Foto Berasal dari Negara Manakah Makanan Terlezat di Dunia?

Berasal dari Negara Manakah Makanan Terlezat di Dunia?

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Tiap negara memiliki makanan khas yang mencerminkan pola makan masing-masing penduduknya. Dari berbagai macam negara di dunia, beberapa negara ternyata memiliki makanan dengan kandungan gizi terbaik.

Beberapa studi menunjukan bahwa orang-orang dari negara tertentu memiliki umur yang lebih panjang dari penduduk di negara lain. Ada juga yang memiliki ketahanan lebih tinggi terhadap penyakit tertentu. Ternyata semua itu berkaitan dengan pola makan yang mereka miliki.

5 Negara dengan Makanan Terlezat dan Bergizi di Dunia

Berikut ini adalah 5 negara dengan makanan terlezat dan bergizi di dunia:

Jepang

Makanan tradisional Jepang adalah salah satu makanan yang paling bergizi di dunia, apalagi yang berasal dari pulau Okinawa. Di pulau ini, orang-orangnya banyak yang berusia 100 tahun lebih. Orang-orang Okinawa memiliki kuliner yang kaya akan buah dan sayur untuk memerangi kanker. Terlebih lagi, mereka mengolahnya dengan cara yang sangat sehat, yaitu dengan dikukus atau ditumis sebentar. Di antara bahan-bahannya adalah ubi rambat, teh hijau, bok choy, rumput laut, seafood kaya omega-3, jamur shiitake, dan olahan kedelai. Salah satu kuliner Jepang yang harus dicoba adalah sup miso, yang terdiri dari rumput laut dan tahu.

Yunani

Makanan Yunani

Orang-orang Yunani gemar sekali memasukkan sayuran hijau, buah-buahan segar, kacang-kacangan kaya serat, biji-bijian, minyak zaitun, dan ikan kaya omega-3 ke dalam kuliner khas mereka. Maka tak heran jika kuliner tradisional Yunani mampu mengurangi resiko serangan jantung, diabetes, kanker, dan masalah kesehatan lainnya. Selain itu, orang Yunani juga memiliki kebiasaan makan dalam porsi kecil yang mereka sebut “meze”. Coba saja menu ikan panggang dengan bayam khas Yunani, atau hijau-hijauan lain dengan minyak zaitun dan bawang.  

Vietnam

Menggunakan bahan herbal segar, sayur mayur dan seafood, serta teknik memasak dengan air atau kaldu sebagai pengganti minyak goreng, makanan tradisional Vietnam memiliki kadar gizi yang sangat tinggi dan rendah kalori. Orang-orang Vietnam mengandalkan bumbu-bumbu khas yang mereka miliki, seperti ketumbar, mint, kemangi, dan cabe merah, yang sudah lama digunakan sebagai obat alternatif untuk berbagai macam penyakit, termasuk gangguan pencernaan dan inflamasi. Pho adalah sup mie kaldu yang kaya akan bumbu-bumbu yang mengandung antioksidan.

Italia

Makanan Italia

Salah satu keunggulan kuliner Italia adalah manfaatnya untuk pencernaan. Namun, manfaat yang paling besar berasal dari bahan-bahannya; tomat, minyak zaitun, bawang, oregano, seledri, dan kemangi. Tomat kaya akan lycopene untuk mencegah kanker payudara, bawang mengandung vitamin A dan C, sedangkan minyak zaitun membantu menurunkan kolesterol, mencegah serangan jantung, dan membakar lemak perut. 

India

Makanan India

Makanan India identik dengan bumbu-bumbuan beraroma khas, seperti kunyit, jahe, cabe merah, dan garam masala (campuran jinten, kapulaga, lada hitam, kayu manis, ketumbar, dan lain-lain). Bumbu-bumbuan ini tidak hanya menambah kelezatan, namun juga melindungi tubuh dari berbagai macam kanker. Bahkan kunyit dan jahe dapat memerangi Alzheimer. Orang India juga suka mengkonsumsi yogurt dan lentil yang kaya akan magnesium dan folat. Kari sayur adalah pilihan kuliner India sehat yang sangat tepat untuk dicoba.


Menurutmu, makanan apa yang terezat dan bergizi di Indonesia?

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini