Foto Hati- Hati! 4 Cara Membersihkan Telinga Ini Bisa Membahayakanmu!

Hati- Hati! 4 Cara Membersihkan Telinga Ini Bisa Membahayakanmu!

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Gumpalan lengket kecokelatan atau yang sering kita kira sebagai kotoran telinga, memang terkadang terasa mengganggu. Namun jangan asal membersihkannya karena bisa sangat berbahaya.

Sebagai salah satu panca indera yang sangat vital, telinga seharusnya dijaga dari segala sesuatu yang bisa mengancam fungsinya. Salah satunya adalah ketika kita membersihkan telinga. Meski sudah sering mendengar bahaya dari kesalahan cara membersihkan telinga, kita masih saja melakukannya dengan sembarangan.

Kenapa Harus Hati-hati Memperlakukan Telinga?

Gendang telinga adalah organ yang rapuh. Sangat rapuhnya sehingga gesekan sedikit saja bisa merobek atau membuatnya pecah. Ketika hal ini terjadi, kamu akan mengalami rasa sakit yang luar biasa disertai keluarnya cairan bening. Kemungkinan terburuk jika ini terjadi adalah kerusakan permanen pada pendengaranmu.

Masih belum percaya juga kenapa kamu harus meninggalkan kebiasaan burukmu ini? Mungkin kamu belum tahu jika sebenarnya kamu tidak perlu membersihkan bagian dalam telinga. Usahamu selama ini sebenarnya tidak dibutuhkan. Saluran telingamu akan bersih dengan sendirinya ketika kamu mandi. Selain itu, telinga juga menghasilkan wax yang akan berjatuhan di bagian dalam telinga ketika kamu tidur. Intinya, tubuhmu ternyata bisa membersihkan telinganya sendiri.

Kalau kamu tidak tahan dengan tumpukan wax di dalam telinga, kamu bisa membersihkannya dengan cara yang lebih tepat. Campurkan peroksida dan air, kemudian alirkan ke dalam telinga. Kalau tidak yakin, minta tolonglah pada dokter. Hal yang paling penting dalam cara membersihkan telinga adalah jangan pernah memasukkan apapun di dalamnya! Namun, tahukah kamu meskipun cara membersihkan telinga itu berbahaya masih banyak sekali orang yang seringkali melakukan kesalahan dalam membersihkan telinganya. Untuk itu, yuk simak kesalahan apa saja yang bisa jadi seringkali kamu lakukan.

Membersihkan Secara Teratur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa telinga mampu membersihkan dirinya sendiri. Kulit pada telinga  tumbuh dengan arah yang memungkinkan wax dan sisa-sisa kulit keluar dari dalam saluran telinga dengan sendirinya. Ketika kamu menggerakkan rahangmu dan mengunyah, kamu juga sudah membantu proses tersebut. Wax atau serumen juga berfungsi untuk melindungi telinga dari air, jamur, dan bakteri.   

Menggunakan Cotton Bud

Bentuknya yang meruncing bisa melukai kulit, gendang telinga, dan tulang kecil pendengaran. Cotton bud juga justru bisa membuat wax semakin masuk ke dalam. Bagian yang terburuk adalah bagian kepala cotton bud bisa lepas dan tertinggal di dalam saluran telinga.

Memasukkan Benda Tajam

Sumber: Terryaley

Ketika merasa tidak nyaman dengan telinganya, orang akan memasukkan apa saja. Ujung kuku, jepit rambut, jarum jahit, kunci, dan lain sebagainya sama berbahayanya dengan cotton bud karena bisa merusak bagian dalam dan luar telinga.

Candling

Teknik ini sangat banyak dilakukan, yaitu dengan menempatkan lilin yang berlubang di atas telinga. Panas dari lilin itulah yang diharapkan mampu menarik wax keluar. Penelitian menunjukkan bahwa hal itu tidaklah benar. Cara ini juga sangat berbahaya bagi gendang telinga serta beresiko membakar rambut.


Nah itu dia ladies, kamu tidak perlu membersihkan telingamu karena telingamu akan membersihkannya sendiri. So, semoga informasi ini bermanfaat ya, ladies!

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini