Kawaii Beauty Japan

Makeup

Inilah Perbedaan Utama Antara Tren Make Up Jepang dan Barat!

Kedua gaya ini menampilkan kecantikan yang berbeda! Mana yang menjadi favoritmu?

Marga Apsari

Setiap belahan negara di dunia tentu memiliki tren make up masing-masing. Walaupun berbeda, semua tren make up memiliki tujuan yang sama yaitu menampilkan kecantikan sang pemakainya. Sebut saja negara Jepang dan negara-negara barat seperti Amerika. Perbedaan tren make up di kedua negara tersebut sangatlah berbeda.

Wanita Jepang cenderung tampil dengan make up yang lebih natural daripada barat. Kamu bisa melihat perbedaan antara tren make up Jepang dan barat secara garis besar pada dua gambar berikut ini:

 

美人百花の撮影してます❤️ #morning#shooting

A photo posted by Haruna Kojima (@nyanchan22) on Oct 28, 2015 at 7:19pm PDT

 

waves don't die baby

A photo posted by King Kylie (@kyliejenner) on Mar 5, 2016 at 6:17pm PST

Tentu kamu menyadari perbedaannya kan, ladies?

Seorang beauty vlogger, Wengie menjelaskan detail perbedaan antara tren make up di negara barat seperti Amerika dan Jepang pada videonya yang berjudul Japanese Makeup vs. American Makeup ♥ Before & After Transformation ♥ Kawaii or Sexy? ♥. Berikut ini adalah perbedaan utama di antara keduanya.

Foundation

Perbedaan makeup alis Jepang dan Amerika

Setelah menggunakan primer, wanita barat cenderung menggunakan foundation, sementara wanita Jepang menggunakan BB cream. BB cream yang populer di Jepang ini memberikan efek mencerahkan kulit wajah dan membuatnya nampak lembab, meskipun coverage-nya berada di tingkat menengah. Sementara itu, wanita barat cenderung menggunakan foundation berwarna kekuningan untuk memberi efek warna kulit wajah yang tan. Hasil akhirnya adalah coverage yang sempurna dan tampilan matte.

Concealer

Perbedaan penggunaan concealer di negara barat dan Jepang

Wanita negara barat biasa menggunakan concealer untuk memberi efek highlight pada wajah. Warna concealer yang dipilih lebih terang daripada foundation. Sementara itu, wanita Jepang menggunakan concealer hanya untuk menyamarkan noda-noda di wajah. Warna yang dipilihpun tidak jauh berbeda dengan foundation atau BB cream.

Alis dan Eyeshadow

Perbedaan makeup alis dan eyeshadow wanita barat dan Jepang

Untuk make up alis, wanita barat membuatnya lebih tegas dan tajam. Biasanya diakhiri dengan penggunaan concealer di sekitar alis untuk membuatnya lebih menonjol. Sementara wanita Jepang cenderung membuat alisnya lebih lurus dan halus. Tampilan natural juga tampak pada make up alis wanita Jepang. 

Wanita barat cenderung memilih beberapa warna untuk make up mata, mulai dari cokelat natural hingga warna-warna yang agak gelap untuk di bagian luar mata. Sementara wanita Jepang biasanya memilih warna-warna yang lembut seperti peach. Tidak banyak warna yang digunakan pada make up mata wanita Jepang, tetapi tetap membuat mereka tampak cantik natural.

Eyeliner dan Bulu Mata

Perbedaan make up eyeliner dan bulu mata wanita barat dan Jepang

Winged eyeliner kini sedang sangat tren di barat. Mereka juga lebih seirng memakai eyeliner gel atau liquid berwarna hitam. Sementara wanita Jepang biasanya menggunakan eyeliner pensil berwarna cokelat tua, dan hanya dipakai di ujung luar mata saja untuk membuatnya tampak lebih besar.

Sementara untuk bulu mata, wanita barat lebih suka menggunakan bulu mata palsu yang glamor dan dramatis, serta diiringi dengan penggunan maskara yang bervolume. Wanita Jepang cenderung menyukai bulu mata yang lebih natural dan ringan. Mereka menggunakan maskara untuk memanjangkan bulu mata bagian atas dan bawah.

Blush On

Perbedaan blush on wanita Jepang dan barat

Sebelum menggunakan blush on, wanita barat tak lupa menggunakan teknik contouring di area pipi dan hidung. Setelah itu, mereka menggunakan blush on di pipi. Wanita Jepang lebih sering menggunakan blush on di area bawah mata dan dibaurkan ke area hidung. Ini akan menciptakan tampilan hang over yang sedang populer di Jepang.

Lipstik

Perbedaan penggunaan lipstik wanita Jepang dan barat

Tren bibir penuh dan hasil akhir yang matte masih cukup populer di kalangan wanita barat. Mereka juga cenderung menggunakan warna lipstik yang agak gelap. Sementara wanita Jepang lebih senang menggunakan warna-warna cerah seperti peach dengan hasil akhir lembab dan sedikit glossy.

Bagaimana, ladies? Kamu tentu sudah mengetahui perbedaan mendasar pada tren make up Jepang dan barat! Tahukah kamu, bahwa di Jepang ada sebuah perumpamaan bagi wanita yang memiliki kecantikan natural yang ideal, yaitu Yamato Nadeshiko. Kecantikan natural pun akan semakin tampak jika kamu dapat menggunakan make up yang sesuai. 

Untuk kamu yang suka berkesperimen dengan make up, yuk coba buat make up mata natural a la wanita Jepang dan ikuti #YamatoNadeshiko Eye Makeup Competition oleh NADEKO! Kamu berkesempatan memenangkan produk kosmetik dari Jepang senilai Rp 750.000 untuk masing-masing 2 pemenang! 

Ditunggu partisipasinya, ladies!

Marga Apsari
A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday
Share this article

Artikel Terkait