Foto Cara Mengatasi Komedo Putih dan Mencegahnya Muncul Kembali

Cara Mengatasi Komedo Putih dan Mencegahnya Muncul Kembali

Foto Hikma Adriani
Hikma Adriani
Contributor
Selain jerawat, komedo juga merupakan masalah utama yang mengganggu wajahmu ya! Yuk, atasi dan cegah dengan cara ini!

Masalah yang sering hinggap di kulit wajah bagi kamu yang memiliki kulit berminyak selain jerawat yaitu komedo. Wajahmu akan terlihat tidak mulus dengan adanya komedo yang timbul. Penyebab munculnya komedo ini adalah adanya penyumbatan pori-pori kulit. 

Bagi para wanita, komedo merupakan hal paling menjengkelkan selain jerawat. Banyak di antara kita yang gatal tangannya untuk segera membersihkan komedo yang ada di muka. Tapi cara ini malah akan membuat komedo kamu menjadi semakin menjadi karena tanganmu yang kotor. Tentunya kebanyakan dari kamu mencari cara untuk membersihkan komedo yang ampuh dan membuat wajahmu menjadi mulus kembali. 

Komedo sendiri terdiri dari dua jenis. Yang pertama yaitu komedo terbuka yang terlihat seperti pori-pori membesar dan berwarna hitam. Sedangkan yang kedua, merupakan komedo tertutup yang terlihat seperti benjolan putih kecil di area wajah. Kita akan membahas mengenai komedo putih yang menyebalkan ini. 

Sebelum mencari tahu cara mengatasi komedo putih ini ada baiknya kamu mengetahui penyebab timbulnya komedo. Komedo timbul akibat sel kulit mati dan kelenjar minyak yang berlebihan pada kulit. Orang yang sedang berada pada masa pubertas biasanya mengalami masalah ini. Penggunaan make up juga berpengaruh menimbulkan komedo. 

Cara Mengatasi Komedo Putih Secara Alami

Biasanya komedo muncul pada bagian hidung dan sekitar mulut. Cara mengatasi komedo di hidung dapat kamu lakukan di rumah. Kamu dapat menggunakan bahan-bahan alami seperti putih telur, uap air panas, lidah buaya, lemon dan es batu. Selain itupun kamu perlu mengubah beberapa kebiasaanmu. Simak cara mengatasi komedo putih berikut ini, yuk!

Masker Telur

Masker telur

Telur memang dikenal memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Tidak hanya menyehatkan tubuh, telur juga bermanfaat untuk kecantikan kulitmu, lho. Salah satunya adalah mengatasi komedo putih pada wajah cantikmu, ladies. Kamu cukup mengambil putih telur yang kemudian diaduk sampai berbusa dan oleskan pada wajah yang berkomedo. Setelah dioles dengan rata, dapat ditutup dengan tisu dan tunggu sampai kering. Uap air panas dapat mengatasi masalah komedo.

 

Gel Lidah Buaya dan Lemon

Gel lidah buaya

Manfaatkanlah lidah buaya untuk menghilangkan komedo. Ambillah gel lidah buaya kemudian oles dan ratakan pada wajah. Tunggu hingga kering, setelah itu basuh muka dengan air bersih. Hasilnya, kamu akan mendapatkan wajah dan hidung yang bebas dari komedo! Untuk mendapatkan hasil maksimal, gunakan juga air lemon untuk memijat wajah.

Es Batu

Terakhir yaitu dengan menggunakan es batu. Cara mengatasi komedo di wajah dan hidung dengan es batu yaitu dengan menempelkan es batu selama 5-10 menit. Hal ini dilakukan untuk menutup pori-pori wajah agar mengecil.

Itulah beberapa cara mengatasi komedo yang dapat kamu aplikasikan di rumah. Kamu dapat memanfaatkan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan di sekitarmu. Setelah berhasil mengatasi komedo, tentunya kamu perlu kiat-kiat khusus untuk mencegah komedo tersebut muncul kembali. Yuk, klik NEXT untuk mengetahui cara mencegah komedo muncul kembali!

Kebiasaan Untuk Mencegah Komedo Muncul Kembali

Minum air putih

Setelah berhasil mengatasinya, jangan biarkan komedo kembali ke wajahmu, ladies! kamu bisa menghindari munculnya komedo kembali ke wajahmu dengan melakukan 2 kebiasaan ini.

Minum Air Putih Secara Teratur

Hal pertama yang mesti kamu lakukan yaitu meminum air putih secara teratur 8 gelas sehari. Meminum 8 gelas air putih dalam sehari dapat melancarkan metabolisme, supaya racun dan zat yang tidak dibutuhkan dapat dibuang melalui urin dan keringat. 

Perhatikan Kebersihan Wajah

Rawatlah wajah secara rutin dan perhatikan kebersihannya! Setelah kamu bepergian atau beraktivitas di luar ruangan yang memungkinkan kamu terkena debu dan sinar matahari, sebaiknya bersihkanlah wajahmu dengan membasuhnya menggunakan facial wash. Ketika akan tidur pun, sebaiknya kamu membersihkan wajahmu agar kulit dapat bernafas dengan bebas. 

Artikel Selanjutnya

Foto Hikma Adriani

Hikma Adriani

Mahasiswa jurusan Akuntansi yang merangkap sebagai barista. Sangat suka dengan budaya Jepang.

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini