Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Sering Merasa Malas di Hari Senin? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Hari Senin mungkin sering membuatmu malas, lelah dan ngantuk. Sebenarnya ada apa sih dengan hari Senin?

Melisa

Saat akhir pekan tiba, rasanya bersemangat sekali sampai tidak bangun kesiangan. Sedangkan ketika hari Senin, kamu malah jadi merasa lelah, malas, dan ngantuk berlebihan. Bahkan alarm yang kamu pasang pun nyaris tak mampu membuatmu terbangun di pagi hari. Sebenarya ada apa sih dengan hari Senin? Menurut Shelby Freedman Harris, direktur Behavioral Sleep Medicine dari Montefiore Medical Center, New York, fenomena tersebut adalah hal umum dan bukan merupakan gangguan tidur. Terdapat beberapa hal yang menjadi pemicu rasa lelah dan malas di hari Senin, yuk simak.

Melakukan Banyak Aktivitas di Akhir Pekan

Ada banyak sekali rencana yang sudah kamu susun menjelang akhir pekan. Ingin pergi jalan-jalan bersama keluarga, nongkrong cantik dengan para sahabat, arisan atau kencan romantis dengan si dia. Semua aktivitas tersebut membutukan banyak energi.

Kamu tentu tidak merasa lelah di akhir pekan karena merasa sangat senang. Namun ketika hari mulai beranjak Senin, saat itulah kamu merasa sangat kelelahan untuk kembali menjalani rutinitas harianmu.

Memutuskan untuk Tidak Tidur Siang

Ketika weekday, kamu masih sempat mencuri-curi waktu tidur siang selama 10 hingga 20 menit saat jam makan siang atau saat pekerjaan sudah selesai. Tetapi lain halnya dengan akhir pekan. Kamu pasti merelakan waktu tidur siangmu untuk melakukan lebih banyak aktivitas yang menyenangkan. Konsekuensinya, tubuhmu pun jadi lelah di keesokan harinya, tepatnya di hari Senin.

Waktu Tidur Malam yang Berkurang

Waktu tidur siang sudah tersita, begitu pula halnya dengan waktu tidur malam. Mungkin kamu kerap pulang larut malam saat bersantai di akhir pekan. Selain itu, kamu juga masih asyik bermain gadget di malam minggu dan malam seninmu. Waktu tidur yang berkurang membuat tubuh tidak bisa memulihkan energimu secara maksimal ketika senin pagi tiba.

Mengonsumsi Makanan Tinggi Kalori di Akhir Pekan

Sudah bukan rahasia lagi jika makanan berkalori tinggi dapat menaikkan kadar gula darah. Padahal akhir pekanmu jauh lebih menyenangkan bila kamu mengonsumsi aneka camilan atau berwisata kuliner ke tempat-tempat baru. Tubuhmu butuh banyak energi untuk mengolah asupan makanan menjadi cadangan energi baru. Metabolisme tubuh aktif sepanjang malam bila kamu masih terus makan berlebihan hingga minggu malam tiba. Sehingga ketika bangun di hari Senin, tubuhmu justru merasa lelah karena bekerja aktif semalaman memproduksi cadangan energi dan menyerap nutrisi makanan.

Bermalas-malasan di Akhir Pekan Juga Jadi Penyebabnya

Jangan mengira bahwa duduk santai di depan TV seharian saat akhir pekan akan membuat tubuhmu hemat energi ya, ladies. Aktivitas fisik ringan harus tetap dilakukan secara teratur ketika akhir pekan. Kamu bisa berjalan-jalan santai di taman, berolahraga sebentar di pusat kebugaran atau lari pagi bersama hewan peliharaan kesayangan. Lakukan ragam aktivitas fisik yang kamu sukai supaya kamu tetap bersemangat setiap hari, termasuk saat hari Senin tiba.

Nah, kalau sudah tahu hal- hal apa yang sekiranya menyebabkan kamu lelah dan malas di hari Senin, pasti kamu sudah punya cara untuk mengatasinya, ya. Tak ada lagi cerita kemalasan dan bangun kesiangan di hari Senin bila kamu sudah mahir mengatur ritme tubuhmu sendiri.

Monday is perfect day to correct last week’s mistakes, okay ladies!

Tagged in:
Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy