Foto Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Membuat Jus

Jangan Lakukan 5 Hal Ini Ketika Membuat Jus

Foto Melisa
Melisa
Contributor
Jus memang sehat. Tetapi 5 kesalahan ini justru membuat jus buatanmu yang tadinya kaya akan gizi jadi malah kurang bermanfaat.

Jus buah adalah minuman segar kaya akan vitamin dan bisa diminum kapan saja. Di pagi hari, siang hari atau menjelang malam hari, jus buah dapat menjadi selingan menyehatkan untukmu, ladies. Memang sih membuat jus dari sayuran dan buah-buahan itu sangat bergizi. Tetapi seringkali banyak orang yang melakukan kesalah ketika membuat jus yang malah membuat kandungan jus buatanmu malah bisa menjadi kurang sehat.
Tapi apa kamu tahu melakukan hal ini justru membuat jusmu jadi kurang bermanfaat?

Menambahkan Terlalu Banyak Pemanis

Siapa sih yang bisa menolak kesegaran jus yang rasanya manis. Demi membuat jus bercita rasa manis, kamu pasti sering menambahkan gula pasir, simple syrup atau susu kental manis dalam jumlah yang agak banyak.Ternyata kandungan gula yang berlebihan pada jus malah membuat tubuhmu menimbun kalori, ladies. Hal inilah yang membuatmu jadi mudah mengalami kenaikan berat badan jika sering mengonsumsi jus dengan tambahan pemanis yang berlebihan.

Sebagai solusinya, kamu bisa memilih buah yang rasa manisnya alami seperti mangga, jambu biji, pepaya atau tomat. Kamu juga bisa menambahkan sedikit madu untuk menambah rasa manis pada jusmu. 

Menggunakan Sayuran dalam Jumlah berlebihan

Kandungan serat, vitamin, dan mineral dalam sayuran memang sangat baik untuk kesehatanmu, apalagi jika kamu rutin menggunakan sayuran sebagai bahan baku jus. Namun sebaiknya kamu tidak mencampurkan sayuran hijau dalam jumlah yang terlalu banyak, ya.
Sayuran hijau memiliki rasa yang pahit dan aroma langu. Perbandingan jumlah buah dan sayur yang kamu gunakan untuk jus sebaiknya berjumlah 3 : 1. 

Selalu Menggunakan Bahan Baku yang Sama

Karena buah tomat adalah buah yang paling murah dan mudah didapat, maka kamu menggunakan tomat untuk membuat jus setiap hari.
Jangan melakukan hal keliru seperti ini, ya. Hal ini karena tubuhmu butuh asupan gizi yang bervariasi untuk mendukung metabolisme dan proses detoksifikasi tubuh. Setiap buah dan sayur tentu memiliki kandungan gizi yang berbeda-beda. Alangkah baiknya jika kamu membuat jadwal jus yang berbeda setiap hari untuk kurun waktu seminggu.
Selain tidak membuatmu jadi bosan minum jus, hal ini juga membuat kebutuhan nutrisi tubuhmu selalu tercukupi.

Menggunakan Juice Extractor

Penggunaan juice extractor memang sangat praktis memang, ladies. Kamu bisa meminum sari buah murni tanpa harus terganggu oleh ampas buah yang rasanya kasar di tenggorokan. Faktanya, menggunakan tidak lebih baik daripada menggunakan blender biasa.
Karena kandungan serat yang terdapat dalam ampas buah justru merupakan nutrisi yang penting untuk memperlancar fungsi pencernaan. Usahakan untuk meminum jus buah dan sayur secara utuh, ya. Untuk jenis buah yang bijinya kasar seperti jambu biji, kamu cukup menyaringnya dengan saringan biasa.

Tidak Langsung Meminum Jus yang Sudah Jadi

Sudah selesai dibuat harus segera diminum dong, ladies. Membiarkan jus begitu saja akan membuat enzim dan nutrisi lain di dalamnya teroksidasi oleh udara. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu meminum jusmu paling lambat 15 menit setelah jus selesai dibuat. 
Kalau kamu berencana meminum jus di kantor, bawalah jusmu dalam wadah kedap udara dan tempatkan dalam pendingin portable. Cara ini bisa meminimalkan berkurangnya nutrisi jus hingga 24 jam.

Nah itu dia ladies kesalahan yang jangan kamu lakukan ketika kamu membuat jus. Yuk buruan belanja buah dan sayur segar untuk bahan baku jus buatanmu. Stay Fresh, ladies!

Tags:

Artikel Selanjutnya

Foto Melisa

Melisa

day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Yuk, Awali Hidup Sehat dengan Nutrilite!

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Kenali Lebih Dekat tentang Kanker Kolorektal

Rinanti Hasari Rinanti Hasari
7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

7 Manfaat Cuka Apel yang Perlu Kamu Ketahui

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

6 Cara Menjaga Bentuk Payudara agar Tidak Kendur

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

8 Makanan yang Perlu Kamu Hindari untuk Melangsingkan Perut

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani
Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ketahui Jenis Bra yang Cocok untuk Tubuhmu

Ayu Dewi Handayani Ayu Dewi Handayani