Foto Bukan Soal Mistis, Mandi Kembang Justru Bermanfaat Bagi Kesehatan

Bukan Soal Mistis, Mandi Kembang Justru Bermanfaat Bagi Kesehatan

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “mandi kembang”? Kalau kamu mengingat hal- hal mistis, kamu keliru lho ladies!

Sudah pernah mandi kembang, ladies?

Bagi masyarakat Jawa, ritual siraman dengan air kembang bukanlah hal asing. Biasanya calon pengantin dan wanita hamil menjalani serangkaian ritual adat demi keselamatan dan kebahagiaan. Salah satu yang tak boleh dilewatkan tentu saja mandi kembang. Tahukah kamu ladies, bahwa faktanya, mandi kembang benar-benar bermanfaat untuk kesehatan dan relaksasi. Nah untuk itu kamu perlu membuang jauh- jauh pikiranmu tentang mandi kembang dan hubungannya dengan ritual mistis. Karena sudah saatnya kamu memanjakan dirimu sendiri dengan aneka bunga yang harum saat mandi. Apa saja manfaatnya? Yuk simak ulasanya.

Keajaiban Bunga untuk Mengembalikan Mood

Menurut penuturan Tom Suhalim, terapis sari bunga di salah satu klinik kecantikan di Jakarta, bunga memang cocok digunakan untuk terapi. Aroma bunga yang beraneka ragam membuat siapa saja yang menciumnya akan merasa lebih nyaman, mood kembali stabil dan pikiran pun menjad tenang.

Itulah sebabnya terapi dengan menggunakan bunga alami sering dipilih untuk mengatasi stres, depresi, kecemasan berlebihan serta sejumlah gangguan psikologis lainnya. Terapi dengan menggunakan bunga tidak menimbulkan efek samping bagi kesehatan. Termasuk ketika aneka bunga digunakan untuk aktivitas mandi kembang.

Beda Jenis Bunga, Berbeda Manfaat

Setiap jenis bunga memiliki aroma, kandungan, dan manfaat yang berbeda-beda. Jenis bunga yang paling cocok digunakan untuk mandi antara lain adalah mawar merah, mawar putih, melati, kenanga, lili, dan anggrek ungu. Selain memiliki aroma yang sangat harum, aneka bunga tersebut juga dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.

Bunga mawar adalah salah satu yang paling sering digunakan untuk mandi. Kandungan vitamin, mineral, dan minyak esensial pada bunga ini pasti membuat kulitmu semakin sehat dan cerah. Mawar mengandung zat anti bakteri alami yang menjaga kelembapan kulit, mencegah kontaminasi kuman serta mempercepat sembuhnya peradangan dan luka.

Sementara manfaat lain yang tak kalah menakjubkan juga bisa kamu dapatkan dari bunga melati. Bunga kecil yang aromanya sangat harum ini membuat flek hitam, bekas luka, dan bekas jerawat jadi lekas hilang jika digunakan untuk mandi secara teratur, lho ladies.

Cara Membuat Air Campuran Bunga untuk Mandi

Menyiapkan air campuran bunga untuk mandi mudah sekali lho, ladies. Kamu tinggal merendam bunga yang sedang mekar dengan seember air. Letakkan rendaman bunga selama 4 jam di bawah terik matahari hingga bunga benar-benar layu. Selanjutnya, kamu bisa segera menggunakan air bunga tersebut untuk mandi seperti biasa. Basuhkan air bunga ke sekujur tubuh sembari digosok-gosokkan dengan lembut menggunakan kedua tanganmu. Aroma bunga yang semerbak akan membuatmu rileks, kulit semakin sehat, dan rasa lelah pun segera hilang. Ketika cuaca sedang panas, jangan lupa menyiapkan air campuran bunga, ya. Usai beraktivitas seharian, air bunga bisa segera kamu gunakan untuk mandi. Rasakan sensasi mandi luar biasa dengan segala kebaikan dari bunga favoritmu.

Nah itu dia ladies, manfaat mandi kembang. Jadi segera buang jauh- jauh hal mistis yang ada di benak kamu ketika mendengar kata mandi kembang, karena justru mandi kembang memiliki banyak manfaat dan bisa membuat badan rileks. Selamat mencobanya ya, ladies!

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani