Foto 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatanmu

5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kesehatanmu

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Mengonsumsi jeruk nipis ternyata memberikan banyak manfaat. Jeruk nipis mengandung vitamin C yang tinggi, serta nutrisi berkhasiat lainnya, jeruk nipis dapat mencegah berbagai macam penyakit.

Jeruk nipis sering dipakai untuk mengolah masakan ataupun dibuat minuman dengan rasa asamnya yang khas dan segar. Selain itu, jeruk nipis juga digunakan untuk berbagai macam tujuan lain. Misalnya saja untuk kecantikan, aromaterapi, membersihkan perabot dan lain sebagainya. Sedangkan untuk tubuh kita, jeruk nipis dapat membantu menjaga kesehatan dengan kandungan vitamin dan mineral, serta nutrisi lainnya. Yuk simak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari jeruk nipis.

Sumber Vitamin C

Minum jus jeruk nipis sangat efektif untuk memenuhi kebutuhan harian tubuh akan vitamin C. Satu cangkir jus jeruk nipis segar mengandung vitamin C sebanyak 72,6 mg. Vitamin C adalah nutrisi yang sangat penting bagi pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh, serta mampu memperbaiki dan menjaga kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin C juga membantu tubuh untuk memproduksi kolagen, yaitu protein yang memiliki fungsi dalam produksi pembuluh darah, kulit, tendon, ligamen, dan tulang rawan.

Sebagai Antibiotik

Jeruk nipis mengandung komponen aktif unik yang disebut flavonol glycosides. Komponen ini tidak hanya bermanfaat sebagai anti-kanker dan antioksidan, namun juga sebagai antibiotik. Khasiat antibiotik jeruk nipis sudah terbukti mampu melindungi tubuh dari kolera, yaitu penyakit yang disebabkan oleh bakteri Vibrio cholera. Hal ini dibuktikan melalui studi yang dilakukan di Afrika Barat dan diterbitkan di "Tropical Medicine and International Health."

Khasiat Anti-karsinogenik

Seperti halnya jenis jeruk-jerukan lainnya, jeruk nipis memiliki kandungan anti- karsinogenik. Buah asam ini mengandung flavonoid, yang mampu memerangi kanker. Flavonoid memang merupakan komponen alami yang banyak ditemukan dalam buah- buahan. Aktivitas biologis flavonoid jeruk nipis mempunyai efek anti-kanker yang dapat mencegah invasi sel-sel kanker. Komponen ini juga sangat ampuh untuk mencegah pertumbuhan sel tumor.

Detoksifikasi

Dengan kandungan 8 jenis liminoid, jeruk nipis sangat bermanfaat untuk detoksifikasi. Liminoid tersebut meningkatkan aktifitas enzim di dalam hati, yang disebut denga glutathione- S- transferase atau GST. Enzim inilah yang mendetoksifikasi berbagai macam zat kimia penyebab kanker. Hasilnya, zat-zat kimia tersebut dinon-aktifkan sehingga tidak lagi berbahaya bagi tubuh. Zat- zat kimia itu nantinya akan dikeluarkan melalui urin.

Menurunkan Kolesterol

Berdasarkan studi yang dipublikasikan di “The British Journal of Nutrition” tahun 1999, air jeruk nipis juga bisa menurunkan kolesterol jahat “LDL”. Studi ini dilakukan pada marmut yang diberi makan kulit jagung. Kelompok yang mengkonsumsi kulit jagung dengan tambahan air jeruk nipis mengalami penurunan kolesterol LDL hingga 11-15 persen dibandingkan kelompok lain yang hanya mengkonsumsi kulit jagung tanpa jeruk nipis. Namun, diperlukan penelitian yang lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan manfaat jeruk nipis untuk menurunkan kolesterol pada manusia.


So ladies, dapatkan manfaat kesehatan jeruk nipis sekarang!

Tags:

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani