Foto Suka Cokelat? Jangan Lewatkan 5 Tips Sehat Membeli Cokelat Ini!

Suka Cokelat? Jangan Lewatkan 5 Tips Sehat Membeli Cokelat Ini!

Foto Santi Berlinawati
Santi Berlinawati
Contributor
Cokelat yang lezat sudah terbukti sangat bermanfaat bagi kesehatan, termasuk mencegah serangan jantung dan stroke. Berikut ini adalah 5 tips sehat untuk membeli cokelat dengan benar.

Semakin bagus cokelat, tidak hanya rasanya saja yang semakin lezat. Cokelat berkualitas bagus ternyata biasanya juga memiliki kandungan bahan yang semakin murni. Faktor inilah yang menentukan besarnya manfaat cokelat tersebut. Bagaimana cara menentukan cokelat yang bagus? Ini dia tipsnya.    

5 Tips Sehat Memilih Cokelat

Simak tips sehat memilih cokelat ini kalau kamu penggemar cokelat:

Semakin Pahit Semakin Bagus

Dark chocolate

Dark chocolate yang benar-benar bagus memiliki konsentrasi flavanol dan polyphenol yang tinggi. Kedua zat ini merupakan antioksidan yang menangkal radikal bebas penyebab berbagai macam penyakit. Bahkan, setiap gram dark chocolate juga menunjukkan antioksidan dalam jumlah yang jauh lebih besar dibandingkan blueberry. Kamu bisa melihat persentase kakao pada label cokelat yang kamu beli. Agar dapat memberimu manfaat kesehatan, cokelat tersebut setidaknya harus mengandung 70% kakao.    

Mengandung “Cocoa Butter”

Lemak sehat dalam cokelat adalah cocoa butter, yang sangat baik bagi jantung karena mengandung stearic acid. Pilihlah cokelat yang memiliki kandungan cocoa butter pada labelnya. Cokelat murah sering dicampur dengan minyak dan emulsifier. Hindari jika pada label cokelat menyebutkan “chocolaty”, atau “partially hydrogenated” karena ini adalah lemak trans yang dapat membahayakan jantung.

Hindari “Dutch”

Apakah cokelatmu “dutched” atau “alkalized”? Hindari keduanya karena istilah ini berarti bahwa pada saat pembuatan cokelat tersebut melibatkan proses yang mengurangi kadar kandungan yang baik untuk jantung. Sebuah studi di the Journal of Agriculture Food Chemistry, menunjukkan bahwa total flavanol yang terkandung di dalam kakao mentah hampir 9 kali lebih besar dibandingkan yang sudah mengalami proses yang berat.

Beli Kemasan Kecil  

Cokelat kemasan kecil

Mengkonsumsi cokelat memang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, termasuk mengurangi resiko serangan jantung. Namun, tetap saja sepotong cokelat mengandung kalori. Apalagi, biasanya orang tidak akan berhenti dengan 1 potong cokelat saja. Oleh sebab itu, pilihlah cokelat dengan kemasan individual atau kemasan kecil agar kamu tidak makan cokelat secara berlebihan.

Pilih Kandungan Bahan yang Simpel

Sebenarnya tidak cukup sulit untuk membuat cokelat. Kamu hanya memerlukan biji cokelat, cocoa butter, gula, dan mungkin vanila. Namun seperti kita ketahui, produsen cokelat biasanya menggunakan bahan-bahan yang lebih kompleks untuk menekan biaya produksi. Misalnya saja Red 40 Lake, Blue 2 Lake, soy lecithin, dan PGPR yang merupakan alternatif murah cocoa butter. Pilihlah cokelat dengan kandungan bahan murni agar manfaat yang kamu dapat juga semakin maksimal.


Selain itu, mengkombinasikan cokelat dengan buah-buahan yang kaya serat juga semakin baik bagi kesehatan tubuh. Kamu bisa membeli cokelat dengan kandungan buah-buahan atau kacang mete yang kaya akan prebiotik.

Tags:

Loading...

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2019 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini