Foto 5 Bahan Alami yang Ampuh Untuk Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

5 Bahan Alami yang Ampuh Untuk Menghilangkan Noda Hitam Bekas Jerawat

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Jerawat seringkali meninggalkan noda-noda hitam yang sulit untuk dihilangkan. Namun, tahukah kamu jika dengan bahan-bahan alami, kamu bisa menghilangkan bekas jerawat dengan mudah?

Noda-noda gelap bekas jerawat timbul karena jerawat tak hanya merusak permukaan kulit, namun juga jaringan kulit yang ada di bawahnya. Jika tidak segera ditangani, bekas jerawat ini akan jadi permanen dan lebih susah lagi untuk dihilangkan. Gunakan 5 bahan alami ini ladies, tidak hanya mudah didapat namun juga ampuh untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Putih Telur

Putih telur memiliki kemampuan untuk menyembuhkan bekas luka dan membuatnya semakin samar. Putih telur kaya akan protein dan asam amino yang dapat mengencangkan pori-pori kulit untuk mencegah jerawat baru timbul, serta untuk mencerahkan kulit yang berbekas karena jerawat.

Langkah: Kocok putih telur sampai mengembang dan putih di dalam mangkuk. Gunakan jari dan oleskan putih telur tersebut di permukaan wajah, terutama pada noda-noda hitam bekas jerawat. Biarkan putih telur mengering selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. Lakukan ini 2- 3 kali dalam seminggu. Jika kulitmu sangat kering, lembabkan kulit dengan minyak zaitun setelah memakai masker putih telur ini.

Minyak Zaitun

Minyak zaitun adalah sumber zat besi dan vitamin yang sangat baik, termasuk vitamin E. Vitamin E memiliki peran penting dalam melawan penuaan kulit. Selain itu, minyak zaitun juga kaya akan antioksidan. Bahan alami ini dapat membantu mengeluarkan kotoran dan minyak yang terperangkap di dalam pori- pori, sekaligus mengurangi bekas yang timbul akibat jerawat.

Langkah: Pijat wajah menggunakan minyak zaitun, fokus pada noda bekas jerawat. Pijatlah selama beberapa menit sampai kamu merasakan minyak zaitun sudah masuk ke pori-porimu. Bungkus wajahmu dengan kain hangat untuk menguapinya dan membuka pori-pori kulit. Usap sisa-sisa minyak dengan lembut. Ulangi 1- 2 kali sebelum membilas wajahmu dengan air dingin. Selain itu, oleskan juga minyak zaitun selama 15 menit ke wajahmu sebelum tidur.

Kentang

Kentang juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi untuk kesehatan kulit. Kentang memiliki khasiat menyembuhkan dan membuat warna kulit lebih cerah, sehingga cocok sekali dipakai untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Langkah: Siapkan kentang segar dan potong-potong tipis. Tempelkan potongan kentang ke area kulit yang berbekas selama setengah jam. Kamu juga bisa menggunakan potongan kentang tersebut untuk memijat kulitmu. Setelah itu, bersihkan sisa-sisanya dengan air hangat. Di samping potongan kentang, kamu juga bisa menggunakan air perasannya untuk digunakan setiap hari.

Gula

Gula pasir bisa digunakan untuk membuat scrub yang bisa mempercantik wajahmu. Scrub gula juga sangat efektif untuk mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga noda-noda hitam bekas jerawat pun akan tersamarkan.

Langkah: Campurkan 3 sdt gula pasir dan 2 sdt minyak zaitun untuk membuat scrub. Gunakan scrub ini pada noda-noda bekas jerawat, kemudian diamkan selama 20 menit. Basuh wajah dengan sabun muka yang lembut. Gunakan masker ini setidaknya 4 kali dalam seminggu.

Minyak Kelapa

Minyak yang satu ini sangat melembabkan. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki kandungan zat yang dapat menyembuhkan, sehingga efektif untuk membantu menghilangkan noda hitam bekas jerawat.

Langkah: Ambil seperempat sdt minyak kelapa dan tuangkan di atas telapak tanganmu. Biarkan beberapa saat agar sedikit mencair karena terkena panas tubuhmu. Kemudian dengan menggunakan ujung jarimu, gosokkan minyak kelapa pada bekas jerawat, dan biarkan meresap. Kamu tidak harus membilas minyak kelapa tersebut karena vitamin dan lemak tak jenuhnya sangat bermanfaat bagi kesehatan kulitmu. Namun kalau kamu tidak nyaman dengan minyak diwajahmu, kamu bisa mendiamkannya selama 30 menit sebelum membilasnya menggunakan sabun muka yang lembut.


Nah itu dia ladies, bahan- bahan yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan noda hitam bekas jerawat. Bahan-bahan alami yang bisa kamu temui dengan mudah juga lho. Selamat mencobanya, ladies.

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini