Foto Tips Hidup Bahagia dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Tips Hidup Bahagia dengan Mengonsumsi 5 Makanan Ini

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Apa yang membuatmu paling bahagia? Banyak orang mendambakan kebahagiaan dalam hidupnya. Namun tahukah kamu jika bahagia ternyata berhubungan dengan makanan yang kamu konsumsi?

Efek dari makanan dan minuman yang kita konsumsi rupanya tidak hanya berhenti sampai di perut. Apa saja yang kita makan dan minum sebenarnya dapat mempengaruhi mood dan emosi kita. Kalau kamu sering merasa sedih dan depresi, mungkin kamu harus memperbanyak jenis makanan dan minuman yang berikut ini.

Green Tea

green tea atau teh hijau

Studi di Jepang yang dilakukan terhadap 40.000 orang menemukan bahwa level stres orang-orang yang minum 5 atau lebih green tea atau teh hijau tiap hari lebih rendah 20% dibandingkan mereka yang minum lebih sedikit. Penelitian ini tetap terbukti bahkan dengan memasukkan faktor-faktor lain seperti usia, jenis kelamin, catatan medis, indeks massa tubuh, alkohol, rokok, dan diet. Kini green tea tak hanya diolah sebagai minumaan teh saja, namun juga smoothies, sup, saus, dan makanan lainnya.

Kopi

Sebuah studi membuktikan jika mengkonsumsi kopi di pagi hari dapat menambah energi, kebaikan, dan kegembiraan. Kopi yang diminum bersama-sama erat kaitannya dengan rasa sayang, persahabatan, kepuasan, dan sifat yang baik. Ketika diminum dengan santai, kopi akan membuat tenang, bahagia, dan damai. Studi lain juga menunjukkan bahwa wanita yang minum 2-3 cangkir kopi setiap hari 15% lebih sedikit terkena depresi selama 10 tahun dibandingkan yang tidak.

Makanan Kaya Probiotik

Dari studi yang dilakukan di Belanda, 20 orang relawan menerima suplemen probiotik atau plasebo (suplemen bohongan) selama 4 minggu. Mereka yang mengkonsumsi suplemen asli menunjukkan penurunan mood sedih, yang berkaitan dengan pikiran agresif dan ruminasi (ketika kamu terlalu memikirkan hal-hal negatif). Kesimpulannya adalah jenis dan jumlah bakteri di dalam pencernaanmu ternyata mempengaruhi mood-mu. Makanan kaya probiotik antara lain adalah makanan-makanan yang difermentasi, seperti kimchi, sauerkraut (asinan kubis), dan kefir. Atau kamu juga bisa mengkonsumsi suplemen probiotik.

Dark Chocolate

dark chocolate atau cokelat hitam

Kandungan antioksidan pada dark chocolate atau cokelat hitam dapat membuat dinding pembuluh darahmu rileks, menurunkan tekanan darah, dan melancarkan sirkulasi. Itulah kenapa mengonsumsi 1½ ons dark chocolate setiap hari selama 2 minggu akan menurunkan tingkat hormon stres pada orang-orang dengan tingkat stres yang tinggi. Magnesiumnya juga sangat membantu pada saat PMS, termasuk mengatasi rasa lelah, depresi, dan mudah marah. Selain itu, kandungan alami dark chocolate juga menimbulkan sensasi euforia seperti perasaan pada saat jatuh cinta.

Jamur

Jamur kaya akan selenium, dan ilmuwan sudah membuktikan jika kekurangan zat ini (yang juga merupakan antioksidan) akan meningkatkan resiko depresi, cemas, dan rasa penat. Jamur juga adalah sumber vitamin D. Penelitian menunjukkan bahwa menambah asupan vitamin D akan meningkatkan mood yang positif. Kamu bisa memasukkan jamur ke dalam omelet, salad, atau cukup memanggangnya.


Selain itu, buah dan sayuran juga disebut-sebut bisa meningkatkan mood positif kita. Mau lebih bahagia? Coba saja konsumsi 5 makanan dan minuman ini. Happy international day of happiness!

Tags:

Artikel Selanjutnya

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini