Kawaii Beauty Japan

Health

Hati Hati! Tersedak Bisa Menimbulkan Kematian

Kasus tersedak makanan yang baru saja dialami Fredy Jayadi, membuka mata banyak orang tentang bahaya dari tersedak tersebut.

Melisa

Beberapa waktu lalu Indonesia dihebohkan oleh berita tentang seorang pria yang tewas tersedak ketika mengikuti lomba makan ayam. Hal ini tentu mengerikan bagi semua orang ya, ladies. Tidak ada yang menyangka jika kondisi tersedak yang sering dianggap sepele bisa berujung pada kematian seseorang.

Apa yang Terjadi pada Tubuh Ketika Tersedak?

Saluran makanan dan saluran pernapasan memiliki letak yang berdekatan dalam tubuh. Ada sebuah katup yang akan membuka dan menutup salah satu saluran ketika kamu sedang beraktivitas. Ketika kamu makan dan minum, katup akan menutup saluran pernapasan agar makanan dan air tidak masuk ke saluran tersebut.

Sementara ketika kamu sedang berbicara dan tertawa, katup akan menutup saluran makanan sehingga udara bisa keluar masuk dengan leluasa di saluran pernapasan. Ketika kamu makan terburu-buru, sembari bicara atau sembari tertawa, kemungkinan besar katup tersebut tidak menutup saluran makanan dengan sempurna. Hal ini sangat berbahaya dan bisa membuat makanan atau minuman masuk ke saluran pernapasan.

Gejala yang Terjadi pada Orang yang Tersedak

Orang yang sedang tersedak biasanya akan mulai batuk, mengalami sesak napas, dan sulit berbicara. Di samping itu, napas orang yang sedang tersedak juga bisa mengeluarkan bunyi nyaring. Baik orang yang tersedak maupun orang-orang di sekitarnya harus tetap tenang. Sehingga pertolongan pertama bagi orang yang tersedak dapat dilakukan secepat mungkin.

Mengapa Tersedak Bisa Mengakibatkan Kematian?

Pada kasus tersedak yang parah, makanan atau minuman yang tidak bisa keluar dari saluran pernapasan akan menghalangi sirkulasi oksigen ke paru-paru. Padahal oksigen sangat dibutuhkan sebagai energi bagi otak dan metabolisme tubuh. Jika otak gagal mendapatkan oksigen dalam waktu 5 menit, maka otak akan mati.

Pertolongan Pertama pada Kasus Tersedak

Sumber: Rbs Medical

Jika kamu tersedak kamu membutuhkan bantuan dari orang-orang di sekitarnya. Cara membantunya dikenal dengan istilah heimlich maneuver. Pertolongan pertama ini dilakukan untuk membantu makanan penyebab tersedak segera keluar dari saluran pernapasan.Jangan langsung menyuruh orang yang tersedak minum air sebanyak-banyaknya. Sebaliknya, orang yang sedang

Berdirilah di belakang orang yang tersedak dan lingkarkan tanganmu di pinggang orang tersebut. Kamu harus meletakkan tanganmu pada bagian antara pusar dengan batas pertemuan tulang rusuk kiri dan kanan. Pastikan genggaman tanganmu sudah erat dan ajaklah orang yang tersedak untuk merasa rileks.

Jika kamu sudah siap, buatlah gerakan tangan yang menghentak ke bagian atas tubuh orang tersebut. Lakukan beberapa kali dan instruksikan orang yang tersedak untuk memuntahkan sesuatu yang mengganjal di tenggorokannya.

Nah itu dia ladies, kamu harus berhati- hati dengan hal tersedak ini. Hal yang dianggap sangat sepele tidak disangka- sangka dapat menjadi sangat berbahaya bahkan dapat menyebabkan kematian.

Tagged in:
Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait