Kawaii Beauty Japan

Food

Mengejutkan! Ternyata Makanan Ini Mengandung Sianida!

Apa?! Bahkan makanan-makanan ini termasuk yang sering kita konsumsi, lho!

Leonita Nerisa

Belakangan ini, zat kimia Sianida ini sedang ramai diperbincangkan. Padahal, tanpa kamu sadari, Sianida ini sering kamu temui ataupun termakan, lho! Sianida adalah senyawa kimia berbentuk cairan yang mudah menguap. Sianida biasanya digunakan dalam berbagai proses kimia seperi pengerasan besi dan baja hingga permurnian biji. Di alam, sianida juga dapat ditemukan dalam biji buah, seperti biji buah ceri dan biji apel.

Sianida Dalam Makanan?

Sianida merupakan salah satu senyawa kimia yang dapat terbentuk secara alami. Sianida dapat dikategorikan beracun apabila dikonsumsi dengan dosis yang salah. Menurut U.S Agency For Toxic Substances & Disease Registry, sianida juga terdapat dalam makanan sehari-hari seperti almond, kacang lima, kacang kedelai, bjii apel, bayam, dan rebung. Walaupun mengandung sianida, namun makanan ini tetap layak dikonsumsi karena sianida baru dapat dikategorikan beracun apabila berdosis tinggi.

Selan itu, bakteri, jamur, alga, hasil dari produksi pabrik dan limbahnya dapat memproduksi sianida yang dapat masuk ke dalam suplai air. Jika suplai air yang mengandung sianida ini dipakai untuk menyiram tanaman, tanaman tersebut juga dapat beresiko mengandung sianida. Walaupun begitu, ikan yang berenang di dalam air yang terkena polusi sianida, tidak mengandung sianida, lho! Hal ini disebabkan oleh ikan yang tidak dapat menyerap sianida.

Apakah Makanan Mengandung Sianida Tidak Layak Konsumsi?

Tentunya jika makanan yang mengandung sianida alami dari alam seperti kacang almond, bayam dan sebagainya tidak akan berbahaya bagi tubuh. Tubuh mempunyai kemampuan untuk menetralkan sejumlah kecil kandungan sianda. Sianida dalam jumlah yang sedikit juga dapat bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, lho! Perlu diingat, sianida akan menjadi racun apabila dikonsumsi dengan dosis besar. Sehingga kamu tidak perlu takut mengonsumi makanan-makan tersebut.

Tagged in:
Leonita Nerisa
Blogger from Indonesia. She mostly writes about fashion & beauty. Currently studying at private university in Jakarta and being a part time blogger to brighten up her day!
Share this article

Artikel Terkait