Foto 7 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

7 Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Sebagai salah satu buah tropis, pisang sangat mudah ditemui di Indonesia. Kamu beruntung karena buah lezat ini kaya akan nutrisi yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita.

Apa sih keistimewaan buah pisang? Buah pisang ternyata bisa mencegah berbagai macam masalah kesehatan dengan kandungan nutrisinya yang sangat berkhasiat. Di antaranya adalah untuk kecantikan. Selain itu, pisang juga sangat baik bagi kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan. Yuk simak manfaatnya.

Pisang Menurunkan Kadar Gula Darah

Pisang kaya akan serat yang disebut dengan pectin. Pisang yang belum matang juga mengandung tepung resisten, yang berperan seperti serat yang dapat larut serta melancarkan pencernaan. Baik pectin maupun tepung resisten mampu menurunkan kadar gula darah ketika dikonsumsi usai makan. Hal tersebut juga dapat mengurangi nafsu makan dengan memperlambat proses pencernaan. Pisang juga memiliki glycemic index yanag cukup rendah, sehingga tidak akan menyebabkan peningkatan drastis kadar gula darah ketika dikonsumsi.    

Pisang Melancarkan Pencernaan

Satu buah pisang berukuran sedang mengandung 3 gram serat yang menjadikannya sumber serat yang sangat direkomendasikan. Pisang sangat baik dikonsumsi untuk memperlancar pencernaan. Kandungan pectinnya juga bermanfaat untuk mencegah kanker usus besar.

Pisang Menurunkan Berat Badan

Pisang merupakan buah yang sangat bersahabat bagi mereka yang sedang diet. Buah ini rendah kalori. 1 buah pisang rata-rata hanya mengandung 100 kalori. Meski rendah kalori, pisang sangat kaya akan nutrisi serta mengenyangkan sehingga tidak akan membuatmu makan berlebihan. Serat pisang yang tinggi juga bisa sangat membantumu dalam menurunkan berat badan.

Pisang Menjaga Kesehatan Jantung

Potasium merupakan mineral yang sangat penting bagi kesehatan jantung, terutama untuk mengontrol tekanan darah. Sayangnya, kebanyakan orang tidak mendapatkan nutrisi ini dari menu sehari-hari mereka. Pisang adalah buah dengan kandungan potasium yang sangat tinggi. Menu yang kaya akan potasium bisa menurunkan tekanan darah, serta mengurangi resiko penyakit jantung hingga 27%. Selain itu, pisang juga kaya akan magnesium yang juga penting bagi kesehatan jantung.

Pisang Sumber Antioksidan Ampuh

Seperti halnya buah-buahan lainnya, pisang juga memiliki kandungan antioksidan, termasuk dopamine dan catechins. Kedua antioksidan ini mampu mencegah masalah-masalah kesehatan, seperti penyakit jantung dan penyakit-penyakit degeneratif lainnya. Antioksidan memang sangat penting untuk mengurangi kerusakan akibat radikal bebas di dalam tubuh.

Pisang Membantu Masalah Sensitivitas Terhadap Insulin

Pisang mentah dapat membantu masalah sensitivitas terhadap insulin, yang merupakan faktor penyebab berbagai macam penyakit serius, termasuk diabetes tipe 2. Beberapa studi menunjukkan jika mengkonsumsi 15-30 gr tepung resisten dari pisang dapat membantu sensitivitas terhadap insuin hingga 33-50% dalam waktu setidaknya 4 minggu. Meskipun demikian, diperlukan studi lebih lanjut untuk mengetahui bagaimana tepung resisten tersebut bekerja.      

Pisang Menyehatkan Ginjal

Selain bagus untuk kesehatan jantung, pisang juga mampu meningkatkan fungsi ginjal karena kandungan potasiumnya yang tinggi. Sebuah studi terhadap orang berusia di atas 13 tahun menunjukkan bahwa mereka yang mengkonsumsi pisang 2-3 kali dalam seminggu memiliki resiko 33% lebih sedikit untuk mengalami gangguan ginjal. Studi lain juga memperlihatkan jika mengkonsumsi pisang 4-6 kali seminggu akan mengurangi resiko penyakit ginjal hingga 50%.

Yuk, konsumsi pisang agar kita mendapatkan manfaat kesehatannya!

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini