Foto 5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami

5 Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Karena lebih berminyak, hidung seringkali ditumbuhi komedo. Untuk menghilangkannya, kamu bisa memanfaatkan bahan-bahan alami yang tersedia di sekitarmu. Yuk simak resepnya!

Komedo bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Di antaranya adalah kulit berminyak, iritasi kantung rambut, penumpukan sel-sel kulit mati dan bakteri, perubahan hormon selama masa puber, kehamilan, dan menstruasi, serta konsumsi obat-obatan tertentu. Komedo seringkali lebih banyak muncul di hidung. Meski tidak sebesar jerawat, namun kemunculan bintik-bintik hitam pada hidung tetap saja mengganggu.

Cara Menghilangkan Komedo di Hidung Secara Alami

Agar hidungmu bersih bebas komedo, gunakan saja cara alami menghilangkan komedo di hidung berikut ini!

Masker Putih Telur

Cara menghilangkan komedo secara alami dengan putih telur

Cara menghilangkan komedo secara alami yang pertama ini adalah cara yang paling mudah! Ketika diaplikasikan, putih telur dapat mengencangkan pori-pori kulitmu, yang tidak hanya menghilangkan komedo, namun juga mencegahnya muncul kembali.

Kamu hanya memerlukan putih telur, beberapa helai tisu wajah, handuk bersih, dan mangkuk kecil. Pertama-tama basuh dan keringkan wajahmu, kemudian oleskan putih telur tipis-tipis pada hidung yang berkomedo. Agar lapisan putih telur bisa tipis, tutupi permukaannya dengan tisu, dan tekan perlahan. Ketika lapisan pertama ini sudah akan kering, lakukan lagi hingga 3 lapis. Setelah itu angkat lapisan tisu tersebut dan bersihkan muka dengan air.  

Pore Strips dari Madu dan Susu

Cara menghilangkan komedo secara alami dengan madu dan susu

Kebanyakan orang menggunakan pore strips sebagai cara menghilangkan komedo. Tapi, bagaimana jika ingin pore strips yang alami? Kamu bisa menggunakan madu dan susu, lho! Madu dan susu memiliki kandungan yang sangat bermanfaat bagi kulit. Asam laktat dari susu sangat melembutkan kulit, sedangkan madu memiliki antibakteri yang cukup efektif untuk menghilangkan komedo di hidung.

Campurkan 1 sdt susu dan 1 sdm madu mentah. Panaskan campuran ini hingga berbentuk pasta. Dinginkan sebentar, kemudian gunakan pada hidung yang berkomedo. Tutupi olesan ini dengan kain atau kapas bersih, dan biarkan kering selama 20 menit. Setelah itu kelupaslah kain atau kapas penutupnya sehingga komedo ikut terangkat. Bilas wajah dengan air dingin.   

Air Lemon

Cara menghilangkan komedo secara alami dengan air lemon

Cara menghilangkan komedo di hidung yang terbaik adalah dengan mengecilkan pori-pori kulitmu, dan air lemon merupakan bahan astringent alami yang sangat efektif untuk melakukan tugas tersebut. Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk menghilangkan komedo secara alami ini hanyalah 1 buah lemon, botol, dan kapas.

Bersihkan wajahmu terlebih dahulu, dan keringkan. Peras air lemon dan simpan di dalam botol. Ambil sedikit kapas, dan basahi dengan air lemon tadi. Oleskan pada hidung sebelum tidur, dan bilas dengan air di pagi harinya. Komedo pun akan semakin berkurang dari hari ke hari. Jangan lupa untuk memakai pelembab setelahnya. Air lemon itu bisa kamu simpan di dalam kulkas hingga 1 minggu.   

Teh Hijau

Cara menghilangkan komedo secara alami dengan teh hijau

Teh hijau kaya akan antioksidan. Bahan ini tidak hanya mengurangi minyak dan iritasi pada kulit, namun juga menjaganya dari kerusakan. Cara menghilangkan komedo pada hidung dengan menggunakan teh hijau sangat mudah, lho! 

Seduhlah 2 kantung teh hijau dengan air panas selama setengah jam, lalu masukkan ke dalam kulkas agar lebih dingin selama 1 jam. Basuh wajah dengan sabun yang lembut, dan keringkan. Ambil kapas, dan basahi dengan seduhan teh hijau. Aplikasikan pada hidung yang berkomedo, dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas, dan pakailah pelembab. Lakukan setiap hari selama 1 minggu, dan kamu akan melihat hidungmu semakin bersih, bebas dari komedo.

Kunyit dan Daun Mint

Cara menghilangkan komedo secara alami dengan kunyit dan daun mint

Kunyit adalah bahan herbal yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan. Sementara itu mint memiliki efek mendinginkan yang dapat membantu mencegah iritasi kulit. Kamu bisa memanfaatkan kedua bahan ini sebagai cara menghilangkan komedo secara alami pada hidung.

Campurkan 2 sdt kunyit bubuk dan 3 sdt air mint hingga membentuk pasta. Gunakan pasta ini pada hidung dan biarkan selama 10 menit. Setelah itu bilas dengan air dingin. Selain menghilangkan komedo, kunyit juga dapat mencegah infeksi pada kulit, serta membuat kulit semakin bercahaya.


Pilihlah salah satu cara menghilangkan komedo secara alami pada hidung saja, dan jangan berganti-ganti, karena justru tidak akan efektif. Selamat mencoba, ladies!

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini