Foto 5 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

5 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Meski tidak berbahaya, varises bisa menyebabkan rasa tidak nyaman, seperti bengkak, sakit, dan gatal. Belum lagi penampilan kaki yang sedikit terganggu. Untuk itu, atasi varises dengan cara alami ini.

Varises biasanya terlihat berupa garis-garis merah atau biru pada permukaan kulit, seperti sarang laba-laba atau ranting-ranting pohon. Varises seringkali ditemukan pada kaki, tangan, dan wajah, terutama di sekitar hidung, pipi, dan dagu. Hal ini terjadi karena kerusakan atau melemahnya katup pada pembuluh darah. Penyebabnya bisa bermacam-macam, seperti sirkulasi darah yang buruk, usia, keturunan, pembekuan darah, pil KB, perubahan hormon, berdiri atau duduk terlalu lama, pakaian yang terlalu ketat, obesitas, sembelit, dan terekspos sinar UV matahari. Ketika varises hadir di kakimu, pasti kamu akan merasa terganggu dan kurang percaya diri kan, ladies? Nah yuk simak cara menghilangkan varises dengan alami seperti berikut ini.

Minum Air Jahe

Air Jahe

Jahe bisa membantu sirkulasi darah sehingga sangat bermanfaat untuk meringankan varises. Jahe juga dapat memecah fibrin, yaitu protein darah yang menumpuk di area pembuluh darah yang rusak. Untuk mendapatkan manfaatnya, potong-potong 1 inci jahe segar. Masukkan ke dalam 2 cangkir yang mendidih. Masak dengan api kecil selama 10 menit. Saring, dan tambahkan madu. Tunggu sampai hangat dan minumlah 2- 3 kali setiap hari.    

Kompres Dengan Cuka Apel

Cuka apel

Cuka apel juga cukup efektif untuk mengatasi varises. Bahan ini memperbaiki aliran dan sirkulasi darah, sehingga mampu mengurangi pembengkakan dan rasa sakit. Celupkan sepotong kain pada cuka apel. Gunakan untuk mengkompres varises selama 15- 20 menit. Lakukan 2- 3 kali dalam sehari selama beberapa hari. Selain itu, minum juga segelas air yang ditambahkan 2 sdt cuka apel dan madu sebanyak 2 kali dalam sehari.

Manfaatkan Horse Chestnut

Berangan kuda

Bahan herbal horse chestnut membantu memperkuat pembuluh darah, sehingga berguna untuk mengatasi varises dan permasalahan lain pada pembuluh darah. Bahan ini juga memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bengkak. Kamu bisa membeli gel horse chestnut dan mengoleskannya pada bagian yang terkena varises, atau mengkonsumsi suplemen horse chestnut. Namun, bahan ini sebaiknya dihindari oleh wanita hamil atau menyusui, serta mereka yang memiliki masalah ginjal dan hati.

Pijat Dengan Rutin

Dipijat

Memijat bagian yang mengalami varises secara teratur merupakan cara alami dan mudah untuk meningkatkan sirkulasi. Selain itu, pijatan juga dapat mengurangi rasa sakit dan inflamasi. Gunakan extra-virgin coconut oil atau extra-virgin olive oil yang sudah dihangatkan dan pijat dengan tekanan kuat namun gerakan yang lembut. Pijatlah selama 10 menit, 3-4 kali setiap hari.

Olahraga

Olahraga

Ketika berolahraga, sirkulasi darah di seluruh tubuhmu akan meningkat, memperkuat tubuh, dan pembuluh darah. Olahraga ringan setiap hari dapat memerangi obesitas dan mengatasi masalah pada pembuluh darah. Berjalanlah selama 30 menit, 5 kali dalam seminggu. Juga, berjalan-jalanlah selama 10 menit setiap 2- 3 jam. Lakukan aktifitas yang dapat meningkatkan sirkulasi, termasuk jogging, berenang dan naik turun tangga setiap harinya.   

Nah itu dia ladies, cara mengatasi varises secara alami. Kamu sebaiknya juga memperhatian posemu. Jangan duduk atau berdiri dengan posisi yang sama terlalu lama. Kontrol juga konsumsi garam, banyak minum air putih, serta makanan berserat ya!  

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani