Kawaii Beauty Japan

Diet

7 Trik Jitu Mengendalikan Nafsu Makan yang Berlebihan

Tak perlu resah dengan nafsu makan berlebihan, atasi saja dengan 7 trik jitu ini!

Melisa

Apa sih musuh terbesar yang harus kamu hadapi ketika berdiet?

Kamu pasti setuju kalau nafsu makan yang berlebihan adalah jawabannya. Memang sulit sekali ya rasanya mengendalikan nafsu makan. Bagaimana tubuhmu bisa ideal kalau kamu tidak dapat mengontrol nafsu makanmu. Mengonsumsi makanan dengan porsi yang berlebihan tentu akan membuatmu jadi makin melebar.

Bila kamu tidak mau berat badanmu terus merangkak naik, sebaiknya kamu pelajari dulu 7 trik jitu mengendalikan nafsu makan berikut ini, ya.

Mengonsumsi Air Dalam Jumlah yang Cukup

Tak perlu terburu-buru untuk langsung makan ketika merasa lapar. Siapa tahu kamu hanya sedang merasa haus. Minumlah segelas air dan tunggu selama beberapa saat. Jika kamu memang cuma haus, rasa laparmu pasti akan segera teratasi. Asupan kalori yang berlebihan pun tidak perlu kamu konsumsi.

Menyimpan Camilan di Tempat yang Tersembunyi

Rasanya kamu pasti tak dapat menahan keinginan untuk menyantap camilan yang tersedia di ruang tamu, meja makan atau meja kerjamu. Oleh sebab itu, usahakan untuk menyimpan camilan di tempat tersembunyi. Sehingga kamu tidak “lapar mata” dan tergoda untuk membuka bungkus demi bungkus camilan tersebut.

Makanlah Secara Teratur    

Makan secara teratur akan membuat nafsu makanmu jadi relatif stabil. Ada sebuah hormon pembangkit nafsu makan yang disebut hormon ghrelin. Produksi hormon ghrelin biasanya meningkat pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan jam makanmu setiap hari.

Jadi, misalnya kamu selalu makan jam setengah 1 siang, maka usahakan untuk makan pada jam yang sama setiap hari. Jika kamu memutuskan untuk makan jam 11 siang, kemungkinan besar kamu akan merasa lapar lagi pada jam setengah 1 siang karena produksi hormon ghrelin sedang meningkat.
Mencoba untuk Mengalihkan Perhatian

Sudah Makan Banyak Tetap Masih Ingin Terus Makan?

Cobalah mengalihkan nafsu makanmu dengan melakukan aktivitas lainnya. Kamu bisa memilih aktivitas yang kamu sukai misalnya membaca buku, berjalan-jalan di taman, mendengarkan  musik, browsing atau sejumlah aktivitas penting lainnya. Cara ini biasanya tergolong jitu untuk membuat otak jadi sibuk dan melupakan nafsu makan yang sedang meningkat.

Miliki Waktu Tidur yang Berkualitas

Menurut penuturan para ahli, kondisi kurang tidur rupanya juga bisa menyebabkan nafsu makan semakin meningkat. So, miliki waktu tidur minimal 7 jam setiap hari dan pastikan kualitas tidurmu benar-benar baik, ya. Tidur nyenyak dengan waktu yang cukup akan membuat tubuhmu lebih fit dan nafsu makan pun tak lagi memuncak.

Buatlah Tubuh Lebih Rileks Agar Terhindar dari Stres

Ada kebiasaan-kebiasaan berbeda yang timbul ketika kamu sedang mengalami stres. Salah satunya adalah nafsu makan yang meningkat. Jika biasanya nafsu makanmu relatif stabil, maka ketika stres bisa saja kamu malah ingin makan terus menerus. Hal ini terjadi karena produksi hormon ghrelin yang memicu nafsu makan akan meningkat saat sedang stres. 

Demi meminimalkan nafsu makan yang berlebihan, usahakan supaya tubuhmu senantiasa rileks dan bebas dari stres.

Sesekali Memanjakan Diri Ternyata Tidak Masalah, Lho

Semakin kuat kamu berusaha untuk menahan nafsu makanmu, maka akan semakin kalap pula kamu saat bertemu dengan makanan. Oleh karena itu, sesekali memanjakan diri dengan mengonsumsi makanan favoritmu tidak masalah kok.  Asalkan kamu mengonsumsinya dengam porsi dan intensitas yang wajar, niscaya berat badanmu akan selalu stabil.

Kira-kira kapankah kamu akan mulai mempraktikkan 7 trik jitu ini, ladies? Bila nafsu makanmu dapat dikendalikan dengan baik, risiko kelebihan berat badan dan gangguan kesehatan pun akan jauh-jauh dari tubuhmu. Selamat menjalankan pola hidup sehat!

Melisa
day-dreamer, night-thinker, black enthusiast :)
Share this article

Artikel Terkait