Foto 5 Makanan yang Dapat Membantumu Menjaga Kesehatan Mata

5 Makanan yang Dapat Membantumu Menjaga Kesehatan Mata

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Sebagai indera yang fungsinya sangat vital, menjaga kesehatan mata agar selalu sehat adalah hal yang tidak boleh diabaikan. Perbaiki pola makanmu dengan memilih makanan yang lebih bersahabat bagi mata

Kesehatan mata sangat dipengaruhi oleh pola makan seseorang. Untuk meningkatkan sirkulasi darah mata, kamu harus mengkonsumsi makanan yang rendah lemak jenuh dan Trans. Makanan yang tinggi antioksidan juga bisa membantu mencegah ARMD (Age Related Macular Degeneratio), yang merupakan penyebab utama kebutaan pada orang-orang berusia lanjut, selain katarak dan gangguan penglihatan lainnya.

Sebuah studi menunjukkan jika orang yang mengkonsumsi antioksidan, vitamin C, beta-carotene, dan vitamin E, memiliki resiko 25% lebih rendah untuk terkena ARMD. Jadi mulai sekarang, pilihlah makanan yang dapat meningkatkan kesehatan matamu, seperti yang berikut ini.  

Konsumsi Makanan Ini Untuk Membantu Menjaga Kesehatan Mata

Jaga kesehatan matamu dengan makanan ini:

Tomat

Tomat untuk menjaga kesehatan mata

Tomat kaya sekali akan karoten, seperti lycopene yang memberikan warna merah cerah. Berdasarkan penelitian, lycopene di dalam jaringan okular membantu menjaga kesehatan mata, khususnya retina dan area di sekitarnya. Tomat juga merupakan sumber vitamin C yang sangat bagus, yang juga berguna untuk daya pengelihatanmu. Tomat segar dengan minyak zaitun di dalam salad dapat membantu meningkatkan penyerapan lycopene di dalam tubuh.

Kale dan Bayam

Kale dan bayam untuk menjaga kesehatan mata

Bayam, kale, dan sayuran hijau lainnya mengandung 2 macam antioksidan penting, yaitu zeaxanthin dan lutein. Macula adalah bagian penting dari retina yang menghalangi sinar matahari dan melindungi mata dari cahaya yang membahayakan. Zeaxanthine dan lutein menyerap cahaya biru yang berbahaya bagi retina. Keduanya tidak hanya memperbaiki penglihatanmu, namun juga memelihara kesehatannya dalam jangka panjang. Kombinasikan dengan sayuran hijau dan minyak zaitun untuk penyerapan yang lebih baik karena zeaxanthin dan lutein larut dalam lemak.

Telur

Telur untuk menjaga kesehatan mata

Makanan selanjutnya yang bagus untuk menjaga kesehatan mataSeperti halnya kale dan bayam, serta sayuran hijau lainnya, kuning telur juga mengandung antioksidan zeaxanthin dan lutein yang sangat tinggi. Dalam sebuah penelitian, mengonsumsi satu buah telur setiap hari akan meningkatkan kadar zeaxanthin hingga 38% dan lutein hingga 26%. Penelitian tersebut menyebutkan bahwa makan 1 butir telur tiap hari tidak akan meningkatkan kadar kolesterol HDL ataupun LDL. Untuk mendapatkan telur dengan tinggi lutein, ayam bisa diberikan makanan yang kaya akan karoten.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun untuk menjaga kesehatan mata

Pola makan rendah lemak jenuh dan Trans sangat bermanfaat untuk mengatasi infeksi retina. Menurut beberapa studi, diet Mediterania yang kaya akan makanan dari tumbuh-tumbuhan, ikan, dan lemak sehat, dapat membantu meningkatkan penglihatan. Minyak zaitun mengandung lemak jenuh lebih rendah dan bebas lemak Trans. Studi dari Australia menjelaskan jika orang yang mengonsumsi minyak zaitun paling banyak memiliki resiko 48% lebih rendah untuk terkena ARMD.

Salmon

Salmon untuk menjaga kesehatan mata

Selanjutnya, makanan lain yang dapat membantumu menjaga kesehatan mata adalah salmon. Salmon adalah salah satu sumber asam Omega 3 yang sangat baik. Kandungan ini sudah dikenal mampu mengurangi resiko ARMD dan mengobati mata kering. Berdasarkan studi Opthalmology, pola makan tinggi asam Omega 3 dapat mengurangi resiko ARMD hingga 38%. Selain itu, salmon juga memiliki kandungan vitamin D yang sangat tinggi.     


Selain itu, buah-buahan kaya akan vitamin C, seperti stroberi, jeruk Bali, dan lain-lain juga sangat baik bagi mata. Begitu pula dengan biji-bijian dan kacang-kacangan. 

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini