Foto 5 Mitos Jerawat yang Wajib Kamu Ketahui Kebenarannya

5 Mitos Jerawat yang Wajib Kamu Ketahui Kebenarannya

Foto Marga Apsari
Yakin kamu sudah tahu cara terbaik untuk mengatasi jerawatmu yang mengganggu itu?

Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang bisa dialami oleh siapapun, baik oleh remaja maupun orang dewasa. Walaupun bentuknya hanya berupa bulatan kecil, jerawat membuat kulit cantikmu tampak tidak terawat. Salah satu jenis jerawat, yaitu jerawat batu juga seringkali mendatangkan rasa sakit dan tentunya mengganggu penampilan.

Masalah jerawat ini memang umumnya dirasakan oleh para remaja karena hormon dalam tubuh mereka sedang tinggi-tingginya. Padahal masa remaja adalah masa pencarian jati diri, salah satunya dengan melakukan berbagai aktivitas yang membuat mereka mudah berkeringat dan terkena debu. Keringat dan debu inilah yang bisa menajdi penyebab timbulnya jerawat pada wajah.

Sudah ada beragam cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi jerawat. Namun, belum tentu semuanya itu benar, lho! Bukannya menyembuhkan, cara mengatasi jerawat yang salah justru dapat memperparah kondisi jerawat dan kulitmu. Wah, jangan sampai ini terjadi padamu ya!

Mitos Jerawat yang Ternyata Salah

Yuk, pelajari 5 mitos seputar jerawat yang disiapkan Kawaii Beauty Japan dan Clean & Clear® berikut ini, agar kamu tidak salah langkah dalam melakukan perawatan kulit berjerawat!

Mitos 1: Junk Food Sebabkan Jerawat

Mungkin kamu pernah mendengar bahwa mengonsumsi makanan yang berminyak dapat memicu timbulnya jerawat. Sejumlah studi membuktikan bahwa mengonsumsi makanan berminyak dan junk food tidak memiliki dampak langsung terhadap kesehatan kulit. Namun, lemak (sebum) pada kulit akan membuat kulit tampak berminyak dan menyumbat pori-pori. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa minyak pada wajah ini berasal dari makanan berminyak. Membatasi konsumsi susu dan memperbanyak konsumsi makanan dengan indeks glikemik rendah seperti buah-buahan, sayuran dan jus tanpa pemanis terbukti ampuh dalam mengurangi potensi timbulnya jerawat.

Mitos 2: Makan Cokelat Hanya Memperburuk Jerawat

Makanan yang terlalu banyak mengandung gula dapat menjadi salah satu penyebab jerawat. Namun, tidak demikian dengan dark chocolate! Semakin gelap warna cokelat, semakin sedikit kandungan gula di dalamnya.

Mitos 3: Memencet Jerawat Agar Cepat Hilang

Tidak sedikit orang yang percaya bahwa memencet jerawat adalah jalan pintas untuk mendapatkan kulit mulus. Sayangnya, ini adalah cara praktis yang tidak sehat. Memencet jerawat justru akan mengakibatkan peradangan pada kulit wajah. Hindari juga terlalu sering menyentuh bagian wajah yang berjerawat dengan tangan secara langsung. Tanganmu mungkin telah menyentuh berbagai macam benda, tanpa kamu tahu kebersihannya. Rajin-rajinlah untuk membersihkan juga spons dan peralatan makeupmu agar bakteri tak mengendap.

Mitos 4: Jerawat Akan Sembuh dengan Sendirinya

Jika tidak mendapatkan penanganan yang tepat, masalah jerawat tentu tidak akan selesai begitu saja! Kulit berjerawat dapat menjadi semakin parah, bahkan meninggalkan bekas, apabila tidak mendapat perawatan yang tepat.

Mitos 5: Sering Mencuci Muka Akan Membuat Wajah Bebas Jerawat

Jerawat memang lebih mudah muncul pada kulit wajah yang kotor. Maka dari itu, mencuci muka memang menjadi salah satu cara untuk mengurangi potensi munculnya jerawat. Namun, terlalu banyak mencuci wajah dapat membuat kulit menjadi iritasi. Kamu hanya perlu mencuci mukamu dua kali sehari saja, dengan air bersih dan sabun pembersih muka. Mencuci muka pada malam hari sebelum tidur untuk menghapus riasan, kotoran debu dan keringat itu sangat penting, jangan sampai ketinggalan ya!

Perawatan Tepat Untuk Kulit Berjerawat

Mencuci muka dengan baik dapat menjadi cara termudah untuk mengatasi masalah jerawat. Di pasaran pun sudah banyak beredar sabun pencuci muka dengan teknologi terkini untuk mengatasi jerawat. Namun, kamu harus selektif dalam memilih sabun pencuci muka! Pastikan kamu memilih sabun pencuci muka yang tidak membuat kulitmu kering, karena saat kulit wajah kering, minyak justru lebih cepat terproduksi.

Asam salisilat (Salicylic Acid) merupakan salah satu zat terbaik yang efektif untuk melawan jerawat. Zat ini juga dapat membantu mencegah jerawat untuk timbul kembali, lho! Produk sabun pencuci muka dengan kandungan Salicylic Acid seperti pada rangkaian Active Clearing Cleanser dari Clean & Clear® merupakan pilihan yang tepat untuk mengatasi masalah jerawatmu. Busa lembutnya juga dapat membersihkan minyak dan kotoran secara menyeluruh tanpa membuat kulit menjadi kering. Kamu akan mendapatkan kulit lebih bersih hingga jerawat tidak menyebar lagi.

Tunggu apalagi, yuk, atasi jerawatmu dengan rangkaian Active Clearing Cleanser dari Clean and Clear® sekarang juga! Jangan lupa untuk ikuti akun media sosial Clean and Clear® agar kamu tidak ketinggalan informasi terkini seputar mengatasi jerawat!

Facebook: Clean and Clear® (link to: https://www.facebook.com/cleanclearindonesia)
Twitter: @cleanandclearID (link to: https://twitter.com/cleanandclearid)
Instagram: @cleanandclearid (link to: https://www.instagram.com/cleanandclearid/)

Artikel Selanjutnya

Foto Marga Apsari

Marga Apsari

A happy-go-lucky foodie. Not that kind of a girl you'll see everyday

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2020 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini