Foto 5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Menghilangkan Sel Kulit Mati dengan Eksfoliasi

5 Hal yang Wajib Diperhatikan Saat Menghilangkan Sel Kulit Mati dengan Eksfoliasi

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Dengan menghilangnya sel kulit mati, wajah akan lebih segar dan cerah!

Eksfoliasi kulit dapat dilakukan dengan menggunakan eksfoliator kimia ataupun scrub. Selain membuat kulit terlihat lebih bersinar, eksfoliasi juga bisa membuat kulit kita lebih mudah menyerap produk lain karena tak ada lagi sel-sel kulit mati yang menutupi pori-pori.

Sebelum kamu melakukan eksfoliasi, pastikan kamu mengetahui hal-hal berikut ini dulu ya, ladies!

Cara Eksfoliasi Seperti Apakah yang Cocok Untuk Jenis Kulitku?

Beda jenis kulit, tentu beda cara perawatannya juga, ladies! Termasuk dengan eksfoliasi, jangan sampai kamu salah melakukannya. Simak cara eksfoliasi untuk setiap jenis kulit berikut ini, yuk!

Kulit Kering

Kulit kering dan mengelupas bisa menghambat penyerapan pelembab. Selain itu, minyak juga dapat terperangkap di dalamnya, sehingga rawan menimbulkan jerawat. Pilih eksfoliator dengan formula lembut atau facial scrub ringan, dan lanjutkan dengan lotion pelembab. Lakukan setiap 2 atau 3 hari.

Berjerawat dan Berminyak  

Jauhi scrub karena bisa memperparah jerawatmu. Gunakan eksfoliator kimia, termasuk sabun cuci muka yang mengandung hydroxy acids seperti glycolic atau salicylic, yang ampuh mengusir minyak dan mengangkat sel-sel kulit mati yang menyumbat pori-pori.

Kulit Sensitif

Scrub bertekstur seperti pasir memang cukup efektif, namun kamu juga selalu bisa memanfaatkan produk-produk eksfoliator yang lebih ringan. Contohnya saja cleanser atau toner kaya enzim buah atau tanaman yang sama efektifnya dalam membersihkan wajah dengan cara yang lebih lembut.

Kulit Normal

Normal biasanya berarti kulit kombinasi dengan bagian pipi kering dan zona T berminyak. Kamu bisa memanfaatkan baking soda atau produk eksfoliator berbahan baking soda. Lakukan 2-3 kali dalam seminggu.

Kapan Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Eksfoliasi?

Kamu bisa melakukan eksfoliasi baik di pagi maupun malam hari. Namun, kalau kamu memakai krim malam atau retinol, sebaiknya lakukanlah sebelum tidur. Sebab, eksfoliasi dapat membantu krim malam atau retinolmu bekerja lebih baik setelah sel-sel kulit mati disingkirkan.

Bagaimana Kalau Terjadi Alergi?

Gunakan krim hydrocortisone 1% untuk mengurangi inflamasi. Bergantilah ke cleanser atau pelembab yang lebih lembut agar kulit tidak alergi.

Bisakah Aku Memakai Body Scrub?

Tidak. Body scrub memiliki tekstur yang lebih besar dan kasar, yang diformulakan untuk kulit yang lebih tebal. Butiran lembut yang sering ditemukan pada scrub biasanya terbuat dari plastik dan bisa menyebabkan polusi air. Namun, kini sudah ada larangan mengenai hal tersebut dan perusahan-perusahan seperti Unilever, Johnson and Johnson, L’Oreal dan lain-lain sudah mulai menghilangkannya.

Sementara itu, jika kamu ingin menggunakan eksfoliatior di wajah, pastikan kamu memerhatikan labelnya terlebih dahulu. Beberapa eksfoliator memang dibuat untuk kulit yang lembut seperti pada area sekitar mata. Hindari menggunakan eksfoliator berbentuk scrub untuk area sekitar mata.

Bisakah Aku Melakukan Peeling Sekelas Profesional Sendiri di Rumah?

Ahli kulit menggunakan formula ampuh untuk melakukan perawatan, tentu saja dengan standar kesehatan yang sudah mereka ketahui. Kamu bisa mendapatkan hasil yang mendekati dengan melakukan peeling secara rutin.


Ladies, buat kulitmu semakin cerah dengan ekfoliasi teratur!

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini