Kawaii Beauty Japan

Makeup

Kosmetikmu Halal Tidak? Baca Cara Cek Kehalalannya Disini!

Kosmetik halal identik dengan agama tertentu, padahal kosmetik halal biasanya bebas dari kandungan hewan, yang kemungkinan besar berbahaya baik bagi kesehatan lho!

Yenni Octavia

Semua wanita tentu senantiasi ingin tampil cantik. Keinginan ini tentu tidak memandang ras, usia, maupun agama. Khususnya para muslimah, terkadang ada rasa khawatir tentang kosmetik yang digunakan, halal atau tidak ya? Oleh karena itu, mari cek cara memilih kosmetik halal dan aman disini.

 

Kosmetik halal identik dengan agama tertentu. Akan tetapi, dari segi sains, hal ini ada benarnya. Kosmetik halal pada umumnya bebas dari kandungan hewan, yang kemungkinan besar berbahaya baik bagi kesehatan maupun proses pembuatannya yang sesuai dengan etika atau tidak.

Berikut ini beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar penggunaan kosmetik tidak mengganggu ibadahmu.

Tips Praktis Memilih Kosmetik Halal dan Aman

  • Label Halal

Jangan  mudah percaya pada tanda halal yang tercantum pada produk. Pastikan ada label MUI beserta label halal tersebut, jika tidak maka kamu perlu meragukannya.

  • Komposisi Bahan

Baca komposisi dan bahan-bahan yang terkandung di dalam produk kosmetik yang akan kamu beli.

Selain itu, jangan lupa periksa sebelum kamu membeli, apakah produk tersebut mengandung zat yang seringkali dianggap haram seperti alkohol dan bahan turunan yang berasal dari babi.

Biasanya komposisi bahan akan ditulis dengan bahasa ilmiah sehingga tidak diketahui halal atau tidak.

Sebaiknya, kamu mencari tahu lebih lanjut di internet ya!

  • Cara Produksi

Halal bukan hanya tentang bahan baku, ladies. Bukan hanya komposisi yang harus diperhatikan, tapi juga proses pembuatannya.

Jika produkmu menggunakan bahan yang terbuat dari ayam, namun ayamnya dipotong dengan cara yang tidak halal, maka produk itu tidak halal.

Atau jika pabrik tersebut melakukan tindakan curang dan melanggar hukum.

Sebaiknya kamu menghindari produk tersebut walaupun ada label halalnya.

  • Mudah Dibersihkan

Sebagai seorang muslimah, menjalankan ibadah sholat lima waktu adalah sebuah kewajiban. Maka pilihlah kosmetik yang mudah dibersihkan, karena banyak kosmetik yang sulit dibersihkan hanya dengan air. Sedangkan kamu tidak selalu punya banyak waktu untuk selalu membersihkannya terlebih dahulu bukan?

BACA JUGA:

Tagged in:
Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait