Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

5 Cara Mudah Menghindari Gigitan Nyamuk Secara Alami

Tangkis serangan nyamuk-nyamuk nakal yang bikin kamu sebal dengan 5 cara mudah ini. Yuk segera cari tahu caranya!

Melisa

Sebal kan rasanya kalau sudah mulai terganggu oleh serangan nyamuk. Dengungan nyamuk di telinga biasanya jadi tanda kalau si nyamuk sudah siap menyerang kamu. Ketika kamu tidak menyadari keberadaan nyamuk, tiba-tiba kulitmu sudah memerah dan gatal karena serangannya.
Sebenarnya ada banyak cara lho untuk mengusir nyamuk secara alami. Tanpa menggunakan obat nyamuk yang mengandung bahan kimia, 5 cara mudah ini ampuh membuatmu terhindar dari gigitan nyamuk. Yuk simak dulu ulasannya!

Memanfaatkan Daun Mint atau Ekstraknya

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Bioresource Technology, ternyata minyak atau ekstrak yang berasal dari daun mint memiliki khasiat yang sama dengan zat pembasmi nyamuk. Cara penggunaannya pun cukup beragam. Kamu bisa menanam pohon mint di luar jendel kamarmu, menggunakan ekstrak mint dan alat vaporizer atau menyemprotkan larutan ekstrak mint dengan alat penyemprot manual.
Tak hanya membuat aroma rumah jadi lebih segar, nyamuk pun akan segera enyah dari rumahmu.

Gunakan Pakaian Berbahan Tenun

Pakaian berbahan tenun paling cocok dikenakan di musim hujan karena bisa membuat tubuh menjadi hangat. Selain itu, serat-serat kain yang rapat pada pakaian tenun membuat nyamuk jadi tidak punya kesempatan untuk menggigitmu. Hal ini jelas berbeda dengan bahan katun dan linen yang membuatmu masih bisa digigit nyamuk.
Pilihlah pakaian berbahan tenun dengan warna cerah agar nyamuk tidak betah bersembunyi di sekitar pakaianmu, ya.

Kurangi Konsumsi Makanan Pedas dan Alkohol

Tahukah kamu ladies, bahwa makanan pedas bisa membuatmu jadi sering digigit nyamuk? Faktanya, nyamuk mendeteksi CO2 untuk mencari sumber makanan. Ketika kamu mengonsumsi makanan pedas atau alkohol secara berlebihan, maka detak jantung jadi lebih cepat dan produksi CO2 pun meningkat.
Peningkatan produksi CO2 biasanya juga terjadi pada wanita hamil serta orang-orang yang mengalami kelebihan berat badan. Jadi, tidak mengherankan jika wanita hamil atau orang gemuk juga rentan digigit nyamuk.

Membuat Air Rebusan Bawang Putih

Tidak semua orang menyukai aroma bawang putih yang menyengat. Padahal bawang putih mengandung zat aktif alami yang mampu menghalau nyamuk. Tetapi tak ada salahnya jika kamu mengusir nyamuk di dapur dengan bawang putih. Caranya sangat mudah. Cukup merebus beberapa siung bawang putih yang sudah dimemarkan hingga aromanya keluar. Aroma bawang putih membuat nyamuk lekas menyingkir dari dapurmu. 

Menyiapkan Campuran Lemon dan Eucalyptus

Sebuah penelitian yang dilakukan di Australia pada 2014 menyatakan bahwa campuran daun eucalyptus dan lemon sangat ampuh untuk mengusir nyamuk secara alami. Campuran eucalyptus dan lemon dengan kadar 32% terbukti ampuh memberikan perlindungan terhadap nyamuk mencapai 95% dalam waktu 3 jam.
Tak sulit kok membuat campuran dari eucalyptus dan lemon. Kamu bisa menggunakan ekstraknya saja untuk membuat campuran pengusir nyamuk ini di rumah.

Yuk segera coba 5 cara ini agar rumahmu segera terbebas dari nyamuk, ladies. Menghindari nyamuk bukan perkara bebas dari gigitannya saja, melainkan juga untuk meminimalkan risiko penyebaran virus zika dan demam berdarah.

Tagged in:
Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy