Foto Hanami, Hal Wajib yang Harus Kamu Lakukan Saat Musim Semi di Jepang

Hanami, Hal Wajib yang Harus Kamu Lakukan Saat Musim Semi di Jepang

Foto Meydiana Widyaningsih
Sebentar lagi musim semi akan tiba di Jepang. Tentu saja banyak sekali hal menarik yang bisa dilakukan ketika musim semi tiba, salah satunya hanami. Yuk, intip lebih jauh mengenai budaya hanami!

Jepang memang sangat terkenal karena keunikan dan keberagaman budaya yang dimiliki oleh masyarakatnya. Sebagai negara empat musim, masyarakat Jepang selalu memiliki kebiasaan atau tradisi yang biasanya mereka lakukan di setiap musimnya, salah satunya di musim semi. Ada tradisi yang sudah sangat dikenal dan tidak pernah dilewatkan pada musim semi di Jepang, yaitu menikmati keindahan mekarnya bunga sakura atau lebih sering disebut dengan tradisi hanami.

Asal-usul Hanami di Jepang

Kata hanami berasal dari bahasa Jepang, hana(花) yang artinya bunga dan mi (見) yang artinya melihat. Jadi, secara keseluruhan hanami adalah melihat bunga sakura bermekaran di musim semi. Biasanya masyarakat Jepang akan pergi ke taman atau tempat terbaik untuk hanami bersama keluarga atau teman sambil berpiknik. Tapi, tahukah kamu kenapa bunga sakura yang menjadi pilihan masyarakat Jepang untuk dinikmati keindahannya? 

Hal ini dikarenakan dalam sejarah kebudayaan Jepang, bunga sakura merupakan lambang berakhirnya musim dingin atau tanda awal musim semi akan tiba yang menjadi simbol awal kehidupan indah yang baru. Bunga sakura yang paling populer dinikmati ketika hanami adalah Somei Yoshino. Sakura jenis ini memiliki daun bunga warna putih dan bercak warna merah muda dekat tangkainya.

Waktu Untuk Menikmati Hanami di Jepang

Hanami di Jepang

Selain di siang hari, ternyata hanami juga bisa dilakukan saat malam hari juga, lho. Hanami di malam hari sering disebut juga sebagai tradisi yozakura. Biasanya akan ada hiasan lampion yang indah sebagai penerangan di malam hari. Kesan romantis dan hangat akan sangat terasa jika kamu beruntung bisa merasakan yozakura di musim semi.

Tradisi hanami ini sudah sangat populer di kalangan turis asing sehingga sudah menjadi agenda liburan yang wajib kamu kunjungi jika kamu memiliki kesempatan untuk berlibur ke Jepang. Pasti sangat menyenangkan menikmati keindahan bunga sakura di Jepang karena di Indonesia tidak ada musim semi. Semoga kamu semua bisa merasakan keindahan musim semi di Jepang sambil ber-hanami bersama dengan orang terkasih ya, ladies!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini