Foto 6 Obat Batuk Tradisional Paling Manjur

6 Obat Batuk Tradisional Paling Manjur

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Cuaca yang tidak menentu seringkali membuat tubuh lebih riskan terserang batuk. Jika batuk melanda, tak perlu buru-buru membeli obat batuk di apotek. Coba dulu obat batuk tradisional ini!

Batuk bisa disebabkan oleh infeksi virus, flu, atau rokok. Batuk juga seringkali dibarengi dengan rasa gatal di tenggorokan, sakit di dada, serta hidung tersumbat. Jika dibiarkan, batuk bisa mengganggu aktifitasmu dan membuatmu tidak produktif. Obat batuk yang dipasarkan di apotik kebanyakan mengandung bahan kimia, dan itu dapat membawa efek samping pada tubuh. 

Obat Batuk Tradisional Paling Manjur

Oleh sebab itu, segera sembuhkan batuk dengan obat batuk tradisional yang paling manjur berikut ini!

Kunyit

Obat batuk tradisional kunyit

Obat batuk tradisional yang pertama adalah kunyit. Kunyit sangat baik untuk mengobati batuk, terutama batuk kering. Untuk membuat obat batuk tradisional dari kunyit, siapkan  ½ cangkir air, 1 sdt bubuk kunyit, 1 sdt merica hitam, kayu manis batang, dan 1 sdm madu. Panaskan air, kemudian tambahkan bubuk kunyit, merica hitam, dan kayu manis. Rebus selama 2 hingga 3 menit. Masukkan madu, dan minumlah setiap hari sampai batuk sembuh. Atau, kamu juga bisa memanggang kunyit dan menghaluskannya, kemudian mencampurkannya dengan air dan madu. Minum ramuan obat batuk tradisional ini 2 kali sehari.

Jahe

Jahe sebagai obat batuk tradisional

Jahe sudah lama digunakan sebagai obat batuk tradisional. Kamu hanya perlu memotong jahe segar menjadi potongan kecil-kecil dan menggepreknya. Rebus jahe bersama 1 cangkir air hingga mendidih. Minum air jahe ini 3 hingga 4 kali sehari untuk mengurangi rasa sakit pada tenggorokan, meredakan batuk non-stop, serta hidung tersumbat. Kamu juga bisa menambahkan air lemon dan madu. Cara lain untuk memakai jahe sebagai obat batuk tradisional adalah dengan mengunyah jahe mentah.       

Lemon

Lemon sebagai obat batuk tradisional

Lemon bisa digunakan dengan berbagai cara untuk mengatasi batuk. Buah ini memiliki khasiat yang bisa mengurangi inflamasi dan menyediakan vitamin C yang dapat melawan infeksi. Caranya, buatlah sirup lemon dengan mengkombinasikan 2 sdm air lemon dengan 1 sdm madu. Minumlah sirup ini beberapa kali dalam sehari. Kamu juga bisa mencampur air lemon dengan sedikit madu dan cabe rawit menjadi obat batuk tradisional, kemudian meminumnya untuk mengobati batukmu.  

Bawang Putih

Bawang putih sebagai obat batuk tradisional

Bumbu yang satu ini mengandung antibakteri dan antimikroba, sehingga sangat efektif untuk mengatasi batuk. Rebuslah 2-3 siung bawang putih bersama dengan 1 cangkir air. Tambahkan 1 sdt oregano, dan dinginkan. Kemudian campurkan madu, dan minumlah. Ramuan bawang putih ini akan membantu pernafasanmu dan meringankan gejala-gejala batuk lainnya. Cara yang lebih mudah adalah dengan memakan 1 siung bawang putih bersama dengan beberapa tetes minyak cengkeh serta madu untuk dijadikan obat batuk tradisional dan mengobati tenggorokanmu.

Bawang Merah

Bawang merah sebagai obat batuk tradisional

Cara lain yang sangat mudah dan alami untuk mengobati batuk adalah dengan memotong bawang merah, dan menghirup baunya. Aroma bawang merah yang kuat dapat membantu mengurangi batuk. Atau, buat saja sirup dari air bawang merah bakar, teh, dan madu. Minum obat batuk tradisional ini setiap hari agar batukmu reda.

Susu Panas dan Madu

Susu panas dan madu sebagai obat batuk tradisional

Susu panas dan madu dapat dijadikan obat batuk tradisional meredakan batuk kering dan mengurangi rasa sakit pada dada karena batuk yang tak kunjung sembuh. Agar maksimal, minumlah sebelum tidur. Untuk mendapatkan khasiat yang lebih ampuh, minumlah 1 sdt madu ketika perut dalam keadaan kosong. Ini akan membantumu membersihkan lendir dan melegakan tenggorokanmu.


Salah satu keuntungan menggunakan obat batuk tradisional ini adalah kamu tidak akan terkena efek samping seperti ketika mengkonsumsi obat-obatan kimia. 

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani