Kawaii Beauty Japan

Lifestyle

Ayo Kenali Blazer Lebih Dalam!

Banyak orang berfikir bahwa blazer hanya bisa digunakan untuk pergi ke kantor atau acara formal, padahal blazer bisa kamu gunakan saat santai sekalipun dan akan membuatmu tetap terlihat elegan

Yenni Octavia

Familiar dengan blazer? Blazer adalah pakaian serba guna yang dapat digunakan sebagai jaket fashionable juga dapat digunakan sebagai jas formal untuk digunakan ke kantor. Blazer memiliki banyak model. Biasanya dengan melihat modelnya, kita bisa tahu kegunaannya. Blazer untuk laki-laki biasanya lebih jelas kegunaannya. Tapi untuk wanita biasanya lebih flexible. Tapi, meskipun blazer formal bisa dikenakan untuk acara informal, kamu tetap harus memperhatikan ciri-ciri blazer yang dapat menunjukkan kegunaannya. Sebelum membeli blazer, ayo kenali blazer lebih dalam!

 

Secara garis besar, cara melihat blazer terdiri dari dua cara. Pertama, dari jumlah kancing yang mendatar, dan kedua, dari jumlah kancing yang menurun.

 

Dilihat dari jumlah kancing yang mendatar, blazer terbagi menjadi dua jenis:

Single-Brested Blazer (Blazer Kancing Tunggal)

Sesuai dengan namanya, blazer ini adalah blazer yang memiliki satu kancing, dipertemukan tepat ditengah tubuh pemakai. Ini adalah blazer yang umum dikenakan wanita. Dan biasanya, blazer seperti ini akan berakhir menjadi blazer santai untuk laki-laki yang dikenakan ke acara informal.

Double-Brested Blazer (Blazer Kancing Ganda)

Blazer berkancing ganda ini sangat cocok dikenakan oleh wanita yang kurus dan tinggi semampai karena menonjolkan bagian torso wanita dan terlihat penuh di bagian depan. Blazer ini memiliki dua set kancing dan yang biasa digunakan adalah set kancing yang paling dalam. Dengan kata lain, kain bagian depan blazer akan menumpuk di satu sisi badan. Karena itulah, wanita yang berukuran besar harus menghindari blazer jenis ini, karena akan terlihat tambah besar terutama dibagian perut.

 

Sementara, dilihat dari jumlah kancing yang menurun, blazer terbagi menjadi 4 jenis:

Blazer berkancing satu

Blazer dengan kesan casual yang cocok untuk kamu yang butuh kamuflase agar terlihat lebih ramping. Karena kancing yang hanya satu diletakkan persis di lingkar pinggang yang paling kecil, tempat pertemuan punggung atas dengan pinggul. Namun kadang, ada saja wanita yang merasa tidak cocok mengenakan ini karena merasa perhatian semua orang akan terpusat pada lekuk pinggangnya.

Blazer berkancing dua

Blazer dengan dua kancing cocok dikenakan untuk pria dan wanita. Dan biasanya, blazer jenis ini adalah yang paling fair dikenakan baik oleh perempuan berbadan besar maupun kecil, karena tidak begitu menonjolkan lekuk pinggang, tapi juga tidak terlalu menonjolkan ukuran tubuh bagian perut. Cocok dipakai untuk acara semi-formal dan formal.

Blazer berkancing tiga

Sama dengan blazer dua kancing, blazer jenis ini juga cocok dikenakan ke kantor apalagi ke rapat-rapat penting dengan klien atau dewan direksi. Tapi, dengan semakin banyak kancing, semakin tinggi pula letak kancing terlihat pada tubuh. Jadi blazer dengan tiga kancing sangat direkomendasikan buat kamu yang bertubuh tinggi.

Blazer berkancing banyak

Blazer berkancing banyak maksudnya ditujukan pada blazer yang biasanya lebih panjang dari blazer biasa dan memiliki empat kancing atau bahkan lebih. Biasanya kancing diletakkan di sepanjang blazer ke bawah. Hindari menggunakan blazer seperti ini ke acara formal, karena bentuknya pasti lebih seperti jaket atau coat.

Nah apa model blazer yang sesuai dengan fitur tubuh kamu? Pilih yang terbaik ya! (ke)

Yenni Octavia
A new blogger, who love makeup, travelling, food, and everything good!!
Share this article

Artikel Terkait

Manfaat Jadi Influencer

Apa saja sih manfaat yang bisa kamu dapatkan jika jadi seorang influencer? Apa benar influencer juga memiliki manfaat untuk brand? Yuk baca selengkapnya.

Tha Arpy