Foto Suka Mengunggah Foto Anak di Media Sosial? Ini Dia Etikanya

Suka Mengunggah Foto Anak di Media Sosial? Ini Dia Etikanya

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Eksis di media sosial sih boleh-boleh saja. Tetapi jangan sampai foto yang kamu unggah malah membuat si kecil kesayanganmu jadi malu, ya.

Rasanya gemas memang kalau punya buah hati yang lagi lucu- lucunya. Semua ibu pasti tergerak mengunggah foto- foto lucu buah hati di media sosial. Apalagi kalau sudah dapat banyak like dan komentar positif dari teman- teman, pasti para ibu jadi semakin semangat deh buat eksis di media sosial.

Faktanya, kamu tidak boleh sembarangan mengunggah foto anak di media sosial lho, ladies. Kamu tentu tak mau kan anakmu merasa malu dengan hal tersebut?

Apa yang Membuat Anak Menjadi Malu?

Sebuah penelitian pernah dilakukan untuk mengetahui perasaan anak-anak tentang perilaku orangtuanya di media sosial. Sebagian besar anak mengaku tak masalah dengan perilaku positif orangtua di media sosial. Namun kebiasaan orangtua yang sering mengunggah foto-foto anak semasa kecil membuat anak malu.

Setiap anak merupakan pribadi yang ingin membangun citra dirinya sendiri di media sosial. Namun hal ini bisa terhalangi oleh kebiasaan orangtua yang sering mengunggah foto anak di media sosial. Foto- foto bayi atau balita saat anak berpose lucu, tidur atau mengompol bukanlah sesuatu yang membanggakan bagi sang anak. Untuk itu, yuk simak etikanya untuk mengunggah foto anak.

Jangan Terlalu Sering Mengunggah Foto dalam Sehari

Masa balita adalah masa-masa emas pertumbuhan anak. Semua ibu ingin mengabadikan momen ini sebaik mungkin, salah satunya melalui jepretan foto. Pada usia tersebut, anak memang belum bisa mengenali atau berkomentar tentang fotonya. Tetapi alangkah lebih baik jika orangtua tidak terlalu sering mengunggah foto-foto anak hingga beberapa kali sehari.

Tidak Mengunggah Foto yang Kurang Pantas


Pose-pose yang kurang pantas seperti pose ketika mandi, bermain tanpa mengenakan pakaian atau pose lainnya sebaiknya tidak diunggah ke media sosial. Sebab selain bisa membuat anak malu nantinya, jangan sampai foto-foto tersebut dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Meminta Izin Untuk Mengunggah


Ketika anak sudah memasuki usia sekolah, sebaiknya orangtua meminta izin terlebih dahulu kepada sang anak sebelum mengunggah foto. Perlihatkan saja foto-foto sang anak yang ingin kamu unggah. Tanyakan pendapatnya tentang foto itu dan mintalah izin untuk mengunggah foto tersebut. Dengan demikian, anak-anak tak akan merasa malu terhadap foto-fotonya yang beredar di media sosial. Suatu saat, jangan merasa keberatan jika buah hati memintamu untuk menghapus foto-foto tertentu di media sosial. Sebab hal itu adalah haknya sebagai obyek dalam foto tersebut.

Nah itu dia ladies, etika yang harus kamu perhatikan ketika hendak mengunggah foto sang buah hati. Orangtua modern yang cerdas pasti tahu cara bersikap yang baik di media sosial. Hargailah privasi si buah hati sebagai individu yang ingin membentuk citra dirinya sendiri. Now, it’s your turn to being an awesome mom, ladies!
 

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini