Foto Tidak Disangka! Terlalu Sering Mengetik Ternyata Bisa Mengakibatkan Ini!

Tidak Disangka! Terlalu Sering Mengetik Ternyata Bisa Mengakibatkan Ini!

Foto Meydiana Widyaningsih
Kamu lebih terbiasa menulis dengan mengetik di komputer atau gadget kamu dibandingkan menulis dengan tangan? Yuk, ketahuilah dampak terlalu sering mengetik dibandingkan menulis dengan tangan.

Kita tidak bisa menghindari dampak besar dari perkembangan teknologi saat ini dimana setiap kegiatan kita pasti selalu bersinggungan dengan teknologi seperti laptop atau smartphone yang selalu wajib ada menemani keseharian kita. Cara penyampaian informasi yang dulunya sering menggunakan tulisan tangan, sekarang beralih hanya dengan cara mengetik melalui jari-jari kita.

Terlalu Sering Mengetik Dapat Menurunkan Daya Ingat

Ternyata, ada hasil riset yang mengejutkan mengenai kebiasaan mengetik pada gadget atau perangkat teknologi lainnya. Riset ini berkaitan dengan kinerja otak manusia jika secara total meninggalkan kebiasaan menulis dengan tangan. Terlalu sering mengetik daripada menulis dengan tangan dapat menurunkan daya ingat dan daya kerja otak manusia.

Dr. Claudia Aguirre, seorang PhD neuroscience dan profesor Psikologi dari University of Washington mengatakan bahwa di dalam otak kita terdapat jalur syaraf yang hanya bisa diaktifkan dengan cara olah motorik halus dengan menulis dan jalur ini sangat berpengraruh dalam hal kinerja, memori dan proses belajar seseorang.

Kelebihan Menulis dengan Tangan

Selain itu, Dr. Claudia mengatakan bahwa menulis itu berbeda sekali dengan mengetik karena menulis membutuhkan olah motorik halus untuk mengeksekusi gerakan tertentu dalam bentuk huruf-huruf yang ditulis, sedangkan mengetik hanya membutuhkan satu sentuhan saja untuk berbagai huruf yang ada.

Dengan kata lain, menulis dengan tangan jauh lebih baik daripada mengetik karena terbukti mampu meningkatkan daya ingat dan kemampuan belajar. Bahkan, menulis halus juga terbukti mampu meningkatkan kinerja otak yang berhubungan dengan proses belajar dan bekerja.


Jadi, cobalah membiasakan diri kembali untuk menuliskan sesuatu dengan tulisan tangan. Semoga informasi ini bermanfaat ya, ladies.

Artikel Selanjutnya

Logo Kawaii Beauty Japan

Gabung di social media kami untuk mendapatkan informasi dan tips kecantikan.

© 2021 PT Media Makmur

Logo Kawaii Beauty Japan Newsletter

Dapatkan informasi menarik beserta update Present terbaru dari Kawaii Beauty Japan dengan mengisi identitas Kamu di sini