Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Inilah 6 Cara Cepat Tidur Berdasarkan Kebiasaan Orang Sukses

Tak ada ruginya mencontoh 6 kebiasaan orang sukses berikut ini. Siapa tahu kita juga segera ikut sukses.

Melisa

Semua orang tentu ingin menjadi pribadi yang sukses ya, ladies. Sukses itu relatif. Tidak ada yang bisa mengukur kesuksesan secara pasti. Namun biasanya kesuksesan diukur dengan pencapaian karir yang baik serta reputasi populer. Demi mencapai kesuksesan, setiap orang punya caranya sendiri- sendiri ketika berjuang. Kebiasaan hidup sehari- hari juga dapat mempengaruhi pencapaian kesuksesan lho. Sebab waktu yang dimiliki harus dimanfaatkan sebaik-baiknya supaya dirimu jadi produktif. Sebelum tidur di malam hari, kamu bisa mencontoh 6 kebiasaan orang sukses berikut ini, yuk simak.

Mematikan Ponsel Ketika Hendak Tidur

Mematikan hp

Co-founder Huffington Post, Arianna Huffington merasa kapok dengan stres yang sering dialaminya menjelang tidur. Oleh sebab itu, Arianna selalu mematikan ponselnya sebelum tidur. Sehingga notifikasi ponsel tak mengganggu waktu tidurnya yang berharga. Seorang profesor Universitas Harvard yang meneliti tentang perilaku tidur, Dr. Charles Czeisler, menyatakan bahwa cahaya dari ponsel dan lampu memang bisa mengganggu ritme tidur. Sebab cahaya tersebut membuat otak seakan berada di siang hari dan rasa kantuk malam hari pun sulit datang.

Membaca Buku Selama 1 Jam

Membaca buku sebelum tidur

Ini nih yang dilakukan sang pemilik Microsoft di malam hari. Ya, Bill Gates memang selalu membaca buku selama 1 jam di malam hari. Penelitian yang dilakukan University of Essex tahun 2009 menyatakan bahwa membaca buku minimal 6 menit setiap hari bisa mengurangi risiko stres hingga 68%. Membaca buku adalah aktivitas yang baik untuk mempertahankan kesehatan mental dan memori. Karena seiring dengan bertambahnya usia, manusia cenderung kehilangan kemampuan kognitif hingga 32%.

Jalan-Jalan Sebentar di Malam Hari

Jalan jalan malam

CEO Buffer yang super sibuk punya cara tersendiri untuk melepaskan beban pekerjaan dari pikirannya. Ia terbiasa berjalan-jalan cepat di malam hari agar lekas kelelahan dan bisa tidur nyenyak. Selain itu, CEO Buffer juga mengatakan bahwa ia kerap menemukan solusi pekerjaan ketika berjalan- jalan di malam hari. Maklum saja, aktivitas fisik memang membuat sistem peredaran darah jadi lancar dan otak pun mendapatkan nutrisi yang cukup untuk menghasilkan ide kreatif.

Meditasi

Meditasi

Tak banyak orang yang rutin melakukan meditasi sebelum tidur. Tetapi menurut penelitian di tahun 2014 yang melibatkan 19.000 kasus, meditasi memang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Melakukan meditasi secara rutin dapat meringankan rasa sakit, depresi, stres, dan kecemasan. Itulah sebabnya Oprah Winfrey, sang pembawa acara dan aktris populer, senantiasa menyempatkan diri untuk bermeditasi di malam hari. Ketika pikiran dan tubuh sudah rileks, tidur tentu menjadi lebih menyenangkan dan berkualitas.

Mewujudkan Ide-Ide Kreatif

Mewarnai

Penelitian yang dilakukan Albion College menyatakan bahwa waktu kreatif seseorang justru berbanding terbalik dengan waktu produktivitasnya. Jadi, bila kamu termasuk orang yang sering beraktivitas di pagi hari (morning person), maka waktu kreatifmu ada di malam hari. Itulah sebabnya Vera Wang, salah seorang desainer kelas dunia asal Amerika Serikat, meluangkan waktunya di malam hari untuk membuat sketsa. Tak hanya menimbulkan perasaan rileks, ide- ide kreatif yang muncul di malam hari pun menjadi hal yang brilian dan mendukung produktivitas kerja.

Merencanakan Agenda Kegiatan untuk Esok Hari

Menulis agenda

CEO American Express, Kenneth Chenault, terbiasa menggunakan waktunya di malam hari untuk merencanakan kegiatan di esok hari. Biasanya Kenneth sudah memikirkan 3 hal sehingga ia bisa segera mengerjakannya di keesokan hari. Hal seperti ini pernah diteliti sejak tahun 90-an pada kelompok mahasiswa.Hasilnya, mahasiswa dengan manajemen waktu yang baik memiliki nilai-nilai akademik yang lebih baik daripada mahasiswa yang tidak pandai mengatur waktu. Jadi, sudah jelas kan mengapa Kenneth Chenault bisa menjadi salah satu orang sukses paling berpengaruh di dunia?

Nah, itu dia ladies cara cepat tidur berdasarkan kebiasaan orang sukses. Yuk segera memulai kebiasaan baik di malam hari dan bersiaplah untuk takjub dengan hasilnya.

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy