khas Jepang

Makanan Tahun Baru Khas Jepang

Di Jepang, tahun baru dirayakan secara meriah. Di Jepang sendiri, ternyata banyak tersedia hidangan tradisional khas tahun baru yang bisa dinikmati. Yuk simak bersama!

Tidak terasa tahun 2013 akan segera berakhir dan berganti tahun 2014. Seluruh dunia akan merayakan tahun baru dengan berbagai tradisi dan budaya nya. Termasuk membuat hidangan istimewa. Seperti negara Jepang yang sudah terkenal akan kelezatan masakannya. Yuk kita lihat apa saja sih makanan khas Jepang yang biasa disajikan di tahun baru:

Mochi

Tentu kamu sudah sering mendengar nama makanan yang satu ini. Menjelang tahun baru, masyarakat Jepang biasanya mengadakan acara menumbuk mocha atau disebut mochitsuki. Disini akan ada seorang yang menumbuk dan seorang lagi bertugas membolak-balik adonan mochi dengan tangan yang sudah dibasahi air. Terdengar mudah, namun ini harus dilakukan dengan cepat kalao tidak mau tangan kamu yang jadi korbannya. Mochi dibuat dari beras ketan yang ditanak dan kemudian dimasukkan kedalam palung untuk ditumbuk hingga membentuk gumpalan besar berwarna putih. Mocha ini dimakan sebagai pengganti nasi selamas tahun baru.

Nanakusa

Nanakusa atau yang berarti tujuh rumput adalah bubur yang dimasak dengan menggunakan tujuh jenis tanaman (beras, jewawut, proso milet, Echinochloa esculenta, kacang azuki, Beckmannia syzigacne, wijen) yang ditambahkan sedikit garam. Bubur ini biasa dimakan saat masyarakat Jepang merayakan penutupan tahun baru, skitar tanggal 7 Januari. Bubur ini dipercaya mampu menjauhkan seseorang dari segala jenis penyakit.

Soba

Soda adalah salah satu mie tradisional dari Jepang, dan mungkin kamu sudah cukup familiar dengan namanya. Soba biasanya dimakan pada oomisoka atau malam tahun baru. Tradisi memakan soba ini diberi nama Tashikoshi Soba. Dengan memakan soba di malam tahun baru, dipercaya kamu akan melalui tahun baru dengan lancar dan tanpa halanngan apapun.

BACA JUGA: Hati-hati Konsumsi Mie Instan dengan Nasi

Osechi Ryori

Makanan ini hanya bisa kamu temui setahun sekali, yaitu pada awal malam pergantian tahun. Osechi ryori dibagi menjadi 2, makanannya itu sendiri dan Jubako, tempat makan yang biasanya berwarna – warni. Makanan yang ada dalam Jubako, juga memiliki arti tersendiri seperti untuk kesehatan kesuburan, panen melimpah, panjang umur, kebahagiaan, dll.

Konbu

Makanan yang sejenis dengan rumput laut ini melambangkan sukacita, dan ikan haring yang dibuat sushi sendiri melambangkan harapan agar diberkati dengan diberi banyak anak di tahun mendatang.

Waaah banyak sekali yah makanan khas Jepang yang digunakan untuk merayakan tahun baru. Apapun jenis makanannya, tentunya kita harus selalu bersyukur atas makanan yang telah diberikan, dan tentunya mengharapkan tahun depan akan menjadi tahun yang lebih baik.

Artikel Selanjutnya

Foto Istiarina Putri

Istiarina Putri

Community Coordinator Kawaii Beauty Japan. Di waktu luangnya juga aktif menulis sebagai beauty blogger dan menyukai kosmetik asal Jepang, terutama skin carenya.

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini