Foto 5 Hal yang Akan Kamu Sesali Jika Tidak Mau Makan Sayuran Pahit

5 Hal yang Akan Kamu Sesali Jika Tidak Mau Makan Sayuran Pahit

Foto Melisa
Melisa
Contributor
5 manfaat istimewa ini tak lagi bikin kamu menutup mulut rapat-rapat saat melihat sayuran pahit.

Makanan manis biasanya memang selalu menggiurkan. Disantap dalam keadaan apa pun, makanan manis bisa bikin kamu kembali riang dan bersemangat. Sementara kalau makanan yang pahit, mendengar namanya pun rasanya kamu sudah bergidik tak ingin mencicipi ya, ladies.

Padahal makanan pahit yang terdiri dari jenis sayuran seperti pare, lobak, sawi pahit, dan daun pepaya punya segudang manfaat untuk kesehatanmu lho. Kamu bisa mendapatkan 5 manfaat ini jika kamu tidak berhenti menolak untuk makan sayuran pahit mulai sekarang!

Sayuran Pahit Membantu Penyerapan Nutrisi

Nicole Dube, ahli gizi dari Halifax menyatakan bahwa makanan pahit mampu meningkatkan produksi enzim dan memperlancar kinerja empedu. Produksi enzim serta kinerja empedu tersebut akan membuat penyerapan nutrisi dari makanan yang kamu santap akan semakin maksimal. Semakin baik kandungan gizi dari makanan yang kamu santap, maka semakin baik pula nutrisi yang diserap tubuh karena bantuan konsumsi sayuran pahit.

Mengurangi Perilaku “Ketagihan Gula”

Konsumsi gula berlebihan adalah pemicu penyakit diabetes dan komplikasi penyakit lainnya. Oleh sebab itu, konsumsi gula patut dibatasi agar tidak melebihi kebutuhan gizi harian tubuh. Cara alami mengatasi perilaku ketagihan gula adalah dengan mengonsumsi sayuran bercitarasa pahit.

Menurut ahli gizi Joanne Lewis, konsumsi sayuran pahit akan mengurangi keinginan untuk mengonsumsi makanan berkadar gula tinggi secara alami. Kandungan serat dalam sayuran pahit mencapai 50 gram per hari pun efektif untuk menstabilkan kadar gula dalam darah.

Meningkatkan Nafsu untuk Menyantap Makanan Bergizi

Jika lidahmu terbiasa mengonsumsi makanan yang manis, berlemak, atau berkalori tinggi maka akan sangat sulit untuk memulai pola makan yang lebih sehat. Menurut data statistik Kanada, satu dari lima bagian kalori yang dikonsumsi orang berasal dari kandungan kalori dalam minuman ringan, permen, makanan cepat saji, dan sejumla jenis makanan instan lainnya.

Membiasakan diri mengonsumsi sayuran pahit dari sekarang akan membantu meningkatkan nafsu makan secara sehat. Artinya, kamu akan lebih terbiasa menyantap makanan yang bergizi.

Proses Detoksifikasi Organ Hati

Ragam sayuran dan jenis makanan pahit lainnya mengandung fitonutrien yang bermanfaat bagi organ hati. Fitonutrien akan membantu proses detoksifikasi organ hati, menyeimbangkan hormon serta mengelola kadar kolesterol dalam darah agar senantiasa stabil.

Kaya Vitamin dan Mineral

Sama seperti jenis sayuran lainnya, sayuran bercitarasa pahit juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi. Sejumlah vitamin seperti vitamin A,C, K serta mineral potasium, kalsium, dan magnesium terdapat dalam sayuran pahit. Selain itu, sayuran pahit juga kaya akan serat dan asam folat yang dibutuhkan untuk memperlancar sistem pencernaan serta menjaga kesehatan otak.


Jangan menutup mulut rapat-rapat ketika melihat olahan dari sayuran pahit, ya. Carilah referensi hidangan yang menggugah selera agar sayuran pahit di dapurmu menjadi lebih menggiurkan!

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini